Ciri-Ciri Umum Kehamilan 1 Bulan pada Wanita

2403
Ciri Umum Kehamilan 1 Bulan
ciri umum hamil 1 bulan

Ciri Umum Kehamilan 1 Bulan – Ibu hamil yang sedang menanti kehadiran calon buah hati selalu was-was dengan apa yang ia alami setiap hari.

Loading...

Kekhawatiran tersebut bercampur aduk dengan rasa senang yang selalu berkunjung tiap saat, terlebih lagi saat mengalami kelainan pada tubuh. Padahal jika diperhatikan, kelainan tersebut merupakan sesuatu yang wajar yang akan dirasakan semua calon ibu.

Rasa senang dan was-was, biasanya berdampak pada segala aktivitas yang di atur sedimikian rupa. Ada yang membatasi diri melakukan hal-hal tertentu dan ada juga yang memiliki anggapan berlebihan sehingga melakukan segala cara untuk menghilangkan kelainan tersebut.

Di artikel ini, Anda perlu membedakan kelainan yang wajar  dan yang tidak wajar dialami ibu hamil, sehingga Anda menjalani masa kehamilan dengan cara yang baik, aman dan tentunya akan berhasil hingga persalinan. Mulai dari tanda awal kehamilan 1 minggu, 2 minggu, hingga 1 bulan.

Sebetulnya tanda-tanda kehamilan untuk tiap jenjang tidak memiliki perbedaan secara signifikan. Hanya saja, saat usia kehamilan bertambah, tingkat intensitas kelainan tersebut terasa memiliki perbedaan yang mencolok.

Contohnya, saat kehamilan menginjak usia satu bulan intensitas mual dan muntah akan berkurang, persis seperti yang dirasakan saat kehamilan berusia seminggu atau dua minggu. Namun, pada usia kehamilan satu bulan, kemungkinan intensitas tersebut mengalami perubahan yang diiringi dengan gejala lain.

Pada usia kehamilan satu bulan, janin di dalam rahim tumbuh lebih besar. Rahim mulai bekerja lebih untuk mengumpulkan protein serta energi. Sehingga Anda akan mengalami sesuatu yang berlebihan namun sebenarnyar hal tersebut merupakan suatu kewajaran. Lebih lanjut akan kami jelaskan satu persatu apa saja yang menjadi tanda umum kehamilan 1 bulan.

Ciri- Ciri Umum Kehamilan 1 Bulan Wanita

1. Tidak Menstruasi 1 Bulan

Menstruasi merupakan sebuah siklus yang dialami oleh setiap wanita yang sudah mengalami pubertas dan berlangsung rutin setiap bulannya, meski ada sebagian wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Nah, salah satu tanda wanita hamil satu bulan adalah siklus menstruasi tidak terjadi selama satu bulan. Menstruasi tidak kunjung tiba disebabkan oleh ovum yang telah mengalami pembuahan yang bakal menjadi jadi calon bayi.

2.  Muncul Bercak Darah

Wanita hamil yang tengah mengandung satu bulan akan memicu keluarya bercak darah. Bercak darah ini disebabkan oleh adanya proses implantasi embrio pada rahim ibu hamil untuk memperoleh nutrisi serta oksigen.

Embrio tersebut akan menempel pada rahim serta menyerap nutrisi yang ada dalam tubuh. Proses implantasi tersebut yang membuat munculnya flek darah.

3. Frekuensi Air Liur Semakin Meningkat

Air liur akan meningkat saat usia kehamilan mencapai 1 bulan. Hal ini sangat wajar dialami ibu hamil. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi, peningkatan air liur ditandai dengan mual dan muntah, namun hal ini tidak seperti yang anda alami pada kehamilan minggu pertama dan kedua.

Untuk mengatasi tersebut silahkan baca artikel kami tentang mengurangi frekueni mual ibu hamil.

4. Payudara Mengalami Perubahan

Tanda kehamilan 1 bulan juga dapat diperhatikan melalui perubahan payudara. Payudara ibu hamil sedikit lebih sensitif dibandingkan periode sebelumnya, dimana payudara akan lebih besar dan terasa nyeri saat disentuh (baca: nyeri payudara ibu hamil).

Perubahan juga terjadi pada puting payudara. Daerah puting akan memiliki warna lebih gelap dibandingkan minggu-mingu sebelumnya.

5. Ibu Hamil Mulai Mengidam

Calon ibu yang tengah hamil satu bulan akan mengalami perubahan hormon dan merangsan keinginan tertentu, ada banyak jenis idaman ibu hamil, namun secara umum muncul keinginan mengonsumsi beberapa makanan.

Mengidam kerap kali menjadi masa-masa yang dikenang oleh pasangan suami istri. Bahkan Suami rela melakukan segala hal untuk menuhi kebutuhan istri dan calon bayinya. Namun apakah semua makanan yang diidam-idamkan oleh sitri harus dipenuhi. Selengkapnya bisa baca artikel kami bolehkah mengidam makanan yang dilarang bagi ibu hamil?

6. Punggung Ibu Terasa Sakit

Janin yang terus berkembang di dalam rahim ibu pada usia kehamilan 1 bulan membutuhkan ruang yang cukup dalam rahim ibu. Ruang tersebut akan memicu sedikit dorongan kebagian depan, ibu hamil seakan berdiri tegap layaknya seorang tentara.

Dorongan ini yang memicu rasa nyeri punggung ibu hamil. Selain rasa nyeri, ibu hamil akan memiliki penambahan beban lantaran janin yang berkembang dalam tubuh semakin membesar.

7. Sembelit Ibu Hamil

Tanda-tanda wanita hamil 1 bulan selanjutnya adalah sembelit. Sembelit atau susah buang air besar yang dialami oleh ibu hamil dipicu oleh hormon di dalam tubuh yang membuat sistem pencernaan berjalan lebih lambat.

Hal tersebut menyebabkan proses pencernaan pun terjadi lebih lama dibandingkan dengan keadaan normal.

8. Ibu Hamil Sering Pusing

Pada kehamilan bulan pertama, ibu hamil kerap kali merasakan pusing. Bahkan, rasa pusing dibarengi dengan perasaan lelah hingga dapat membuat pingsan, tidak sedikit yang mengalami hal ini.

Setiap ibu hamil diharuskan lebih berhati-hati dalam berbagai hal, mulai dari beraktivitas sehari-hari hingga mengatur menu makan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Ciri Pasti Kehamilan 2 Minggu pada Wanita

Demikianlah 8 Cara membedakan Tanda Serta Ciri Umum Kehamilan 1 Bulan dengan Kehamilan Minggu Pertama dan Kedua. Mudahan Bermanfaat

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here