9 Pertimbangan Sebelum Anda Memutuskan untuk Keluar dari Pekerjaan Sekarang

731
Alasan Mengapa Harus Pindah Pekerjaan
Pindah Pekerjaan

Arwini.com – Menjalani rutinitas pekerjaan dalam waktu yang cukup lama seringkali menimbulkan rasa jenuh dan bosan sehingga terbersit keinginan untuk berhenti dan berganti pekerjaan.

Mungkin kondisi ini merupakan hal yang wajar, meski demikian beberapa hal berikut ini sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk berhenti dan berganti pekerjaan.

1. Memahami realitas

Sebelum memutuskan untuk berhenti dan berganti pekerjaan sebaiknya Anda sudah memahami realitas pada diri Anda, dimana usia Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru mungkin cenderung lebih sulit apalagi jika pekerjaan sebelumnya sudah Anda jalani selama lebih dari 10-15 tahun.

2. Training untuk pekerjaan baru

Berganti pekerjaan dalam bidang yang berbeda tentu membutuhkan waktu untuk beradaptasi agar bisa menjalani pekerjaan dengan baik.  Nah, sebaiknya Anda mulai meyakinkan diri Anda jika Anda siap untuk menjalani training dalam pekerjaan baru Anda.

Sudah siapkah Anda untuk belajar dari awal perihal pekerjaan baru Anda?  Dalam hal ini Anda harus bisa melakukan sosialisasi kembali dan menjalani proses transisi untuk pekerjaan baru Anda.

3. Kondisi keuangan

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kondisi keuangan saat ini sebelum memutuskan untuk berhenti dan berganti pekerjaan.  Anda perlu melihat penghasilan Anda, pengeluaran setiap bulannya dan saldo tabungan yang dimiliki.

Hal ini untuk mempertimbangkan tawaran pekerjaan yang lebih baik agar kondisi keuangan tetap stabil.  Namun jika belum ada penawaran pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik, maka sebaiknya Anda tetap bertahan sampai datang kesempatan terbaik untuk pekerjaan Anda.

4. Penghasilan

Salah satu pertimbangan penting sebelum Anda memutuskan untuk berhenti dan berganti pekerjaan adalah penghasilan yang harus Anda relakan jika benar-benar memutuskan untuk berhenti kerja.

Tentu tidak akan menjadi masalah jika pekerjaan baru yang akan Anda jalani memiliki range yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaji Anda di tempat kerja sebelumnya.  Namun jika dalam hal gaji Anda belum mengetahui pasti besaran gaji yang akan diperoleh untuk pekerjaan baru Anda, maka sebaiknya Anda berpikir kembali untuk berhenti dan berganti pekerjaan.

5. Pertimbangan keluarga

Keluarga memiliki peran penting dalam memberikan dukungan pada pekerjaan Anda.  Dengan dukungan penuh dari keluarga maka pekerjaan apapun yang Anda jalani akan terasa ringan dan bisa dijalani dengan penuh optimis.

Jika keluarga lebih mendukung Anda untuk menjalani pekerjaan yang lama karena dinilai lebih mencukupi maka sebaiknya keinginan untuk berganti pekerjaan dipikirkan kembali.

6. Waktu untuk meningkatkan karir

Selain dukungan keluarga, Anda juga perlu mempertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan karir dalam pekerjaan baru Anda.

Hal ini berkaitan erat dengan posisi strategis yang bisa Anda capai dalam waktu yang relatif cepat dan besaran penghasilan yang bisa Anda dapatkan dalam pekerjaan baru.

7. Mengoptimalkan pengalaman

Pengalaman kerja pada pekerjaan sebelumnya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Jika memungkinkan Anda bisa mendapatkan pekerjaan baru sesuai dengan pengalaman yang Anda miliki dengan penawaran gaji yang lebih tinggi dari pekerjaan sebelumnya.

8. Mengumpulkan informasi

Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan pekerjaan baru yang Anda minati.  Tentu Anda harus memeprtimbangkan juga skill maupun pengalaman yang telah Anda miliki agar peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru lebih besar untuk Anda.

Anda bisa memperoleh informasi mengenai kesempatan kerja melalui internet, media cetak ataupun dari teman dan kerabat.

9. Membangun koneksi atau jaringan

Sangat penting bagi Anda untuk membangun koneksi atau jaringan sebanyak mungkin agar peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru lebih terbuka.  Koneksi yang luas bisa memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terkait pekerjaan baru yang Anda minati.

Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan untuk menambah jaringan sekaligus mencari peluang baru, seperti mengikuti seminar, workshop ataupun kegiatan sosial yang bermanfaat.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang akan Menghambat Kesuksesan Karir

Ada banyak hal yang akhirnya membuat kita mengambil keputusan untuk berhenti dan berganti pekerjaan.  Namun dibalik semua itu, sebaiknya segala kemungkinan dan resiko telah kita pertimbangkan baik-baik agar bisa mencapai tingkatan yang lebih tinggi dalam karir dan keputusan yang diambil tidak berbuah penyesalan.  Nah, sudah yakinkah Anda untuk berganti pekerjaan?

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here