Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Jangan Diabaikan!

1762
Makanan Sehat Berbuka Puasa

Arwini.com – Jenis makanan yang harus dihindari saat sahur merupakan hal yang sangat penting bagi siapa saja yang berpuasa. Nah salah satunya adalah dengan mengetahui apa menu makan sahur kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa sahur bagi muslim sangatlah penting dan menjadi kewajiban karena puasa Ramadhan baru sah bila didahului dengan sahur.

Jadi, pada khusus puasa Ramadhan tidaklah boleh meninggalkan makan sahur pada malam harinya. Namun juga sangat penting diingat bahwa saat makan sahur tidak dianjurkan untuk memakan makanan sembarangan.

Harus yang bernutrisi sehingga tidak menghambat puasa meskipun dengan padatnya aktivitas yang dilakukan di siang harinya. Siapa yang mau ketinggalan momen Ramadhan. Setiap muslim khususnya, pastinya tidak ingin melewatkan segala momen berharga di bulan Ramadhan.

Inginnya pasti bisa full puasa dalam bulan Ramadhan ini. Agar tubuh tetap sehat dan bugar itulah mengapa penting mengatur makan.

Jangan sampai momen yang hanya terjadi dalam satu tahun sekali ini lenyap dan berakhir sia-sia akibat sakit yang diderita, karena salah satunya asupan gizi makan sahur tidak terpenuhi. Perlunya menjaga keseimbangan menu makan memang menjadi perhatian.

Sahur Berkualitas

Bagaimana bisa dikatakan bahwa sahur tersebut berkualitas adalah dilihat dari menu yang tersaji dalam menu makan sahur. Bagaimana makan sahur tersebut bisa memberikan energi tambahan ketika muslim tersebut berpuasa.

Bagaimana dengan makan sahur tersebut membuat diri lebih dekat dengan Tuhan dan bersemangat terus beribadah lebih. Bagaimana nutrisi yang tersedia di atas meja dalam makan sahur membuat muslim yang memakannya semakin bertambah syukur dan ikhlasnya.

Semakin cintanya ia kepada penciptanya. Semakin bergejolak keinginannya untuk berubah ke arah yang lebih baik dan menghindari segala perbuatan buruk yang dilarang oleh agama.

Namun jika saja Anda tahu, untuk memenuhi makan sahur yang berkualitas ada beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur. Berikut akan disebutkan beberapa makanan tersebut, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur gorengan

Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur

  1. Makanan yang cara mengolahnya dengan digoreng

Makanan yang digoreng pasti mengandung minyak, tak ketinggalan juga lemak. Mengapa makanan yang satu ini tidak boleh?

Ini dikarenakan dampak yang ditimbulkan adalah rasa lelah pada tubuh bila dikonsumsi saat makan sahur. Alhasil, siang harinya malah membuat badan lemas dan lesu tidak bersemangat.

Jika makanan tersebut mengandung banyak garam malah membuat yang puasa cepat merasa dehidarasi sehingga terasa haus. Makanan digoreng memang terasa enak, gurih dan kenyataan ini terjadi pada masyarakat.

Sudah pasti menu yang disajikan saat santap sahur sudah umum adalah goreng-gorengan seperti telur dadar goreng, tempe dan tahu goreng, ayam goreng dan banyak lainnya. Namun untuk sajian yang berlemak seperti sayur lodeh.

Ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat karena memang demikianlah menu yang umum dan mudah di masak.

  1. Makanan dengan rasa yang pedas

Menu pedas atau sambal sudah pasti menjadi menu favorit keluarga di seluruh nusantara. Kalau tidak ada pedasnya, sudah pasti makan terasa sangat hambar.

Itulah yang membuat menu pedas menjadi andalan meskipun tidak hanya berupa sambal ulekan. Mengapa menu ini harus dihindari, karena mencegah timbulnya rasa nyeri pada perut ketika puasa sedang dijalankan.

Sangat sayang sekali bila puasa sudah setengah hari namun terhambat karena perut yang sakit. Beberapa menu pedas yang biasa dihidangkan seperti tempe penyet, ayam goreng sambel terasi, mie instan dengan taburan irisan cabai dan banyak lainnya.

  1. Makanan yang mengandung banyak gula sehingga begitu manis

Asam lambung bisa saja mengalami peningkatan jika ketika santap sahur menu yang disajikan berupa makanan dengan kadar gula yang cukup tinggi. Misalnya saja cokelat, permen dan makanan manis lainnya.

Anjuran yang bisa dikonsumsi saat sahur seperti buah apel, jeruk, pir yang mengandung banyak vitamin dan gula di dalamnya tidak berlebih seperti pada makanan manis. Sehingga mudah diserap tubuh menjadi energi.

  1. Hindari teh dan kopi

Jika kopi tidak pernah lepas dari aktivitas sehari-hari Anda, maka jangan diteruskan kebiasaan tersebut pada saat santap sahur. Realitanya, kopi dan teh justru tetap dikonsumsi di masyarakat sebagai pendamping minuman di saat sahur.

Jika Anda senang konsumsi minuman yang mengandung kafein bisa jadi intensitas buang air kecil akan meningkat dan dengan cepat cairan tubuh bisa keluar. Tanpa menunggu waktu berbuka datang, tubuh Anda sudah terlebih dahulu lemas.

  1. Makanan yang tergolong dalam karbohidrat yang ringan

Hal ini harus dihindari karena dapat berakibat tubuh cepat merasakan kenyang namun juga cepat sekali mengalami lapar beberapa waktu. Ini dapat terjadi bila saat sahur mengkonsumsi susu, minuman bersoda, permen dan banyak lain macamnya.

Jadi perlu konsumsi yang namanya karbohidrat yang berupa nasi merah yang tinggi akan serat, sereal dan gandum sehingga kondisi tubuh tetap prima meskipun digunakan untuk berbagai aktivitas saat kondisi sedang puasa.

Demikian artikel tentang jenis makanan yang harus dihindari saat sahur. Semoga puasa Anda lancar sampai full.

 

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here