Cara Cepat Mengatasi Terlambat (telat) Haid Datang Bulan Secara Alami

166111
Cara Cepat Mengatasi Terlambat Haid Datang Bulan Secara Alami

Cara Cepat Mengatasi Terlambat (telat) Haid Datang Bulan Secara Alami?

Loading...

Arwini.com – Terlambat bulan ataupun sering disebut dengan terlambat menstruasi dapat membuat seseorang wanita cemas walapun penangananya berbeda di tiap idividu (baca: Tanda menstruasi).

Mengatasi telat datang bulan dapat dimulai dengan membiasakan pola hidup sehat, seperti tidak memikirkan hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya (mengurangi stres) berpikir jernih sehingga mampu menjaga kestabilan tubuh.

Jika seorang mengalami masalah ini maka langkah yang paling tepat adalah mengunjungi dokter kandungan agar dapat dimediasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Jika langkah tersebut dirasa sulit maka hendaknya memperhatikan bahan tradisonal maupun bahan herbal yang memiliki banyak zat besi dan vitamin yang dapat dipergunakan untuk menyehatkan reproduksi wanita sehingga bayi lahir dengan sehat tanpa cacat.

Tahukah anda Gejala terlambat datang bulan???

Semua wanita pasti akan mengalami menstruasi di tiap bulannya. ada yang memiliki siklus menstruasi normal (memudahkan seluruh organ tubuh berjalan secara baik dan optimal) dan ada yang memiliki siklus haid tidak teratur.

Saat menstruasi normal berarti tidak ada masalah namun jika sebaliknya (tidak normal) maka hal tersebut berpengaruh kepada ketidakstabilan siklus sehingga menjadi penyebab ketelambatan menstruasi. Hal ini yang banyak meresahkan wanita di masa masa suburnya (baca: Cara melancarkan haid)

Gejala keterlambatan bulan terkadang datang tidak disangka-sangka (tidak terjadi secara jelas) sehingga banyak wanita yang tidak tahu dan menyebabkan mereka kebingungan (kecemasan), padahal jika diperhatikan mereka juga tidak sedang berada dalam keadaan hamil bahkan ada yang resah padahal mereka tidak aktif secara seksual.

Telat datang bulan yang terjadi secara tiba-tiba banyak disebakan oleh pikiran yang berkecamuk (stres). Berbeda dengan gejala datang bulan yang tidak terjadi secara tiba-tiba dapat diketahui dengan mengerasnya payudara dan keadaan organ reproduksi yang bekerja tidak stabil (dapat diketahui dengan bantuan dokter kandungan).

Salah satu dampak wanita yang mengalami datang bulan adalah akan dipersulit dalam perhitungan tanggal kesuburan dan merasakan nyeri pada bagian bawah perut saat menstruasi.

Rasa nyeri tersebut dialami ketika mulas, mual, muntah-muntah yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sehingga seseorang akan mudah marah-marah dan tidak sabar dalam segala bidang (baca: gejala dan gangguan menstruasi).

Rasa nyeri yang dialami saat menstruasi merupakan hal yang wajar bagi semua wanita namun jika rasa nyeri tersebut dirasakan secara berkepanjangan maka langkah yang paling tepat adalah dengan memerikasakan keadaan diri ke dokter.

Rasa nyeri berkepanjang dapat menyebabkan infeksi terlebih lagi anda melakukan hubungan intim pada saat menstruasi.

Rasa nyeri ini dapat diatasi denga memperbanyak mengkosnumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat. hal tersebut dapat meminimalisir saat anda akan menstruasi.

Baca Juga: Telat Haid 10 hari, Hamilkah?

Dengan memperhatikan ulasan kami diatas mengenai gejala umum terlambat datang bulan (telat datang bulan secara jelas) dan terlambat datang bulan secara tiba-tiba maka ada beberapa faktor penyebab telat datang bulan yaitu kekurangan gizi, ketidakseimbangan hormon, mengalami stres, penggunaan obat yang tidak tepat, dan olahraga berat.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan atau Haid Secara Alami

Mengatasi telat datang bulan dengan daun iler,- Sebelum anda membuat ramuannya persiapkan terlebih dahul 2 gelas air dan enam lebar daun iler. Dau iler tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga airnya mendidih selam 15 menit. dinginkan air yang telah direbus tadi lalu saring air tersebut untuk diminum.

Cara kedua yaitu dengan menggunakan daun alpukat,- Daun alpukat berkhasiat untuk mengatasi telat datang bulan. cara pemakainya pun sama dengan dau iler diatas yaitu direbus dan hasilnya diminum.

Baca juga: Mengapa Darah Haid Saya sedikit? Temukan Jawabanya.

Cara ketiga yatu menggunakan buah pepaya,- Dengan mengkonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang banyak di pagi hari dan sebelum akan Membantu anda mengobati telat datang bulan.

Olahraga yang cukup,- Salah satu pola hidup sehat yang baik dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah rutinitas olaraga yang tidak berlebihan. hal tersebut berfungsi untuk menjaga organ tubuh agar dapat bekerja secara maksimal. salah satu olahraga yang dapat mmengatasi telat datang bulan adalah yoga.

Mengatasi telat datan bulan dengan memperhatikan kualitas tidur, tubuh yang terlalu lelah dan kurang tidur berpotensi menyebabkan telat datang bulan sehinga dengan memberikan porsi istirahat yang cukup bagi tubuh akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Demikianlah ulasan mengenai cara cepat mengatasi terlambat (telat) datang bulan secara alami, jika anda memperhatikan secara maksimal maka salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tidak memicu penyebab telat datang bulan sehingga anda dengan mudah dapat mengontrol diri agar tidak mengalami hal ini.

Baca juga: Ciri Seorang Wanita Mulai Hamil

Setelah melakukan rangkaian proses di atas namun Anda tetep mengalami hal demikian berarti ada kesalahan yang Anda lakukan. Jika dirasa artikel Cara Cepat Mengatasi Datang Bulan bermanfaat, maka kami sangat berterima kasih jika membagikan artikel ini ke teman anda melalui social media di bawah ini. salam sehat

Loading...
SHARE

18 COMMENTS

  1. Aku pengen hamil kasian suamiku mau bnget punya anak.. Aku udah telat 2 bln wkt itubtiba haid oktober kmrin skrg sampai desember pun belum haid… Aku jd sedih banget ya Tuhan takut suami kecewa

  2. Saya udah telat haid udah hampir 6 bulan,tapi saya sudah periksa kemana mana sampai saya usg tapi hasilnya ga memuaskan,bagaimana solusinya?

  3. Umurku 20 th tapi dari bln puasa thn 2016 smpe skrg knpa blom dapet haid juga ya 🙁
    Pdhal ga prnh brhubungan intim
    Aku cuma kadang slalu ada aja yg aku pikirin ,apakah itu stress?
    Tlong minta saran n solusinya 🙁
    Apakah ada pnyakit?
    Tapi pyakit apa ?

  4. Umurku 18..wktu ini saya datang bulan tapi akhir bulan desember..trus sekarang sampe tanghal 1 februhari kenapa saya blm datang bulan juga saya jadi takut..klo nantinya saya hamil..:(
    gmna cara mengatasinya biar saya gak sampe hamil

    • Saya sedang mengalami itu mba, dan ini kali pertama saya telat sampai 2 bulanan.. solusi nya apa mba biar haid bisa normal kembal? thanks..

  5. saya berumur 28 thn, sering telat datang bulan, mngkin setiap datang bulan mengalami hal tersebut, kadang sampai hampir 2 bulan, cara mengatasinya gimana ya?

  6. Gimana ni dengan saya.. saya minta solusinya krna telat dtg bulan sya jdi takut hamil.. bagaimana yah supaya saya gak jadi hamil… saya tkut kcewekan orang tua.

  7. saya berumur 18 tahun, biasanya saya duluan yang haid, sampe hampir akhir bulan ini saya blum haid, tolong sarannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here