5 Film ini Ternyata Dibuat dalam Waktu yang Sangat Lama

1408
Pembuatan Film Terlama di Dunia
Pembuatan Film Terlama di Dunia

Pembuatan film biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berbeda denga film kebanyakan yang dibuat dalam waktu yang tidak lebih dari 3 tahun, berikut ini adalah 5 film yang dibuat dalam waktu yang sangat lama bahkan ada yang hingga 28 tahun, wow! Penasaran apa saja film yang dimaksud? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

The Thief and The Cobbler

Disutradarai oleh Richard Williams, film animasi Inggris ini dibuat dalam waktu yang sangat lama yaitu sekitar 28 tahun. Waktu yang begitu lama disebabkan oleh kurangnya biaya yang dibutuhkan untuk menjadikan film ini sebagai masterpiece.

Film yang mulai dikerjakan sejak tahun 1964 itu akhirnya bisa diselesaikan dan dirilis pada tahun 1993 setelah Richard Williams menyisihkan pendapatannya dari film Who Framed Roger Rabbit yang sukses di pasaran pada tahun 1988.

Boyhood

Film yang mengisahkan kehidupan seorang anak laki-laki di Texas bernama Mason ini diperankan oleh Ellar Coltraine dan diproduksi dalam waktu sekitar 12 tahun. Dimana film ini berhasil menyuguhkan kisah proses pertumbuhan dari seorang anak secara nyata. Dalam hal ini film dibuat dengan mengumpulkan para pemainnya setiap seminggu sekali secara rutin selama 12 tahun.

Tak heran jika dalam film ini pertumbuhan Mason (Ellar Coltrain) berhasil didokumentasikan secara baik mulai dari anak-anak ketika usianya 6 tahun di tahun 2002 hingga remaja dan dewasa saat usianya 18 tahun di tahun 2014. Bukan hanya perubahan yang dialami oleh Mason saja yang berhasil didokumentasikan dalam film ini, melainkan juga seluruh pemain yang memerankannya dari tahun ke tahun.

Lamanya waktu pembuatan yang diimbangi dengan peran yang memukau dari para pemainnya menjadikan film yang disutradarai oleh Richhard Linklater berhasil meraih penghargaan dalam ajang Golden Globe Awards, sebuah ajang penghargaan untuk film dan program televisi di Amerika Serikat.

Adapun penghargaan yang diraih adalah Best Motion Picture-Drama, Best Director-Motion Picture, dan Best Performance by an Actress in Supporting Role in Motion Picture. Bahkan di ajang bergengsi Oscar tahun 2015, film yang dirilis pada 11 Juli 2014 ini masuk dalam 5 nominasi, tarmasuk diantaranya adalah nominasi film terbaik.

Avatar

Film yang ditulis dan disutradarai oleh James Cameron ini dibuat dalam waktu sekitar 10 tahun. Awalnya film ini direncanakan diproduksi mulai tahun 1997, namun proses pembuatan terkendala oleh teknologi yang belum tersedia saat itu.

Dalam waktu 10 tahun pengerjaannya, James Cameron mengembangkan spescial effect dan bahasa Na’vi secara maksimal. Film yang mengisahkan peperangan antara manusia dan penduduk asli seperti manusia di sebuah bulan bernama Pandora ini dirilis dalam format 2D dan 3D.

Proses produksi yang cukup lama terbayarkan dengan penghargaan yang berhasil diraih oleh film dirilis pada bulan Desember 2009 ini dalam ajang Academy Awards, diantaranya adalah Best Achievement in Visual Effects, Best Achievement ini Cinematography, dan Best Achievement in Art Direction.

The Sleeping Beauty

Film animasi musikal dari Disney ini dibuat dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 9 tahun. Dirilis pada tahun 1959, film yang diadaptasi dari kisah dongeng ini disutradarai oleh Les Clark dan Eric Larson.

Film klasik ini menampilkan live action animasi, dimana seluruh pemain memainkan semua kisah dalam film di atas panggung dan kemudian diubah oleh animator ke dalam bentuk animasi, tidak heran jika film ini membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama.

The Lego Movie

Film animasi komputer permainan lego ini ditulis dan disutradarai oleh Phil Lord dan Chris Miller. Proses pembuatan film animasi yang cukup unik ini membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 4 tahun, dimana lamanya waktu yang dibutuhkan lebih disebabkan oleh perubahan naskah yang terjadi berulang kali.

Baca Juga: Film Hollywood Biaya Murah namun Laris Ditonton Pecinta Film

Film yang dirilis pada 7 Februari tahun 2014 ini masuk dalam nominasi ajang penghargaan bergengsi Oscar pada tahun 2015. Film ini juga berhasil meraih penghargaan di ajang PGA Awards di tahun 2015 sebagai Outstanding 26th Annual Producers Guild of America Awards of Animated Theatrical Motion Pictures.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here