Tips Cara Sehat Merawat Rambut agar Cepat Panjang

2102
Tips Cara Sehat Merawat Rambut agar Cepat Panjang

Tips Cara Sehat Merawat Rambut agar Cepat Panjang

Arwini.com – Sebagian wanita dan pria mengidamkan rambut panjang yang indah dan sehat. Namun sayang tidak mudah untuk mendapatkannya. Anda harus bersabar karena tidak instan untuk menumbuhkan rambut agar cepat panjang.

Ada pepatah yang mengatakan ‘rawat terus rambutmu, karena rambut adalah mahkota yang tak pernah bisa kamu lepaskan’. Terutama untuk kaum hawa, rambut panjang identik dengan lambang kecantikan, jadi semakin panjang rambut, maka semakin anggun pesona seorang perempuan.

Bagi pria, rambut yang panjang menandakan kesuburan, meskipun fungsinya tidak terlalu penting seperti perempuan. Memanjangkan rambut tidak semudah saat memotongnya, dibutuhkan berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun agar dapat memiliki model rambut di bawah pundak.

Setelah rambut panjang, Anda juga harus rajin merawatnya agar menjadi rambut panjang yang sehat dan indah.  Nah, bagi Anda yang benar-benar ingin memiliki rambut panjang yang indah dan sehat, silahkan simak beberapa tips yang akan kami sebutkan di bawah ini.

Tata Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang 

1. Makanan Bernutrisi

Salah satu tips  untuk cepat memanjangkan rambut adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Asupan nutrisi akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tingkatkan lagi asupan makanan yang tinggi akan protein dan serat agar folikel rambut Anda  mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan secara optimal. Beberapa contoh makanan yang kaya akan protein adalah telur, ikan, daging, dan susu.

Jangan lupa tambahkan asupan vitamin yang tinggi akan zat biotin seperti vitamin B7 setiap hari. Zat biotin dapat mencegah rambut rontok. Hal lainnya yang perlu dilakukan yaitu meningkatkan konsumsi air putih dan sebaiknya Anda tidak sering mengalami stress.

2. Penggunaan Kondisioner Rambut

Anda pasti sering menjumpai ujung rambut pecah-pecah. Ini  pertanda bahwa rambut Anda kering. Untuk mengatasi rambut kering, gunakan kondisior secara rutin setelah keramas. Tetap gunakan kondisioner meskipun tipe rambut Anda adalah rambut yang berminyak.

Kondisioner ini membantu menjaga kelembaban alami rambut. Jika kelembaban alami rambut Anda terjaga dengan baik, maka akan tumbuh lebih cepat.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan kondisioner di bagian rambut khususnya ujung rambut, jangan bagian rambut yang dekat kulit kepala karena hanya akan membuat rambut cepat kotor dan lepek serta berketombe.

Bila ingin hasil yang maksimal, gunakan kondisioner alami yaitu berupa madu atau minyak zaitun. Madu dan minyak zaitun tak hanya dapat berperan sebagai kondisioner saja, melainkan juga dapat menyehatkan rambut Anda.

3. Mengimbangi dengan Pijatan

Pemijatan lembut pada daerah kulit kepala akan berdampak positif untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Lakukan pemijatan tiga kali dalam satu minggu.

Bila perlu, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala saat sedang keramas. Pijatan bisa berlangsung 3 sampai 5 menit. Pemijatan pada kulit kepala dapat melancarkan aliran darah pada kulit kepala hingga ke akar rambut.

Tak hanya itu saja, pemijatan juga dapat menghilangkan  kotoran yang menempel pada kulit kepala. Kotoran dan sel-sel kulit kepala yang telah mati dapat terangkat hanya dengan pijatan lembut ini.

Cara Memanjangkan Rambut Paling Ampuh dan Alami

Memanjangkan rambut memang bukan perkara simpel, sehingga banyak orang lebih memilih menggunakan obat-obatan kimiawi. Padahal terdapat banyak cara memanjangkan rambut dengan metode alamiah loh guys.

Seperti kita tahu semua, obat-obatan kimiawi memiliki banyak efek samping, yang paling buruk adalah kebotakan permanen. Nah daripada harus berjudi dengan menggunakan obat-obatan kimiawi, mendingan kamu cek deh beberapa cara memanjangkan rambut paling ampuh dan alami berikut ini:

1. Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak kelapa atau coconut oil pada rambut merupakan salah satu cara paling efektif dalam memanjangkan rambut. Anda tak perlu lagi tuch menggunakan conditioner mahal, ataupun suplemen agar rambut bisa panjang, cukup gunakan minyak kelapa.

Mengapa harus minyak kelapa ya? Minyak kelapa merupakan emolien alami yang mengandung banyak vitamin E, vitamin inilah yang dapat menstimulasi rambut agar semakin subur. Kandungan asam laurat yang tinggi pada minyak kelapa juga dapat meningkatkan produksi protein rambut.

Caranya cukup mudah loh guys, cukup masukan 5 sendok makan kedalam mangkuk tahan panas, lalu panaskan didalam microwave selama 30 menit, lalu dinginkan terlebih dahulu. Oles-oles bersama air pada rambut seperti Anda sedang keramas menggunakan sampo. Bilas deh dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk.

2. Telur

Nah kalau cara yang ini pasti semua orang bisa melakukannya. Selain bisa dimakan, telur juga dapat digunakan sebagai emolien alami untuk memanjangkan rambut. Apa yang membuat telur begitu cocok untuk digunakan sebagai emolien rambut?

Jawabannya terkandung pada kandungan nutrisi yang ada pada telur yang sangat berguna untuk pertumbuhan rambut. Telur memiliki kandungan protein yang sangat banyak, selain itu kaya juga akan zat besi, fosfor, sulfur, selenium dan lainnya.

Bagaimana mengaplikasikan telur sebagai emolien rambut?

Caranya sangat mudah, yang pertama Anda dapat mencampurkan telur dengan minyak lavender, kocok-kocok, lalu oleskan pada rambut, biarkan selama 20 menit, basuh deh dengan air hangat. Cara yang kedua, campurkan kuning telur dengan minyak zaitun, biarkan selama 15 menit, basuh dengan air hangat.

3. Minyak Ikan

Cara memanjangkan rambut lainnya adalah dengan menggunakan minyak ikan. Mengapa harus minyak ikan? Minyak ikan memiliki kandungan kandungan protein,omega 3 dan vitamin dalam jumlah yang sangat banyak, dan tentunya hal ini bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Minyak ikan dapat mengurangi produksi dihidrotestosteron, yang merupakan zat penyebab kerontokan. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak ikan pada rambut, dan lakukan ini secara rutin.

4. Minyak Kemiri

Cara memanjangkan rambut paling ampuh lainnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Mungkin Anda masih awam mengenai penggunaan minyak kemiri ini, namun percayalah, banyak orang sudah membuktikannya.

Apa yang membuat rempah satu ini ampuh untuk memanjangkan rambut? Hal tersebut karena kemiri memiliki kandungan mineral dan protein dalam jumlah banyak. Selain dapat memanjangkan rambut, minyak kemiri dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Cara menggunakannya memang tidak terlalu simpel, masukan kemiri kedalam blender, tambahkan air lalu peras. Peras beberapa kali kemiri yang sudah cair, hingga terlihat agak bening.

Lalu biarkan cairan kemiri tersebut selama semalaman penuh, pada pagi harinya panaskan cairan kemiri tersebut hingga minyaknya keluar. Oleskan minyak tersebut pada rambut, lalu basuh dengan air hangat.

5. Lidah Buaya

Tidak seperti namanya yang menyeramkan, lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah berguna untuk memanjangkan rambut. Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki kandungan protein, asam amino, mineral dalam jumlah banyak, yang membuat rambut menjadi cepat panjang.

Lidah buaya dapat digunakan masker atau juga pelembab sehabis keramas. Untuk membuat masker lidah buaya, caranya cukup mudah kok, tinggal kupas lidah buaya lalu ambil dagingnya saja. Remas-remas perlahan lalu oleskan pada rambut. Biarkan oleh Anda selama 15-30 menit, basuh deh sama air hangat.

Demikianlah info mengenai beberapa cara memanjangkan rambut paling ampuh dan alami. Cara-cara diatas bagi sebagian orang mungkin terlihat tradisional, namun yang tradisional tidak selamanya lebih buruk daripada cara-cara konvensional. Jadi Anda bisa menggunakan cara-cara diatas, tanpa perlu khawatir akan efek sampingnya pada rambut.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here