Belajar Memakai Eyeliner

Photo of author

By Andra

Belajar Memakai Eyeliner
Ilustrasi Belajar Memakai Eyeliner
Yang perlu diperhatikan dalam mengenakan make up adalah: warna make up (bedak, lipstik, mascara) harus sesuai dengan warna kulit wajah dan kosmetik yang dipilih benar-benar cocok dengan kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi. Khusus untuk mempercantik mata kita dapat mengenakan mascara dan eyeliner. Gadis belia yang belum pernah berdAndan dapat belajar memakai eyeliner dengan mudah asal memahami tips dan trik mengenakannya.
Sesuai dengan namanya, eyeliner berfungsi untuk mempertegas garis mata, sehingga mata terlihat lebih tajam dan menonjolkan daya tariknya. Eyeliner dapat membantu menyamarkan bentuk mata yang sipit agar terlihat lebih lebar dan mempertajam kecantikan mata yang berbentuk bulat lebar. Tetapi harus diperhatikan cara penggunaannya agar tujuan eyeliner untuk mempercantik mata benar-benar bisa tercapai, karena tak sempurna dalam mengenakannya dapat membuat riasan wajah terlihat aneh.
Jenis Eyeliner
Nah, sebelum Anda belajar menggunakan eyeliner, sebaiknya Anda mengetahui dulu jenis eyeliner yang cocok untuk Anda.
Eyeliner yang satu ini sangat cocok untuk tampilan mata yang casual. Bentuknya pensil dan paling mudah untuk diaplikasikan. Bagi para pemula, untuk lebih mempermudah Anda dalam pemakaiannya, buatlah dulu titik-titik di garis kelopak mata Anda, kemudian tariklah dengan perlahan-lahan. Salah satu keunggulan eyeliner pensil ini, apabila salah Anda masih bisa dengan mudah merapikannya kembali. Perlu Anda ketahui bahwa formula dari eyeliner pensil ini cenderung mudah dan cepat bercampur dengan eyeshadow
Eyeliner yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan berbagai macam kreasi garis mata. Ujungnya berupa kuas dan terbilang sulit diaplikasikan bagi para pemula. Akan tetapi, keunggulan eyeliner ini adalah paling mudah dikreasikan untuk membentuk berbagai bentuk garis. Untuk mengaplikasikan eyeliner ini, yang harus Anda lakukan adalah memulai dari sudut bagian dalam.
Jenis eyeliner yang satu ini ditAndai dengan bentuk ujungnya yang bulat, dan garis yang dibentuknya sangat tebal. Untuk soal warna, warna eyeliner ini terbilang sangat hitam dan pekat.
Trik untuk menggunakan eyeliner marker ini adalah mengaplikasikan dari area dalam garis mata, kemudian tekan sedikit lalu bentuklah garis kearah luar. Bentuk dari eyeliner marker ini sangat mirip dengan pulpen.
Jenis eyeliner yang kedua ini sangat cocok untuk Anda yang tergolong wanita super sibuk, karena formula gel nya benar-benar tahan lama. Perlu Anda ketahui bahwa eyeliner gel ini cenderung tidak akan hilang jika terkena air. Sekali diaplikasikan, maka akan sangat sulit untuk dirapikan kembali.
Cara Mengenakan Eyeliner
Bagi para pemula mengenakan eyeliner cair tentu lebih susah, mengingat bentuk cair lebih mudah berlepotan dan sulit untuk dibentuk mengikuti garis mata, untuk itu para ahli rias biasanya menyarankan untuk memanfaatkan bantuan eyeliner pensil.
Tips bagi pemula dalam berdAndan dalam mengenakan eyeliner adalah sebagai berikut :
1. Usahakan santai dan tidak gemetar.
Tips paling penting adalah berdAndan harus dalam keadaan santai, tidak terburu-buru apalagi gugup and gemetaran, karena jika gemetaran hasil make up, goresan eyeliner sangat jelek dan membutuhkan waktu lebih lama karena harus mengulang dari awal. Jika perlu dalam mengenakan eyeliner siku bertumpu di atas meja rias agar posisinya tidak bergoyang-goyang. Posisi tangan yang mantap akan mempermudah membentuk eyeliner sesuai harapan.
2. Gunakan eyeliner pensil untuk membentuk garis mata.
Pastikan eyeliner pensil dalam bentuk cukup runcing namun tidak tajam agar dapat membentuk garis mata dengan sempurna. Menarik atau menebalkan garis mata sebaiknya dimulai dari bagian dalam baru ditarik hingga keluar garis kelopak mata. Akan sangat membantu jika dalam proses menebalkan garis mata tangan yang tidak memegang eyeliner membantu menarik dan menahan kelopak mata agar eyeliner dapat menggaris dengan seksama. Kemudian tebalkan garis mata yang sudah terbentuk tersebut menggunakan eyeliner cair.
3 Ulaskan eyeliner cair dengan perlahan-lahan.
Mengulaskan eyeliner harus dilakukan dengan telaten dan perlahan-lahan, karena sudah terbantu dengan garis dari eyeliner pensil, kita tinggal memastikan eyeliner cair mengikuti garis pensil, perhatikan ketebalan eyeliner cair yang melekat pada kuas (sebelumnya pastikan eyeliner cair tidak menggumpal). Jika masih ragu untuk lebih mempermudah lagi, kita dapat menyiasatinya dengan membuat titik- titik menggunakan eyeliner cair di sepanjang garis yang sudah dibentuk oleh eyeliner pensil kemudian secara perlahan-lahan baru kita ulaskan secara merata mengikuti titik tersebut.
4. Keringkan baru tebalkan.
Jika ingin mempertebal eyeliner, tunggu ulasan pertama kering dahulu baru kemudian ditebali, Karen ulasan yang berulang-ulang saat eyeliner masih basah bukannya mempertebal namun membuat ulasan menjadi berantakan.
Trik Mengenakan Eyeliner
memahami tips-tips dalam mengenakan eyeliner, adapula trik yang berkenaan dengan eyeliner seperti berikut ini
1. Kenakan eyeliner dulu baru kemudian mascara.
Selain eyeliner mempercantik mata dapat dipertegas dengan mascara, agar lebih fokus dalam merias mata, ulaskan eyeliner secara sempurna dan biarkan mengering dahulu kemudian baru mengenakan mascara. Ulaskan mascara secara zig-zag yaitu dari bagian dalam-keluar lalu bawah keatas untuk memberi kesan bulu mata yang tebal.
2. Eyeliner cair lebih baik dikenakan untuk bagian atas mata.
Jika sedang terburu-buru dan tidak sempat merias mata dengan sempurna, kenakan eyeliner cair untuk bagian atas kelopak mata karena eyeliner cair yang lebih tahan lama dan tidak mudah luntur, bagian bawah kelopak mata diulas sekali dengan eyeliner pensil
3. Upayakan mulut dalam keadaan terbuka.
Saat mengulaskan eyeliner pensil, upayakan mulut dalam keadaan terbuka (berbentuk huruf O) karena dalam keadaan mulut terbuka, otot di sekitar mata akan berada dalam keadaan lemas sehingga kelopak mata yang sedang diulas eyeliner tidak dalam keadaan berlipat.
4. Usapkan dulu ujung eyeliner di atas kapas.
Sebelum mengulaskan eyeliner pensil ke kelopak mata, usapkan dulu ujung eyeliner di atas kapas pembersih wajah dengan hati-hati agar lebih lembut saat dioleskan di kelopak mata
Bentuk Garis Eyeliner
Setelah mahir mengenakan eyeliner kita bisa mulai bereksperimen mencoba berbagai bentuk riasan mengikuti dunia mode, seperti berikut ini :
a. Natural Look
Model guratan eyeliner natural look ini adalah riasan paling sederhana karena mengikuti bentuk mata. Jika mata berbentuk lebar, ulaskan eyeliner tepat di atas garis pertumbuhan bulu mata agar bulu mata terlihat tebal dan mata tidak terlalu lebar. Untuk bentuk mata sipit, sapukan eyeliner tipis agak di luar garis mata untuk memberi kesan mata lebih lebar.
b. Smokey Eye
Teknik rias mata ini adalah memadukan ulasan eyeliner dengan sapuan eyeshadow. Caranya dengan mengulaskan eyeliner cukup tebal di kelopak mata bagian atas dan diarahkan keluar sudut mata, sedangkan untuk mata bagian bawah eyeliner diulas tipis-tipis. Kemudian sapukan eyeshadow berwarna abu-abu atau cokelat tua tepat di bawah eyeliner. Riasan mata ini sesuai untuk tatarias pesta di malam hari
c. V Style
V style adalah model sapuan eyeliner yang berbentuk huruf V. Caranya dengan membuat sapuan lebih tebal dan berpola meruncing di bagian sudut luar mata. Jika dikenakan untuk kegiatan siang hari, usahakan sapuan V style tidak melebihi garis kelopak mata, namun untuk keperluan malam hari sapuan yang melebihi kelopak mata akan lebih mempertegas riasan. Model V style ini biasanya dikenakan untuk tat arias K-Pop atau cat eyes.

Leave a Comment