Tips Mudah Menjawab Soal Toefl Listening dan Structure (lengkap Contoh & Pembahasannya)

16810
Tips Mudah Menjawab Soal Toefl Listening dan Structure

Tips Mudah Menjawab Soal Toefl Listening dan Structure (lengkap Contoh Soal & Pembahasannya)

Arwini.com – TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu model pengujian bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur tingkat kecakapan atau profisiensi mereka yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu (non-native speaker).

Umumnya TOEFL digunakan sebagai salah satu prasyarat untuk studi di luar negeri, terutama negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. TOEFL biasanya juga menjadi persyaratan untuk melanjutkan studi S-2 dan S-3 di dalam negeri.

Bahkan belakangan mahasiswa S-1 pada berbagai universitas ternama di Indonesia juga diharuskan untuk memiliki skor TOEFL tertentu sebagai salah satu syarat kelulusannya. Demikian pula TOEFL saat ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan karir.

Jenis Soal TOEFL dan Skornya

TOEFL terdiri dari dua jenis, yaitu Computer-based Testing dan Paper-based Testing. Model computer-based adalah ujian TOEFL yang menggunakan computer. Skala penilaian model ini berkisar antara 400-300.

Sedangkan jenis kedua, PaPer-based, adalah ujian TOEFL yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian model ini berada pada kisaran antara 217-677. Bentuk kedua ini adalah yang paling banyak dan lazim digunakan, Untuk itu, seluruh pembahasan dalam buku ini kita batasi pada system penilaian dengan menggunakan model paper-based.

Batas minimal skor TOEFL yang dibutuhkan pada berbeagai perguruan tinggi dan istitui lainnya berbeda satu sama lainnya. Beasiswa ke luar untuk studi S2, misalnya, membutuhkan nilal TOEFL antara 430-550, dan untuk tingkat S3 di atas 550. Sedangkan untuk program pascasarjana universitas-universitas di Indonesia biasanya mengharuskan skor 400 sebagas batas minimal.

Pada dunia kerja skor TOEFL yang dibutuhkan Juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi. Sehingga berapa skor TOEFL yang Anda butuhkan akan sangat tergantung pada keperluan Anda.

Ada empat bagian yang diujikan dalam Tes TOEFL:

1. Listening Comprehension – Bagian ini digunakan untuk menguji kemampuan peserta tes dalam menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa Inggris. Para peserta diharapkan bisa menyimak setiap percakapan (baik dialog maupun monolog) yang berasal dari sebuah tape recorder atau media audio lainnya.

2. Structure and Written Expression – Bagian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatikal peserta tes, termasuk di dalamnya adalah gaya-gaya dalam bahasa tulis dalam bahasa Inggris. Peserta diharapkan bisa memilih jawaban yang paling tepat untuk melengkapi sebuah kalimat dan juga harus menemukan kesalahan yang terdapat dalam sebuah kalimat.

3. Reading Comprehension – Bagian ini ditujukan untuk mengetahui pemahaman peserta tes terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa Inggris. Secara umum, para peserta tes diharapkan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai arti, ide, informasi yang spesifik serta kosa kata tertentu yang terdapat dalam bacaan-bacaan yang diujikan.

4. Test Of English Written (TWE) – Bagian ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan peserta tes dalam melakukan tulis-menulis dalam bahasa Inggris. Dalam uji ini, peserta tes diberikan satu topik atau tema tertentu dan selanjutnya diminta untuk menulis ide mengenai tema tersebut. Namun tidak semua tes TOEFL mengujikan TWE, bahkan hanya Sedikit yang mernasukkannya sebagai salah satu materi pengujvan.

Skor TWE diberikan secara terpisah darl skor TOEFL SC Cara keseluruhan- Skala penilaiannya berkisar antara 1—6.

Semua jawaban yang disediakan dalam tes TOEFL menggunakan model pilihan ganda (multiple choice), terdiri dari empat pilihan jawaban (A, B, C, dan D). Adapun jumlah pertanyaan dan durasi waktu yang disediakan dalam tes TOEFL dirangkum dalam diagram berikut ini Bagian yang diujikan:

Listening Comprehension: jumlah pertanyaan sebanyak 50 dengan durasi waktu 40 menit.

Structure and Written Expression: Jumlah pertanyaan sebanyak 40 dengan durasi waktu 25 menit.

Reading Comprehension: Jumlah pertanyaan sebanyak 50 dengan durasi wakti 55 menit.

Test Of Written English: Pertanyaan berbentuk 1 topik esai dengan durasi pengerjaan sebanyak 30 menit.

Bila TWE termasuk bagian yang diujikan dalam sebuah tes TOEFL, biasanya ia dilaksanakan sebelum ujian Listening Comprehension.

Persiapan Umum Mempelajari Tes Toefl
(Agar Familiar dengan Contoh Soal dan Pembahasannya)

Tes TOEFL seringkali memunculkan bayangan yang menakutkan bagi mereka yang belum pernah menjalani sebelumnya. Bahkan tidak sedikit pula mereka yang sudah beberapa kali menempuh ujian TOEFL masih mengalami kecemasan ketika menghadapi ujian.

Namun ini tentu saja bisa diminimalisasi bila Anda memiliki persiapan yang cukup baik. Berikut ini adalah poin-poin yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum menjalankan ujian TOEFL:

TOEFL merupakan model tes yang memiliki pola-pola tertentu dan pasti. Untuk itu selain mempersenjatai diri kita dengan kemampuan-kemampuan dasar dalam bahasa Inggris, sebaiknya Anda juga mengenal pola-pola kompetensi yang diujikan dalam tes TOEFL.

Kenalilah bentuk-bentuk Perintah (direction) dalam tes TOEFL. Karena ia memiliki pola kompetensi yang baku, Anda dianjurkan untuk mengenal secara familier dengan bentuk-bentuk perintah (direction) dalam ujian TOEFL.

Dengan menjadikan diri kita terluasa dengan bentuk-bentuk perintah yang terdapat pada soal ujian TOEFL, maka kepanikan Anda akan terkurangi. Selain itu Anda juga bisa memaksimalkan waktu ujian untuk lebih berkonsentrasi pada soal-soal yang diujikan.

Tes TOEFL bukan merupakan beban yang hams dihindari. Sebaliknya, Anda bisa berelaksasi dan refresing ketika sedang belajar TOEFL. Bagaimana tidak? Anda bisa menjelajahi dunia maya yang mungkin belum pernah anda kunjungi dalam dunia yang senyatanya.

Ini karena soal-soal TOEFL kebanyakan bercerita tentang sisi-sisi kehidupan di luar negeri, yaitu sebagian besar tentang Amerika. Dengan cara berselancar seperti ini belajar TOEFL akan terasa menyenangkan dan tidak lagi menjadi beban yang harus dihindari.

Belajar Bahasa Inggris / TOEFL itu entertaining dan menyenangkan.

Anda bisa mulai belajar dari kebiasaan yang Anda senangi seperti mendengarkan musik dan nonton film. Bila Anda penyuka musik dan film berbahasa Inggris, secara tidak langsung Anda sedang melatih pendengaran Anda untuk familier terhadap kosa-kata dan cara pengucapannya dalam bahasa Inggris.

Cermatilah cara pengucapan (Pronunciation) kata demi kata, dan kalau memungkinkan, huruf demi huruf, karena dengan mengenal pronunciation Anda akan lebih mudah dalam menyimak kata-kata dan kalimat-kalimat yang diujikan dalam Listening Comprehension nantinya.

Bagi Anda yang sebelumnya tidak tertarik dengan musik dan film berbahasa Inggris, Anda bisa mencoba langkah di atas. Karena belajar dengan cara seperti ini sangatlah entertaining dan menyenangkan.

Biasakan hari-hari Anda dengan membaca bacaan apa saja yang berbahasa Inggris.

Anda bisa membaca koran, majalah, buku, atau internet yang berbahasa inggris meskipun hanya sekilas. Hal ini untuk melatih kemampuan membaca cepat (fast reading) Anda yang akan sangat berguna dalam Reading Comprehension nantinya.

Anda dianjurkan untuk memberi tanda pada kata-kata yang Anda belum tahu artinya dengan pensil atau sejenisnya. Misalnya, dengan memberi garis bawah, atau memakai alat tulis pewarna.

Selanjutnya, konfirmasikan kata-kata tersebut dengan kamus bahasa Inggris yang baik. Kamus yang baik adalah yang dilengkapi dengan cara pengejaan (spelling) seperti: kamus karyaf Ohn M. Echols dan Hassan Shadily, Longman Dictionary, Oxford Dictionary, dst Selain mencari arti dari kata-kata yang belum Anda ketahui, Anda juga dianjurkan untuk mempelajari cara pengucapan dari kata-kata tersebut.

Hal ini akan sangat membantu Anda dalam Listening Comprehension. Usahakan dalam sehari Anda bisa menghafal 2 – 3 kata berikut arti dan pengucapannya.

Jangan pernah membatasi bacaan Bahasa Inggris Anda pada tema-tema tertentu.

Dengan membiasakan diri membaca tentang apa saja Anda akan memperluas jangkauan pengetahuan dalam banyak bidang dan berbagai disiplin ilmu. Anda juga memberikan peluang bagi diri Anda sendiri untuk mengenal kata-kata dan peristilahan khusus yang tidak akan Anda dapatkan bila hanya berkutat pada bidang yang Anda minati.

Ingat sebagian besar materi yang diujikan dalam TOEFL adalah berkaitan dengan dunia akademis. Sehingga topik yang diujikan bisa berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Luangkan waktu Anda untuk membaca tiga kalimat Bahasa Inggris setiap harinya.

Kelihatannya ini merupakan ide yang sangat sederhana. Tapi sesungguhnya ini akan sangat membantu Anda dalam tes TOEFL. Ini berbeda dengan fast reading seperti di atas. Dalam hal ini penekanannya adalah pada analisa kalimat. Jadi Anda harus membaca sebuah kalimat secara seksama dan memahami komponen penyusun kalimat tersebut.

Anda bisa menggunakan pendekatan fungsional (yaitu mengetahui subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan yang menyusun sebuah kalimat) dan pendekatan kategorik (yaitu mengidentifikasi mana yang berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, preposisi, kata sambung dalam sebuah kalimat).

Dengan cara seperti ini Anda akan lebih mudah memahami pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah kalimat sehingga akan mempermudah Anda dalam ujian Reading Comprehension.

Cara ini juga bisa meningkatkan pengetahuan gramatikal Anda sehingga akan lebih mudah untuk menjawab soal-soal dalam ujian Structure and Written Expression. Lagi-lagi, kamus yang baik sangat berguna sangat dibutuhkan.

Belajar bahasa inggris adalah proses yang memakan waktu

Belajar bahasa bukanlah sesuatu yang instan yang bisa dicapai dengan sekali waktu. la merupakan proses panjang dan bertahap. Jadi Anda tidak boleh berhenti ketika telah berkali-kali menempuh ujian TOEFL dan belum mendapatkan skor sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Menjawab Soal Tes Toefl Listening Comprehension

Bagian pertama yang diujikan dalam tes TOEFL adalah Listening Comphension. Ini digunakan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam memahami percakapan dalam bahasa Inggris. Pertanyaan yang diujikan sebanyak 50 yang terbagi dalam tiga bagian.

Durasi waktu yang disediakan untuk menjawab ketiga bagian tersebut hanya selama 35 menit. Dalam bagian ini Anda akan mendengarkan serangkaian percakapan (baik dialog ataupun monolog) yang berasal dari tape recorder atau perangkat audio lainnya.

Percakapan ini tidak ditampilkan pada lembar soal, melainkan Anda hanya akan menjumpai nomor soal (1, 2, 3, dst.) beserta pilihan jawaban pada masing-masing soal (A, B, C, dan D).

Dalam bagian pertama ini Anda diharuskan untuk mendengarkan dengan seksama dan berkonsentrasi penuh pada percakapan (dialog dan monolog). Hal ini dikarenakan Anda tidak akan mendapatkan kesempatan untuk kedua kalinya untuk mendengarkan ulang sebuah percakapan.

Cara Menjawab Contoh Soal Toefl Listening
Cara Mudah Menjawab Contoh Soal Toefl Listening dengan Cepat

Listening Comprehension terdiri dari tiga bagian

1. Part A. Bagian ini terdiri dari tigapuluh percakapan pendek (short conversations) antara dua orang, laki-laki dan perempuan. Masing-masing percakapan diakhiri dengan satu pertanyaan. Anda diharuskan memilih salah satu dari pilihan jawaban (A, B, C, dan D) yang paling tepat yang tersedia pada lembar soal. Soal-soal pada Part A mulai dari nomor 1 sampai 30

2. Part B. Bagian ini terdiri dari dua percakapan panjang (longer conversations) antara dua orang, laki-laki dan perempuan. Masing-masing percakapan diikuti dengan empat pertanyaan. Anda dipersilahkan memilih jawaban yang paling tepat (A, B, C dan D). Soal-soal Part B mulai dari nomor 31 sampai 38.

3. Part C. Bagian terakhir ini terdiri dari 3 pidato panjang (talks) dan hanya melibatkan satu orang (monolog). Biasanya berupa ceramah akademik atau menggambarkan seseorang yang sedang memberikan perkuliahan. Masing-masing talk diikuti dengan empat pertanyaan. Anda diharuskan menjawab dengan memilih salah jawaban yang paling tepat. Soal-soal pada Part B mulai dari mulai dari nomor 39-50.

Bagi kebanyakan orang, Listening Comprehension merupakan bagian yang paling menantang dan sukar dalam tes TOEFL. Sekalipun demikian Anda tidak harus menyerah sebelum menunaikan ujian. Karena sebenarnya tes TOEFL disamping membutuhkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris, ia juga berkaitan dengan strategi yang kita gunakan dalam menghadapi ujian tersebut.

Tulisan ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka antisipatif untuk meminimalisir kesulitan yang akan Anda hadapi dalam ujian Listening Comprehension nantinya. Berikut diperkenalkan kunci-kunci yang bisa Anda gunakan dalam menghadapi ujian.

16 Kunci Umum dan Contoh Soal Tes Toefl Listening Comprehension (Lengkap dengan Pembahasannya

Kunci I: Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari H ujian.

Dengan memahami bentuk perintah (direction) jauh-jauh hari sebelum ujian maka Anda bisa menghemat waktu ujian dan langsung terfokus pada soal yang diujikan. Waktu yang tersedia dalam Listening Comprehension sangat singkat, yaitu kira-kira 35 menit untuk menjawab 50 soal.

Waktu 35 menit tersebut termasuk untuk membacakan perintah pada masing-masing part, menyimak percakapan, dan menjawab soal.

Pelajari bentuk-bentuk direction pada masing-masing part berikut ini sehingga Anda tidak perlu mendengarkannya lagi pada saat menjalani ujian.

Part A

Directions: In Part A will bear conversations between two people. After each conversation, you will bear a question about the conversation. The conversations and questions will not be repeated. Then, on your answer sheet, find the number of questions and fill in space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Setelah membacakan direction narator akan memberikan contoh. Anda tidak perlu menyimaknya. Lebih baik perhatian Anda langsung terfokus pada pilihan-pilihan jawaban.

2. Part B

Directions: In this part of the test, you will hear longer conversations. After each conversation, you will hear several questions. The conversations and questions will not be repeated. After you hear a question, read the four possible answers in your test book and choose the best answer. Then, on your answer sheet, the number of the question and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

3. Part C

Directions: In this Part of the test, you will hear several talks. After each talk, you will hear some questions. The talks and questions will not be repeated. After you hear a question, read the four possible answers in your test book and choose the best answer. Then, on your answer sheet, find the number of the question and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Kunci 2: Baca pilihan-pilihan jawaban pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan directions dan contoh soal (example).

Dengan cara ini Anda bisa menghemat waktu. Setelah membaca pilihan jawaban, Anda sebaiknya engingat-ingatnya, sehingga Anda bisa fokus ketika mendengarkan percakapan. Dengan mengetahui pilihan-pilihan jawaban Anda juga akan bisa memperkirakan tema yang akan dibahas dalam percakapan nantinya.

Dalam lembar soal Anda akan menjumpai pilihan jawaban sebagai berikut:

1. (A) Winter

(B) Spring
(C) Summer
(D) Fall

Dengan membaca keempat jawaban tersebut Anda bisa memperkirakan bahwa percakapan yang akan diujikan dalam soal nomor 1 adalah mengenai musim. Adapun untuk jawaban yang terdiri dari satu kalimat atau anak kalimat yang lebih panjang, Anda cukup membaca dan mengingat kata kuncinya.

Contoh: Dalam lembar soal Anda akan menjumpai pilihan jawaban sebagai berikut:

2. (A) A course where the professor lectures.

(B) A course where the students just listen and take notes.
(C) A course with Professor Patterson.
(D) A course where the students take part in discussion.

Hanya dengan membaca kata “course”, “lecture”, “students” dan “professor”, maka Anda bisa memprediksikan bahwa percakapan yang akan diujikan dalam soal ini berkaitan dengan kehidupan kampus.

Jelasnya, dengan membaca pilihan jawaban Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih gamblang tentang Percakapan yang akan diujikan.

Kunci 3: Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.

Disamping membiasakan telinga kita untuk familier dengan percakapan dalam bahasa Inggris, Anda juga harus melatih diri untuk berkonsentrasi. Sekali kehilangan konsentrasi, kemungkinan besar Anda akan kehilangan ide untuk menjawab soal dengan benar.

Hal ini dikarenakan dalam ujian listening tidak ada pemutaran ulang atas percakapan yang sudah diperdengarkan. Anda hanya memiliki kesempatan sekali saja untuk menyimak dialog/monolog. Sehingga konsentrasi sangat dibutuhkan untuk bisa menjawab soal dengan tepat.

Kunci 4: Maksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.

Tingkat kesukaran dalam ujian Listening Comprehension pada masing-masing part (Part A, Part B, dan Part C) biasanya beranjak dari yang paling mudah sampai yang paling susah. Dengan memaksimalkan pada jawaban soal-soal pertama maka Anda akan dapat mengkompensasikan kekurangan Anda dalam menjawab soal-soal terakhir yang biasanya lebih sulit.

Bila Anda tidak bisa menjawab salah satu soal Anda tidak boleh terpaku atau menyesalinya. Segera lupakan dan jangan terlalu dipikirkan karena Anda masih memiliki soal-soal berikutnya yang harus Anda kerjakan. Sekalipun Anda tidak bisa menjawab soal-soal tertentu jangan biarkan lembar jawaban Anda kosong, karena skor Anda tidak akan dikurangi bila salah menjawab soal. Justru akan beruntung bila jawaban yang Anda pilih ternyata benar. Faktor keburuntungan juga berperan dalam ujian TOEFL.

Ketiga kunci di atas adalah kunci umum untuk Section 1 (Listening Comprehension). Sekarang kita beranjak pada Part A, Part B, dan Part C beserta kunci-kunci yang lebih spesifik yang bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah listening test.

Contoh Soal Toefl Listening dan Pembahasan Part A (Short Conversation)

Bagian ini terdiri dari percakapan-percakapan pendek antara dua orang (dialog), laki-laki dan perempuan. Percakapan ini biasanya bertemakan tentang kehidupan sehari-hari di Amerika Serikat, mulai dunia kerja sampai lingkungan akademis. Berikut contoh percakapan pada Part A.

Anda akan mendengar percakapan dari dua orang seperti berikut:

(man) What’s the matter? You don’t l00k too good.
(woman) I was frightened by a loud noise.
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) She was not allowed to fight.
(B) Something scared her.
(C) She made a load noise that frightened some people.
(D) Some loud neighbors had a fight.

Jawaban (B) adalah yang paling tepat. I was frightened by a loud noise berarti ada sesuatu yang menakutinya.

Adapun kunci-kunci yang bisa Anda gunakan dalam menghadapi Part A Listening Comprehension adalah sebagai berikut:

Kunci 5: Fokuskan pendengaran Anda pada pembicara kedua.

Kebanyakan soal yang dipertanyakan pada Part A merupakan pertanyaan klarifikasi tentang apa yang diucapkan atau yang dimaksud oleh pembicara kedua. Ada beberapa bentuk pertanyaan yang biasa digunakan dalam Part A. Diantaranya pertanyaan-pgrtanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

What does the woman (man) mean?

Contoh:
(woman) Did you or Elaine finish the assignment? I know she didn’t want to do it.
(man) I made Elaine finish the assignment.
(narrator) WHAT DOES THE MAN

What does the woman (man) say about (o..) ?

(Titik-titik didalam tanda kurung biasanya berisikan obyek yang mereka bicarakan, bisa berupa seseorang, sebuah tempat, barang tertentu, dst.)

Contoh:
(woman) Did Tim ever figure out what that word meant?
(man) She had to look it up in an unabridged dictionary
(narrator) WHAT DOES THE MAN SAY TIM?

What does the woman (man) imply?

Contoh:
(man) This television cost me fifty dollars.
(woman) only fifty dollars? Mine cost a fortune.
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN IMPLY?

What has the man (woman) assumed?

Contoh:
(man) Here’s the book that you asked me about.
(woman) so you did remember that 1 wanted to borrow it.
(narrator) WHAT HAD THE WOMAN ASSUMED?

What can be concluded about (…) ?

(Titik-titik diantara tanda kurung biasanya berisikan tentang obyek yang dibicarakan, yaitu seseorang tertentu.)

Contoh:
(woman) I don’t know if Simon liked the apartment or not.
(man) He said he liked it, but then he didn’t to sign the lease.
(narrator) WHAT CAN BE CONCLUDD ABOUT SIMON?

Kunci 6: Jangan panik bila tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.

Sekalipun tidak memahami percakapan secara kom-plit Anda masih memiliki peluang untuk menjawab dengan benar. Ini dikarenakan soal yang dipertanyakan biasanya berupa ide utama dari percakapan. Sekali lagi: Anda hanya perlu untuk lebih focus pada pembicara kedua. Kemudian pilih jawaban yang merupakan pernyataan ulang (restatement) dari pembicara kedua yang telah dipharaprase/diubah dalam kalimat lain.

Contoh:

(woman) I hope you were able to be really productive today.
(man) It was so hot that I couldn’t get any work done.
(narrator) WHAT DOES THE MAN MEAN?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) He didn’t accomplish much because of the weather.
(B) Ic couldn’t be too hot to work.
(C) He completed a lot of work in spite of the weather.
(D) Unless it’s very hot, he doesn’t get much work done.

Anda hanya perlu mengingat kata “hot” dan “couldn’t get any work done”. Sekali lagi, soal yang ditanyakan hanya berupa restatement. Sehinga Anda akan memahami maksud pembicara kedua bahwa ia tidak bisa bekerja karena udara terlalu panas. Dengan kata lain ia tidak bisa menyelesaikan tugasnya karena faktor cuaca. Jadi Anda memilih jawaban (A). Mudah bukan?

Kunci 7: Bila Anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang diucapkan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang Paling berbeda dari apa yang telah Anda dengar.

Ini sudah menjadi pola baku dalam tes TOEFL, dimana jawaban yang diinginkan biasanya menggunakan kata-kata yang sama sekali berbeda dengan apa yang diucapkan oleh pembicara kedua. Karenanya, hindarilah memilih jawaban yang sama dengan yang telah Anda dengar dari pembicara kedua. Pola seperti ini. hanya untuk mengecoh peserta tes.

Perhatikan contoh berikut:

(woman) Is Nicky going to work on the science project with us?
(man) She prefers not to work on group projects.
(narrator) WHAT DOES ABOUT NICKY?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) She’d rather work alone.
(B) Group work is her preference.
(C) She’s working on a project about group preferences.
(D) She projected that the group wouldn’t work.

Pilihan yang paling berbeda dari apa yang diucapkan oleh pembicara kedua adalah jawaban (A). Bila Anda memilih (A) tanpa mengetahui apa yang sesungguhnya dimaksud pembicara kedua, melainkan hanya melihat jawaban yang paling berbeda dari statement orang kedua, maka Anda tidak akan merugi. Karena jawaban yang Anda pilih benar.

Kunci 8: Pahamilah bentuk-bentuk functional expression (agreement, uncertainty, suggestion, surprise), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

Listening Comprehension Part A berisikan pertanyaan-pertanyaan dengan pola-pola tertentu, seperti yang disajikan berikut:

Functional Expression,- Soal yang dipertanyakan biasanya merupakan pernyataan-pernyataan tertentu yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu, seperti persetujuan (agreement), ketidakpastian (uncertainty), sugesti, dan keterkejutan (surprise).

Perhatikan contoh berikut:

1. Persetujuan (Agreement)

(woman) I never want to take another test like that again.
(man) You can say that again.
(narrator) WHAT DOES THE MAN MEAN?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) The woman is always talking about the test.
(B) It’s all right if the woman keeps talking.
(C) He would like the woman to repeat what she said.
(D) He agrees that the exam was terrible.

You can say that again” mengindikasikan bahwa pembicara kedua (laki-laki) setuju bahwa ujian tersebut sulit (D).

2. Ketidakpastian (uncertainty)

(woman) Have u seen the announcement in the lobby?
(man) What announcement is that?
(narrator) WHAT DOES THE MAN MEAN?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) He’s seen the announcement.
(B) He isn’t sure what the announcement means.
(C) He’s uncertain where the lobby is.
(D) He doesn’t know what she’s referring to.

Pertanyaan “What announcement is that?” oleh pembicara kedua menunjukkan bahwa ia tidak mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dibicarakan oleh pembicara pertama (D).

3. Sugesti (Suggestion)

(man) Is the lecture tonight worth attending?
(woman) Without a doubt!
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN SAY ABOUT THE LECTURE?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) She’s doubtful about the lecture.
(B) She’ll go to the lecture without her watch.
(C) The worth of the lecture is uncertain.
(D) She believes the talk will be valuable.

Dengan menggunakan ungkapan “without a doubt!” pembicara kedua ingin meyakinkan kepada pembicara pertama bahwa perkuliahan pada malam nanti akan sangat berharga (D).

4. Keterkejutan (Surprise)

(man) You know, Janson really didn’t do a good job on his presentation.
(woman) I couldn’t believe that he was unprepared!
(narrator) WHAT DOES THE WOMEN SAY ABOUT JANSON?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) The amount that he prepared was unbelievable.
(B) She was surprised that he wasn’t ready.
(C) It was impossible to prepare for his presentation.
(D) What he presented was unbelievable.

Ungkapan yang digunakan oleh mengekspresikan keterkejutan dia atas ketidaksiapan Janson dalam melakukan paresentasi (B).

Idiomatic Expression

Idiomatic expression merupakan sekumpulan kata atau frasa yang membentuk arti tertentu sedemikian rupa sehingga tidak bisa diartikan kata perkata. Misalnya frasa “fly into a rage” sama sekali tidak berkaitan dengan makna “terbang” sebagaimana arti kata “fly’.

Frasa ini berarti “menjadi sangat marah” Model ini hampir bisa dipastikan dikeluarkan dalam setiap ujian TOEFL. Jadi sebaiknya Anda secara khusus mempelajari ungkapan-ungkapan idiomatik bahasa Inggris yang terdapat pada buku yang secara khusus membahas idiom atau kata-kata slang.

Perhatikan contoh soal berikut:

(woman) I asked Roger if he was going to help us, but he really didn’t answer my question.
(man) Oh, he’s always beating around the bush.
(narrator) WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT ROGER?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) He never gives them any help.
(B) He enjoys working in the garden.
(C) He never gives direct answers.
(D) He always beats them when they play.

Ungkapan “beating around the bush” digunakan untuk mengekspresikan bahwa Roger selalu memberikan jawaban dengan cara berbelit-belit atau dengan kata lain tidak pernah memberikan jawaban secara langsung (B).

(man) I haven’t taken the introductory course, but I’ve decided to take the advanced course anyway.
(woman) 1 think you’re putting the chart before the horse.
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN MEAN?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) The man should take the advanced.
(B) The man should attach the chart to the horse.
(C) The man is doing things in the wrong order.
(D) The man would like learning to paint horses.

Ungkapan “putting the chart before the horse” sama sekali tidak ada hubungannya dengan “kuda” sebagaimana arti kata “horse” melainkan untuk mendiskripsikan sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan yang lazim (C).

Situasi

Soal-soal dalam Part A juga seringkali menanyakan tentang situasi atau kondisi yang sedang dibicarakan oleh kedua pembicara. Biasanya berupa tempat, kemungkinan yang akan terjadi, atau tema yang sedang mereka bicarakan.

Contoh:

(man) Did you get the tickets?
(woman) Yes, I did. Let’s go on in because the film’s about to start.
(narrator) WHERE DOES THIS CONVERSATION PROBABLY TAKE PLACE?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) At a sporting event.
(B) In front of the police station.
(C) In front of a movie theater.
(D) At a film developer’s.

Dengan menyimak ucapan pembicara kedua Anda akan mendapatkan jawaban yang benar, yaitu (C).

(man) I’d like to see the personnel manager, please.
(woman) He’ll be in tomorrow at 10.00. would you like to make an appointment?
(narrator) WHAT WILL THE MAN PROBABLY DO?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:

(A) See the personnel manager immediately.
(B) Wait for the personnel manager to arrive.
(C) Arrange to meet with the personnel manager next day.
(D) Break his appointment with the personnel manager.

Karena tidak berhasil menemui manager pada saat itu, kemungkinan yang paling besar bagi laki-laki tersebut adalah membuat janji untuk bertemu manager personalia pada hari berikutnya (C).

Contoh Soal Toefl Listening dan Pembahasannya (Part B)

Bagian ini mengujikan 2 dialog panjang antara dua orang, laki-laki dan perempuan. Masing-masing dialog diikuti dengan empat pertanyaan. Jadi delapan pertanyaan dalam Part B ini.

Percakapan dalam bagian ini biasanya mengambil tema tentang kehidupan kampus dan sekolah, seperti bagaimana seorang profesor menyampaikan perkuliahan, pembicaraan antara dua mahasiswa yang sedang membahas tugas, atau suasana ketika seorang mahasiswa mempresentasikan makalahnya.

Selain itu, bagian ini juga sering mengambil tema dengan berlatar belakangkan berita di Amerika Serikat, seperti isu-isu lingkungan, kesehatan dan seterusnya.

Berikut contoh percakapan pada Part B : Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar:

(narrator) Question 31 through 34. Listen to a conversation between two students.

(man) Hey, Tiffany. How would you like to increase the extent of your educational and historical background?

(woman) John, I don’t understand what you’re saying about.

(man) I just took my final in History 101 this afternoon, and I’m trying to get rid of the books. They cost eighty dollars.

(woman) Why don’t you try to sell them back to the bookstore?

(man) I tried, but they’d only refund twenty dollars, and I paid so much more for chem. I’d like to get at least forty dollars.

(woman) Well, I’m not going to take History 101, so I’m not really interested in those books. Maybe you should ask some other friends.

(man) I already have. Everyone I know has already taken History 101 and doesn’t want those books.

(woman) Why don’t you put up some advertisements in history building? Maybe someone you don’t know will call you and buy them.

(man) I’ll try, but I don’t think that’ll work.

(woman) Then you’ll have to go back to the bookstore. After all, twenty dollars is better than nothing.

Pertanyaan-pertanyaan Soal Toefl Listening Part B (Longger Conversation)

31. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What is the topic of this conversation?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) The price of textbooks.
(B) History 101.
(C) The university bookstore.
(D) Ways to sell used books.

32. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) Why is the man interesting in selling his books?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) He desperately needs the money.
(B) Reading doesn’t interest him.
(C) He’s finished using them.
(D) He’d rather have cheaper books.

33. Pada tape audio recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) Why does the man not want to sell the books on the bookstore?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) The bookstore doesn’t want to buy them.
(B) He wouldb’t get enough money.
(C) He doesn’t like the bookstore’s advertisement.
(D) It’s too lace co sell them to the bookstore.

34. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What does the woman suggest that the man do?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) Post some advertisements,
(B) Take History 101.
(C) Give the books to the bookstore for nothing.

Untuk mengerjakan soal-soal Part B tersebut kunci-kunci berikut bisa Anda gunakan sebagai senjata agar berhasil dengan baik.

Kunci 9: Ketika narator membacakan direction Part B Anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.

Anda tidak perlu mengetahui jawaban satu per satu secara detail dan rinci. Anda hanya perlu menangkap beberapa kata yang bisa menggambarkan percakapan nantinya. Dengan cara ini pendengaran kita akan lebih mudah untuk mengikuti dan memahami pembicaraan yang akan Anda dengar.

Misalnya, pada contoh di atas. Dengan cara membaca sekilas pilihan-pilihan jawaban, Anda menangkap beberapa kata: price, bookstore, history, dan advertisement. Maka dengan cepat pula Anda akan mampu menterka bahwa perbincangan yang akan Anda dengar berkaitan dengan buku. Hal ini akan sangat menolong Anda untuk menangkap ide utama atau tema yang biasanya selalu ditanyakan dalam Part B.

Kunci 10: Ketika menyimak conversation, Anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.

Pertanyaan mengenai ini seringkali ditanyakan. pada listening Part B. Dalam hal ini kunci kedelapan sangat penting untuk membantu memaharni topik pembicaraan. Anda bisa melatih diri dengan membiasakan membaca cepat pilihan-pilihan jawaban dan selanjutnya berfikir cermat tentang perkiraan terna yang dibicarakan.

Waspadalah terhadap percakapan yang diucapkan oleh pembicara pertama, karena biasanya disinilah terdapat ide utama, topik pcmbicaraan, atau subjek yang dibicarakan. seperti contoh kita di atas, dengan lebih terfokus pada pembicara pertama, kita mengetahui bahwa:

John berusaha menawarkan bukunya kepada Tiffany, ke toko buku, dan ke taman-teman lainnya. Ini berarti tema yang dibicarakan mengenai cara-cara untuk bisa menjual buku John. Jadi soal 31 jawabnya adalah (D)

John berkeinginan menjual bukunya (soal no. 32) karena ia baru saja menyelesaikan pelajaran sejarahnya siang hari ini (“I just took my final in History 101 this afternoon”). Jadi jawaban yang benar adalah (C).

John tidak menjual bukunya ke toko buku (soal no. 33) karena bukunya hanya dihargai duapuluh dolar, sedangkan ia mengingkan minimal empatpuluh dolar. Jadi jawabannya adalah (B).

Kunci I I: Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.

Berbeda dari Part A, dalam listening Part B Anda akan mendengar serangkaian dialog yang panjang dan kemudian harus menjawab empat pertanyaan sekaligus tanpa ada pengulangan conversation.

Untuk itu Anda harus waspada dan fokus untuk mendengar pertanyaan yang dibacakan narator. Anda hanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk memilih jawaban yang tepat sebelum narator membacakan soal-soal berikutnya.

Jadi sekali Anda tidak jelas atas pertanyaan narator pada Part B, Anda akan kehilangan satu kesempatan untuk menjawab dengan benar.

Kunci 12: Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pemicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Anda harus bisa membuat simpulan-simpulan mengenai situasi pembicaraan karena dalam Part B seringkali diminta untuk membuat inferensi atau simpulan mengenai percakapan.

Untuk bisa mendapatkan kesimpulan dari sebuah percakapan Anda harus bisa menangkap data atau informasi sebanyak-banyaknya dari percakapan tersebut.

Rekamlah hal-hal yang berkaitan dengan waktu, tempat, siapa yang melakukan dan apa yang sedang dibicarakan dalam memori Anda. Untuk itu, konsentrasi yang terfokus sangat menentukan dalam ujian TOEFL bagian ini.

Demikian kunci-kunci yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi Listening Comprehension Part B. Sebelum beranjak pada Part C, sekali lagi Anda diingatkan untuk tidak pernah membiarkan jawaban Anda kosong.

Apabila Anda tidak bisa menjawab, pilihlah salah satu yang paling Anda yakini. Anda tidak akan mendapatkan konsekuensi, sebaliknya Anda memiliki peluang untuk mendapatkan tambahan skor.

Contoh Soal Toefl Listening dan Pembahsannya (Part C/Talks)

Bagian ini terdiri dari tiga percakapan tunggal (monolog) yang panjang. Masing-masing monolog diikuti dengan empat pertanyaan. Jadi keseluruhan ada duabelas pertanyaan dalam ujian listening Part C. Pembicaraan dalam bagian ini biasanya juga mengambil latar belakang tentang kehidupan akademis: seperti pidato perkuliahan atau presentasi, dan topik berita yang sedang menghangat di Amerika Serikat.

Contoh: Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar:

(narrator) Question 39 through 42. Listen to a presentation on dropping classes.

(woman) I’m Ms. Morton, your advisor. I’d like to explain the policies for dropping classes at this school. It’s important to understand these policies, or your grades can suffer. The policy at this school within the first three weeks of the semester. To drop a course, you first need to get the signature of the professor of the course you want to drop on an official drop card; then you need to come to me to get the signature of your advisor. Let me give you a couple of strong warnings. First, you cannot officially drop a course after the first three weeks of the semester. If you are having problems in a course and you decide later on that you want to drop the course, it is impossible to do so. Second, if you stop attending a course without going through the official “drop” procedures, the course will remain on your schedule, and you will receive a failing grade. It is important for you to understand these procedures and follow them. If you do so, you will not have any problems. Any questions?

Pertanyaan-pertanyaan Contoh Soal Toefl Listening Part C (Talks)

39. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What is the Primary topic of the talk?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) How to get a professor’s signature.
(B) The procedure for dropping courses.
(C) When to come and see the advisor.
(D) The effect of officially dropping a course.

40. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) When can a student officially drop a course?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) Any time, if the professor is willing to sign.
(B) Only on the day of talk.
(C) During the first three weeks of the semester.
(D) Up to three weeks before the end of the semester.

41. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator)How many signatures are necessary to drop a course?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) None.
(B) One.
(C) Two.
(D) Three.

42. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What happens if a student stops attending a course without officially dropping it?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) The students fails the course.
(B) The course is removed from the student’s schedule.
(C) The student needs to get the advisor’s signature.
(D) The student receives a warning.

Agar berhasil menjawab dalam Part C Anda bisa menggunakan kunci-kunci sebagai berikut:

Kunci 13: Bila Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata Kuncinya.
Anda tidak harus membaca secara detail karena waktunya sangat singkat. Ingat, Anda hanya memiliki waktu selama narator membacakan direction.

Karena setelah itu Anda harus konsentrasi pada pembicaraan yang sedang Anda dengarkan. Jadi ketika membaca pilihan jawaban, Anda hanya perlu menangkap beberapa kata kunci dan kemudian usahakan untuk mendapatkan gambaran mengenai tema/topik apa yang akan diperbincangkan. Anda sebaiknya juga mampu mengantisipasi atau memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan dimunculkan.

Dengan cara ini pembicaraan yang akan Anda dengarkan nantinya akan menjadi lebih mudah. Hal ini karena ketika Anda bisa memperkirakan sebuah tema, memori Anda atas segala hal yang berkaitan dengan tema tersebut akan menjadi aktif. Aktifasi ini memungkinkan Anda untuk lebih familier terhadap materi pembicaraan yang akan Anda dengarkan.

Misalnya pada soal di atas Anda hanya membaca sekilas kata-kata: Professor, signature, Procedures, dropping course. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bahwa topik yang akan Anda dengarkan adalah sesuatu yang berkaitan dengan prosedur untuk membatalkan mata kuliah. Sehingga sebelum menyimak talk Anda sudah bisa memperkirakan tentang apa pembicaraan akan dilakukan.

Kunci 14: Waspadailah pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.

Topik merupakan pertanyaan yang sering dimunculkan pada listening Part C. la biasanya selalu terletak pada bagian pertama pembicaraan, yaitu pada kalimat pertama sampai ketiga. Dengan berbekal Kunci ke-13, Anda akan lebih mantap untuk menyimak bagian pertama Pembicaraan monolog.

Misalnya dalam concoh talk di atas. Anda sudah memegang beberapa kata kunci dan bisa memperkirakan bahwa pembicaraan akan berkaitan tentang prosedur untuk membatalkan pelajaran.

Ketika talk dimulai Anda akan jelas menangkap pada kalimat kedua bahwa pembicara ingin membahas kebijakan yang berkaitan dengan tata cara untuk membatalkan mata kuliah. Maka Anda akan berhasil menjawab pertanyaan no. 39 dengan baik, yaitu dengan memilih jawaban (B).

Kunci 15: Fokuskan pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-wh (what, who, when, where, why) dan how.

Bagian ini sebagian besar mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan: apa, siapa, kapan, dirnana, mengapa, dan bagaimana. Untuk itu, Anda harus jeli mengamati tentang obyek yang dibicarakan, tempat pembicaraan dilangsungkan dan seterusnya.

Misalnya, dengan mencermati pertanyaan when pada monolog di atas, memori Anda akan merekam sesuatu yang berkaitan dengan waktu. Pada pertanyaan soal no. 40 Anda akan mendapatkan jawaban pada kalimat “first three weeks of the semester” yang diulang dua kali. Dengan demikian Anda akan memilih jawaban (C).

Kunci 16: Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.

Dalam ujian Part C seringkali soal yang diajukan membutuhkan kemampuan kita untuk melakukan inferasi/penyimpulan atas apa yang dibicarakan dalam talk. Inilah yang membuat sebagian peserta tes TOEFL kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pada Part C.

Hal ini wajar, karena kita tidak mendapatkan kalimat yang persis sama antara pilihan jawaban yang tersedia dengan monolog yang didengar peserta. Karenanya sebelum ujian, Anda harus melatih kemampuan Anda untuk menyimpulkan suatu pembicaraan.

Misalnya, pada soal no. 41 di atas. Yang ditanyakan adalah berapa banyak tanda tangan yang dibutuhkan untuk membatalkan mata kuliah. Dalam monolog yang kita dengarkan tidak disebutkan secara eksplisit berapa banyak tanda tangan yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa.

Tapi Anda mendengar “To drop a course, you first need to get the signature of the professor.. then you need to come to me to get the signature Ofyour advisor”.

Sehingga Anda dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa yang akan membatalkan mata kuliah perlu dua tanda tangan: dari profesor pengampu mata kuliah dan penasihat akademik. Dengan demikian ia membutuhkan dua tanda tangan (C).

Demikian pula soal no 42 yang menanyakan konsekuensi apa yang akan diterima apabila mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan tanpa membatalkan mata kuliah sesuai dengan prosedur? Jawaban yang terdapat pada monolog juga tidak disebutkan secara eksplisit.

la hanya menyebutkan “…the course will remain on your schedule, and you will receive a failing grade.” Sementara pada pilihan jawaban Anda tidak menemukan kalimat seperti ini. Namun bila Anda bisa membuat simpulan, maka Anda akan memilih jawaban (A) yang kurang lebih memiliki maksud yang sama, yaitu mahasiswa tersebut akan gagal dalam mata kuliah yang dimaksud.

Demikian keenambelas kunci yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi ujian TOEFL Section 1 atau Listening Comprehension. Sekali lagi, diingatkan sekalipun Anda tidak mengetahui sama sekali jawaban pada soal-soal tertentu, Anda harus tetap memilih salah satu jawaban yang tersedia. Anda tetap berpeluang untuk mendapatkan tambahan skor dengan cara seperti ini. Selanjutnya, marilah kita beranjak pada kunci-kunci ujian TOEFL Section 2 atau Structure and Written.

Cara Menjawab Soal Toefl Structure and Written Expression

Structure and Written Expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam ujian TOEFL. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi Anda dalam hal Tata Bahasa di dalam bahasa Inggris.

Pertanyaan yang diujikan dalam bagian ini sebanyak 40 soal yang dibagi ke dalam dua model, yaitu structure questions dan written expression questions. Durasi waktu yang disediakan hanya selama 25 menit.

Cara Menjawab Soal Toefl Structure
Trik Menjawab Soal Toefl Structure

Mengenali Model Structure dalam Tes Toefl

Model pertama, structure questions, terdiri dari lima belas pertanyaan, yaitu terdapat pada soal nomor I sampai 15. Bagian pertama ini digunakan untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris secara benar.

Pengujian pada model menggunakan format sentence completion. Yaitu, pada lembar soal, Anda akan menjumpai bagian kalimat yang masih kosong/belum lengkap. Anda harus melengkapinya dengan salah satu dari empat pilihan jawaban (A, B, C, dan D) yang tersedia. Perhatikan contoh berikut ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas:

Young children ——— playing active games such as chasing, hide and seek, and tag.

(A) enjoy
(B) enjoys
(C) enjoying
(D) does enjoy

Anda harus memilih salah satu dari keempat pilihan jawaban yang paling tepat. Pada contoh di atas Anda harus mengidentifikasi kekurangan dari kalimat tersebut. Kalimat tersebut belurn memiliki kata kerja (verb).

Selanjutnya Anda harus mencocokkan pilihan-pilihan jawaban yang ada. Pilihan yang paling mungkin adalah (A) dan (B). Tapi pilihan (B) tidak bisa diterima karena subject “children” mengacu pada kata benda (noun) jamak. Sehingga Anda harus memilih jawaban (A).

Mengenali Model Written Expression dalam Tes Toefl

Model ini meliputi duapuluh lima pertanyaan yang terdapat mulai soal nomor 16 sampai 40. Bagian ini terutama ditujukan untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan Anda tentang bentuk-bentuk ekspresi yang digunakan dalarn tulisan berbahasa Inggris.

Pada bagian ini Anda diminta untuk mengidentifikasi bagian yang tidak tepat dalam sebuah kalimat. Bagian yang tidak tepat ini terdapat pada salah satu dari empat kata atau kelompok kata yang diberi tanda garis bawah.

Jadi bagian ini sedikit berbeda dari bagian pertama. Karena pada bagian pertama Anda diminta untuk memilih jawaban yang paling tepat. Sebaliknya, pada bagian terakhir ini Anda hanya perlu memilih komponen kalimat mana yang salah. Anda tidak perlu membenarkannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

There are (A) thousands of kinds of bacteria, most of which (B) is (C) harmless (D) to humans.

Selanjutnya Anda harus mengidentifikasi bagian mana yang salah dari keempat kata/kelompok kata yang diberi garis bawah. Dengan pengamatan yang teliti akhirnya Anda menemukan bahwa pilihan (C) merupakan komponen penyusun kalimat yang salah, karena “most of which” merujuk pada noun yang jamak. Dengan demikian verb yang tepat bukanlah “is” melainkan are’ .

Sekarang kita beranjak pada kunci-kunci yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan ujian pada section ini. Ada beberapa kunci yang harus Anda pahami dalam mengerjakan soal-soal structure and expression.

8 Kunci Umum dan Contoh Soal Toefl Structure and Written Expression (Lengkap Pembahasannya)

Kunci I : Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari-H ujian.

Anda sebaiknya tidak perlu membaca direction lagi ketika berada dalam ujian yang sebenarnya. Dalam semua ujian TOEFL bentuk direction dipastikan selalu sama. Anda harus bisa membedakan antara perintah pada soal-soal structure dan perintah pada soal-soal written expression.

Sekali lagi, dengan memahami bentuk perintah soal beberapa waktu sebelum ujian dilaksanakan berarti Anda memiliki keuntungan tersendiri yaitu waktu yang lebih efisien. Anda bisa mempelajari direction seperti yang ada pada Bab 5 pada buku ini, yaitu pada latihan tes structure and written expression.

Kunci 2: Kerjakanlah soal-soal structure terlebih dahulu.

Bagian structure dimulai dari soal nomor 1 sampai 15. Ini biasanya dicirikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang paling mudah (yaitu soal nomor I — 5), dilanjutkan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggl (yaitu soal nomor 6 — 10) dan diakhiri dengan soal yang paling sukar (yaitu soal nomor I I – 15). Anda sebaiknya tidak menghabiskan waktu terlalu lama pada soal nomor 11 — 15.

Apabila Anda mengalami kesulitan pada lima soal terakhir bagian ini, tinggalkanlah terlebih dahulu. Karena soal-soal berikutnya (bagian written expression) akan lebih mudah.

Kunci 3: Lanjutkan pada soal-soal written expression.

Bagian written expression ini dirnulai dari soal-soal yang paling mudah (nomor 16 20), dilanjutkan dengan soal-soal dengan tingkat kesulitan sedang (nomor 2 – 35), dan diakhiri dengan soal-soal yang paling Sukar (36 – 40).

Apabila anda mengalami kesulitan, sebaiknya Anda tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk soal nomor 36 40 ini.Karena mereka hanyalah lima soal. Anda bisa segera kembali pada soal-soal yang Anda lewatkan pada bagian structure dan twitten expression yang relatif lebih mudah.

setelah selesai menjawabnya kembali, Anda baru boleh mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesukaran yang paling tinggi.

Apabila waktu Anda akan habis, pastikan yang kosong. Anda bisa menggunakan cara untuk mengira-kira, atau kalau sama sekali waktunya tidak mencukupi Anda bisa memilihnya secara asal. Karena Anda tidak akan dikenakan konsekuensi atas hal ini sebaliknya, Anda memiliki peluang untuk memilih jawaban yang benar.

Selanjutnya kunci-kunci nomor 4, 5 dan 6 ini digunakan untuk soal bagian pertama (l – 15) atau structure.

Kunci 4: Per tama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.

Ingat tujuan dari soal-soal bagian structure adalah untuk mengetahui atau menentukan jawaban apa yang paling tepat untuk melengkapi kekurangan dalam soal-soal yang pertanyakan. Sehingga dengan mengamati secara cermat terhadap kalimat yang pertanyakan Anda akan bisa mengetahui kekurangan yang dibutuhkan untuk melengkapinya.

Disini Anda perlu melakükan identifikasi terhadap komponen kalimat. Yaitu, mana yang merupakan subject (kata benda), predikat (kata kerja), object (kata benda), kata keterangan, kata sifat, dan seterusnya.

Anda dituntut untuk menguasai kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam sebuah kalimat. Mempelajari buku-buku grammar sangat dianjurkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menganalisa sebuah kalimat.

Kunci 5: Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihjah yang paling tepat untuk melengkapi kalimat yang dipersoalkan.

Setelah mengidentifikasi kalimat yang dipertanyakan, selanjutnya memperhatikan masing-masing jawaban pada pilihan (A), (B), (C) dan (D). Dengan melihatnya secara seksama Anda akan segera mengetahui pilihan mana yang paling tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang dipertanyakan.

Tentu saja Anda perlu untuk membekali diri dengan kemampuan grammar memadai. sekali lagi, mempelajari buku-buku grammar sangat dianjurkan. Untuk sekedar menyegarkan ingatan Anda tentang permasalahan ini.

Kunci 6: Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.

Secara umum, masing-masing pilihan jawaban adalah benar bila ia berdiri sendiri. Sebuah pilihan jawaban akan diketahui benar atau salah setelah dimasukkan ke dalam kalimat.

Sekali lagi, hal ini tergantung pada kalimatnya, yaitu apa yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat tersebut. Sehingga hanya dengan melihat pilihan jawaban dan kemudian memutuskan untuk memilih/menghilangkan salah satu dari keempat pilihan jawaban adalah merupakan kesalahan yang fatal.

Karena memiliki model pertanyaan yang berbeda, kunci-kunci pada soal structure tidak sama dengan kunci-kunci pada soal written expression. Berikut kunci-kunci yang bisa Anda gunakan sebagai resep untuk mengerjakan soal-soal bagian written expression:

Kunci 7: Pertama-tama perhatikan kata atau kelompok kata yang digarisbawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.

Anda bisa menggunakan Kunci 7 ini untuk mempersingkat waktu dalam mengerjakan soal-soal nomor 16-40 (written expression). Sebagian soal dalam bagian ini bisa diidentikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata yang digarisbawahi. Hal ini karena yang dibutuhkan dalam soal adalah menemukan kata atau kelompok kata yang tidak tepat yang ditandai dengan garis bawah.

Contoh:

The Final (A) class presentation (B) is (C) the inportantest (D) examination.

Tanpa membaca kalimat lengkap dan dengan hanya melihat kata yang bergaris bawah class presentation”, is’ , dan Importantest”, Anda akan bisa mengidentifikasi bagian mana yang tidak tepat. Pada contoh soal di atas jawaban (D) tidak tepat, karena bentuk superlative dari “important” adalah “most impartant” bukan “importantest .

Kunci 8: Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentikasi hanya dengan melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.

Apabila Anda tidak bisa menemukan kata/kelompok kata mana yang tidak tepat, maka Anda harus segera melihat dan memahami kalimat secara lengkap.

Seringkali sebuah bagian pada suatu kalimat menjadi tidak tépat dikarenakan bagian yang lain dari kalimat tersebut. Sehingga bila Anda tidak merasa yakin untuk hanya menggunakan Kunci 7, Anda harus menggunakan Kunci 8 ini.

Problem yang sering diujikan dalam Soal Toefl Bagian Structure and Written Expression

Soal-soal Structure and Written Expression dalam ujian TOEFL meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan grammar dengan lingkup yang tak terbatas. Namun secara umum terdapat kecenderungan-kecenderungan untuk mengeluarkan soal dari materi-materi tertentu. Sehingga kami sangat menyarankan untuk memperdalam pengetahuan bahasa inggris seputar materi berikut:

1. Main Verb
2. Infinitive
3. Verb+ing
4. Conditional (kalimat Pengandaian)
5. Past Custom
6. Auxiliary Verb
7. Comparison
8. Preposisi
9. Correltive Conjunction
10. Negative Emphasis

Mudahan tips dan trik singkat ini membantu anda dalam memecahkan Soal Toefl Bagian Structure and Written Expression. Terimah Kasih

Loading...
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here