7 Tempat Wisata Kuliner Bandung yang Wajib didatangi Pecinta Kuliner

1142
Makanan Khas Bandung
Kuliner Bandung

Bandung memang dikenal sebagai ‘Paris van Java’, sebuah daerah yang orang-orangnya sangat fashionable. Dibalik imej fashionable tersebut, Bandung juga dikenal sebagai rajanya penghasil makanan-makanan baru dan unik.

Di era modern ini memang kebanyakan orang lebih interest pada makanan western, namun di Bandung makanan tradisional dan timeless kembali dipopulerkan dan menjadi makanan favorit di Bandung.

Beberapa makanan khas Bandung juga sangat terkenal hingga ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Bandung memang merupakan episentrum dari segala hal-hal menarik, termasuk soal makanan-makanan khasnya.

Untuk lebih mengenal lebih dalam makanan khas Bandung berikut beberapa tempat wisata kuliner Bandung terbaru dan terpopuler.

1. Sapu Lidi Resto & Cafe

Jika ke Bandung jangan lupa mengunjungi Sapu Lidi Resto & Cafe karena inilah salah satu resto yang menawarkan konsep timeless khas tatar sunda. Namun meskipun timeless, resto ini mempunyai konsep yang full package karena tersedia juga makanan khas Eropa. Yang membuat unik resto ini adalah tempatnya di pesawahan, jadi pengunjung bisa melihat hamparan sawah beserta orang-orangan sawah.

Pengunjung bisa memilih mau makan di gubug yang ada di pesawahan atau di area kolam. Gubug yang ada di Sapu Lidi Resto & Cafe sangat unik, karena menggunakan atap dari jerami dan dibuat agak tinggi.

Pengunjung bisa selonjoran karena konsepnya lesehan. Menu-menu yang ditawarkan pun sangat unik seperti Cumi Dag Dig Dug, Ayam Hiber Ka Bulan, Ikan Penghuni Sapu Lidi, dan menu-menu unik lainnya.

Untuk harganya relatif sangat murah, yaitu berkisar 5ribuan hingga 100ribuan. Jadi tempat wisata kuliner di Bandung ini sangat cocok untuk dikunjungi karena konsepnya yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

2. Rumah Sosis

Satu lagi tempat wisata kuliner unik di Bandung adalah Rumah Sosis. Sepintas brand market nya tidak terlalu aneh, karena siapapun sudah menyangka pasti sosis lah yang menjadi andalah dari resto Rumah Sosis ini. Namun setelah anda melihat slogannya yaitu ‘eat, swim, play’ maka timbullah pertanyaan apa hubungannya sosis dengan slogan tersebut?.

Nah slogan tersebut memang merepresentasikan resto unik ini, jadi setelah makan sosis pengunjung bisa langsung berenang ataupun bermain-main. Rumah sosis memiliki berbagai wahana seru seperti kolam renang, mini golf, rumah pohon, bom-bom car dan lain-lain.

Menu-menu yang ditawarkan memang berbahan dasar sosis, namun sosis yang dipakai bukanlah sosis yang dijual di pasaran melainkan hand made dan memiliki rasa yang lebih gurih dan enak. Rumah Sosis ini sangat recommended bagi siapa saja yang mencari tempat wisata unik di Bandung.

3. Kampung Daun

Kampung Daun merupakan tempat wisata di Bandung yang memiliki nuansa yang sangat romantis dan melankolis. Tidak heran karena resto ini terletak di Lembang yang memang memiliki udara dingin sekaligus dikombinasikan dengan konsep timeless dan eksotis.

Arsitektur yang ada di resto ini sangat artistik, di sepanjang jalan menuju resto pengunjung bisa melihat obor-obor khas zaman lampau. Begitu juga gazebo-gazebo yang ada di resto ini sangat rural ditambah penerangan yang sengaja dibuat redup membuat suasana semakin romantis.

Di bagian depan resto Kampung Daun, traveler bisa menemukan berbagai penganan khas Sunda seperti dodol, kue tradisional, kembang gula dan lain-lain.

Tempat wisata kuliner keren ini menawarkan menu full package dari masakan Indonesia hingga ke masakan luar negeri.

Beberapa menu favorit dari Kampung Daun adalah Nasi Tutug Oncom, Nasi Liwet Parahyangan, Nasi Pepes Daun Kemangi dan lain-lain. Harga makanan di Kampung Daun relatif terjangkau dari 10ribuan hingga ke 100ribuan.

4. Roemah Nenek Resto Cafe

Sepintas terdengar seperti rumah hantu? Namun faktanya inilah tempat wisata kuliner keren di Bandung. Resto ini memiliki konsep klasik bernuansa Eropa, dan beberapa detailnya memperlihatkan nuansa khas Indonesia pada zaman lampau. Nama Roemah Nenek itu sendiri merupakan ide dari pemilik resto ini untuk mengenang orang tuanya.

Konsep timeless tersebut memang sengaja dibuat agar pengunjung bisa merasakan suasana rumah neneknya di kampung. Suasana di resto ini juga begitu fresh karena adanya pohon-pohon. Selain itu uniknya menu-menu yang ditawarkan memang formula keluarga jadi rasanya begitu unik dan original.

Baca Juga: Peuyeum Bandung, kudapan Legendaris Khas Paris Van Java

Beberapa menu jagoan dari Roemah Nenek Resto Cafe adalah Sosis Galler Wurst, Chicken Taragon, Nasi Tutug Roemah Nenek, Nasi Lidah Jamur dan lain-lain. Ada satu minuman unik di resto ini yaitu ‘the Blues’ yaitu sebuah minuman fresh yang mengkombinasikan jus nanas dengan minuman bersoda, minuman ini sangat cocok bagi fans Chelsea.

5. Suis Buitcher

Resto-resto steak di Bandung sangat banyak namun jika ingin mencari yang sedikit oldish maka Suis Buitcher ini adalah pilihan yang tepat. Resto penyedia steak ini digadang-gadang merupakan yang tertua di Bandung karena telah berdiri pada tahun 80an. Resto ini juga sangat populer karena steaknya yang mempunyai rasa next level atau enaknya ‘enggak ketulungan’.

Traveler bisa memilih mau makan didalam atau diluar, namun jika ingin merasakan sensasi makan seperti di jalan-jalan Paris maka harus memilih yang diluar. Dengan terpal putih, pengunjung selain bisa menikmati menu steak yang nikmat juga dapat melihat-lihat pemandangan sekitar. Menu jagoan dari Suis Buitcher adalah Rib Barbeque, Tenderloin Steak, Beef Cordon Blue, Sirloin Steak dan menu-menu steak enak lainnya.

6. Kambing Bakar Cairo

Owner dari Kambing Bakar Cairo mengklaim bahwa menu kambing bakarnya merupakan yang terenak setimur tengah. Tidak ada salahnya sich karena memang ownernya itu memiliki nenek asli orang Kairo. Menu kambing bakar di Kambing Bakar Cairo ini sangat disukai oleh pecinta daging kambing karena memiliki kolesterol rendah.Owner dari Kambing Bakar Cairo sengaja menggunakan kambing muda sebagai bahan dasarnya.

Selain itu proses memasaknya pun sangat perfect sehingga daging kambing tidak kenyal saat digigit. Kambing bakar di Kambing Bakar Cairo ini sangat empuk dan memiliki rasa yang khas dengan berbagai rempah-rempah yang meresap dalam daging domba.

Pengunjung bisa memilih bagian domba mana yang ingin disantap seperti paha, iga atau bagian punggungnya. Harga dari kambing bakar yang ditawarkan juga cukup murah yaitu 36ribu dengan berat 250 gram.

7. Nasi Goreng Mafia

Satu lagi tempat wisata kuliner unik di Bandung yaitu Nasi Goreng Mafia. Sesuai namanya beberapa menu memiliki nama ekstrem seperti Nasi Goreng God Father, Nasi Goreng Gangster, Nasi Goreng Preman dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Liburan Murah di Bandung

Lalu apa hubungannya nama-nama kriminal tersebut dengan rasanya? Jawabannya adalah karena menu-menu tersebut memiliki karakteristik tersendiri misal seperti Nasi Goreng Preman yang memiliki rasa yang sangat menyengat karena ada bumbu rempah kencur yang dibuat sangat dominan. Selain itu karena menu-menu di Nasi Goreng Mafia juga relatif memiliki rasa yang pedas.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here