10 Destinasi Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

919
Obyek Wisata Dieng Wonosobo – Daftar Destinasi Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng
Obyek Wisata Dieng Wonosobo

Arwni.com, Obyek Wisata Dieng Wonosobo – Negeri para dewa dewi itulah sebutan bagi Dataran Tinggi Dieng Wonosobo. Bahkan di tempat ini sering diadakan festival berskala internasional.

Dataran Tinggi Dieng berada di ketinggian 2000 mdpl serta memiliki suhu rata-rata dibawah 20 derajat, traveler dipastikan tidak akan berkeringat saat mengunjungi tempat ini.

Dieng merupakan daerah terasing, tidak ramai bahkan tidak familiar di mata wisatawan. Namun, saat banyak orang mengupload foto-foto pemandangan inidah di lokasi ini, dunia seakan tahu inilah potongan surga yang ada di belahan dunia lain.

Dataran Dieng memiliki beberapa destinasi wisata yang banyak digandrungi wisatawan lokal, untuk mengobati penasaran anda akan kami sebutkan tempat wisata favorit di dieng yang wajib dikunjungi:

1. Telaga Warna Dieng

Salah satu objek wisata terbaik di Dieng adalah Telaga Warna Wonosobo. Salah satu ciri khas unik yang jarang ditemukan ditempat ain adalah air berwarna-warni yang menghiasi volume telaga, apalagi saat dilihat dari ketinggian, Telaga Warna ini sangat indah dan eksotis.

Air berwarna Dieng merupakan pesona bagi wisatawan yang suka mengambil foto, bernuansa romantis bahkan dijadikan tempat pemotretan prewedding. Meskipun deemikian ada kisah mistis yang berselimut di dalamnya.

Kondisi alam di sekitar Telaga juga bercirikan nuansa alami yang dibalut dengan bebukitan serta pepohonan besar yang semakin memanjakan wisatawan yang ingin rehat menenangkan pikiran.

2. Puncak Gunung Prau

Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl yang sering dijadikan destinasi pendakian di Dieng Wonosobo. Gunung Prau ini memiliki trek pendakian yang relatif mudah dibandingkan puncak gunung lainnya.

Siapapun yang mendaki gunung Prau pasti akan menemukan berbagai hal-hal indah seperti perkebunan teh, bukit-bukit hijau, bunga-bunga bermekaran ataupun sungai-sungai yang mengalir.

Hadiah terbesar bagi para wisatawan terletak di puncak, mengapa? Karena di puncak gunung Prau, traveler bisa melihat golden sunrise atau matahari terbit yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia. Untuk itu, banyak pendaki dari Indonesia ataupun dari luar negeri yang mampir ke uncak ini untuk menikmati nuansa indah di atas pegunungan.

3. Sikunir Sunrise

Tempat wisata oke lainnya adalah bukit Sikunir. Bukit Sikunir berada di Desa Sembungan yang juga dikenal sebagai desa paling tinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir merupakan tempat paling tepat untuk melihat sunrise atau matahari terbit di Dieng Wonosobo.

Sikunir Sunrise ini sangat populer dan disebut-sebut sebagai yang terindah di Indonesia. Selain itu bukit Sikunir ini dekat dengan pemukiman warga, jadi traveler bisa menginap atau bisa bercengkrama dengan orang-orang asli Dieng.

4. Candi Dieng

Tidak hanya wisata alam, Dieng Wonosobo juga memiliki candi-candi eksotis. Candi-candi yang ada di Dieng diklaim sebagai candi tertua di Jawa, bahkan beberapa pendapat menyebutkan sudah ada pada abad 7 yang lalu. Candi-candi ini berukuran mini, terlihat simpel dan dihiasi beberapa relief.

Beberapa candi yang ada di Dieng adalah candi Arjuna, candi Srikandi, candi Sembadra, candri Puntadewa dan lain-lain. Objek wisata di Dieng ini sangat cocok untuk dijadikan tempat kegiatan fotografi.

5. Kawah Sikidang

Dieng Wonosobo memiliki beberapa kawah, di antaranya Kawah Sikidang yang disebut oleh beberapa wisatawan sebagai kawah terbaik. Kawah ini berada di dataran tanah yang sulit diakses dari jarak dekat.

Meskipun di beberapa sudut kawah ini bisa dinikmati dari jarak yang dekat, namun tidak dianjurkan untuk mendekatinya karena ada zat-zat sulfur yag berbahaya. Kawah Sikidang ini merupakan destinasi wisata jagoan Dieng Wonosobo, jadi traveler jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi tempat wisata keren ini.

6. Sumur Jatalunda

Sumur Jatalunda adalah kawah yang diawal pembentukanya hanya berupa aliran hujan hingga menjadi sumur. Meskipun sumur ini bermula dari rintikan hujan, namun jangan sesekali menceburkan diri ke dalam sumur. Tempat ini oleh masyarakt setempat di gadang sebagai lubang yang memiliki ke dalaman yang sangat jurang.

Untuk menuju sumur ini, para wisatawan harus menaiki 257 anak tangga, sebuah tantangan untuk menikmati pemandangan unik di tepian sumur.

Ada beberapa mitos yang beredar di tempat ini, di antaranya bagi siapa saja berhasil melempar batu kerikil dari satu sisi ke sisi lainnya maka ia akan mendapat keberkahan hidup, maka tidak aneh jika di sekitar area sumur terdapat penjual-penjual batu kerikil.

7. Dieng Plateau Theater

Kawasan Dieng Wonosobo juga mempunyai sebuah gedung yang berisikan master plan dari Dieng Wonosobo. Jadi traveler seharusnya sebelum menikmati berbagai spot wisata yag ada di Dieng harus mengunjungi Dieng Plateau Theater ini.

Dengan tiket 4ribu rupiah, traveler bisa melihat film dokumenter yang memperlihatkan objek-objek wisata yang ada di Dieng sekaligus panduan-panduan penting dalam mengunjungi objek-objek wisata tertentu di Dieng Wonosobo.

8. Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan sebuah danau yang terletak berdekatan dengan bukit Sikunir. Telaga ini terlihat sangat bagus terutama jika dilihat dari ketinggian dimana telaga tersebut menyatu dengan desa Sembungan dan panorama indah kaki gunung. Bentuknya yang seperti cebong atau anak kodok membuat banyak orang menyebutya dengan Telaga Cebong.

Pemandangan paling indah di Telaga Cebong adalah pada pagi hari dimana siluet matahari terbit terlihat memancar dari permukaan telaga dan terlihat seperti minyak yang cerah.

9. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin sering dimanfaatkan banyak orang untuk melihat berbagai spot-spot keren di Dieng Wonosobo seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, ataupun kaki gunung Dieng. Batu Ratapan Angin merupakan dua buah batu besar yang terletak dekat dengan Dieng Plateau Theater.

Mengapa disebut Batu Ratapan Angin karena batu tersebut memancarkan suara angin yang mendesis hampir mirip suara orang yang sedang meratap. Batu Ratapan Angin sangat cocok untuk dijadikan setting pemotretan karena dibawah batu tersebut terdapat pemandangan yang sangat indah.

10.Telaga Merdada

Objek wisata terakhir dalam daftar kami adalah Telaga Merdada yaitu danau terluas yang ada di Dieng Wonosobo. Yang membuat unik Telaga Merdada ini adalah telaga ini tidak memiliki sumber mata air dan air yang ada merupakan air hujan. Oleh karena itu pada musim kemarau orang-orang tidak bisa menemukan Telaga Merdada ini.

Saat kondisi sedang kering, terlihat permukaan telaga dengan jelas dan anda jangan coba-coba untuk berjalan-jalan diatasnya karena akan ‘tersedot’ lumpur yang sangat dalam.

Baca: Selain Dieng, 7 Wisata Favorit ini Sayang Dilewatkan Saat di Jawa Tengah

Nama Merdada berasal dari kata ‘dada’ yang merepresentasikan kelapangan atau keluasan. Pada saat terisi air, nuansa alam yang ada di Telaga Merdada sangat luar biasa indahnya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here