6 Manfaat Kurma yang Mengejutkan Siapapun!

844
Manfaat Kurma

Arwini.com – Kurma adalah buah yang istimewa, bahkan kurma disebutkan sebanyak 24 kali di dalam Al-Qur’an.  Seperti firman Allah SWT:  “Di bumi ada buah-buahan dan ada pohon kurma yang memiliki kelopak mayang.”  (QS. Ar-Rahman: 11).  Kurma juga sering disebutkan dalam beberapa hadist termasuk anjuran untuk mengkonsumsinya saat berbuka puasa.

Diriwayatkan oleh Salman bin Amir, Rasulullah SAW bersabda:  “Apabila salah seorang di antara kamu berpuasa, hendaklah berbuka dengan kurma, bila tidak ada kurma, hendaklah dengan air.”  (HR.  Ahmad dan At-Tirmidzi).  Bukan tanpa alasan Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berbuka dengan kurma, karena manfaat kurma untuk buka puasa memang luar biasa.

Pohon kurma diketahui sebagai jenis tumbuhan yang tangguh karena bisa tumbuh subur di Jazirah Arab yang tanahnya cenderung kering dan tandus.  Kurma juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Dimana kandungan tanin pada kurma diketahui memiliki daya pembersihan yang baik untuk tubuh, termasuk pada usus yang bermasalah.

Manfaat kurma untuk kesehatan antara lain untuk mengatasi sakit tenggorokan, influenza, meringankan demam dan salesma bronkial.  Mengkonsumsi kurma secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit tertentu seperti jantung, kanker dan stroke.

Bahkan dalam pengobatan tradisional, masyarakat Arab menggunakan kurma untuk menetralkan keracunan akibat alkohol.  Sementara getah dari batang pohon kurma berkhasiat untuk mengatasi diare dan gangguan buang air kecil.  Dan akar pohon kurma bermanfaat untuk mengobati sakit gigi.

Kurma memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan berikut ini adalah beberapa manfaat kurma:

  1. Kurma mudah dicerna

Ketika sedang berpuasa, maka perut dalam keadaan kosong sehingga membutuhkan makanan yang mudah dicerna.  Perlu diketahui bahwa kurma mengandung glukosa 70% yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga efektif meghasilkan energi tanpa membebani tubuh dengan proses mencerna yang berat.

Sebagai perbandingan, segelas air dengan kandungan glukosa akan diserap oleh tubuh dalam waktu 20-30 menit.  Sementara kandungan glukosa dalam kurma akan diserap tubuh dalam waktu 45-60 menit karena kandungan seratnya cukup tinggi.  Itulah mengapa kurma juga dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sahur, karena membuat tubuh kenyang lebih lama.

  1. Membantu menyiapkan tubuh untuk menerima makanan lain

Jika kita langsung berbuka dengan makanan berat, maka hal itu bisa mengakibatkan organ pencernaan bekerja lebih keras.  Namun dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa organ pencernaan akan lebih siap mencerna makanan setelah seharian perut dalam keadaan kosong.  Dimana kurma akan mengaktifkan pelepasan enzim pencernaan yang membantu kinerja organ pencernaan sehingga lebih efektif menyerap sari makanan.

  1. Mengembalikan energi tubuh secara cepat

Rendahnya kadar gula biasa terjadi setelah seharian berpuasa, akibatnya tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga.  Untuk mengembalikan kadar gula darah yang menurun dan meningkatkan energi secara efektif, kita bisa mengkonsumsi kurma sebagai solusi terbaik.

Berbeda dengan konsumsi minuman manis atau karbohidrat yang membuat lonjakan gula darah hingga meningkatkan nafsu makan.  Konsumsi kurma saat buka puasa Ramadhan lebih menyehatkan.  Dimana kandungan gula alami dalam kurma akan langsung ditransfer menuju liver dan diubah menjadi energi.  Tingginya kandungan serat dalam kurma juga akan membuat nafsu makan lebih terkontrol sehingga organ pencernaan lebih sehat.

  1. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat

Kandungan serat yang cukup tinggi pada kurma sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sekaligus membersihkan usus dari racun dan zat berbahaya lainnya.  Tingginya serat juga mampu mencegah kemungkinan terjadinya keluhan sembelit yang sering dialami ketika berpuasa.

  1. Membantu mengembalikan keasaman darah pada kondisi normal

Saat tubuh membakar cadangan lemak sebagai sumber energi utama ketika berpuasa, maka kadar keasaman darah akan meningkat.  Akibatnya mulut cenderung mengeluarkan aroma tak sedap dan tubuh terasa lelah.

Meskipun kondisi tersebut dianggap lazim dan normal dialami saat berpuasa, namun kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat dan daging secara berlebih untuk buka puasa bisa semakin meningkatkan kadar keasaman darah.  Dalam jangka waktu yang lama, kelebihan asam di dalam darah bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes, hipertensi, infeksi saluran kencing, encok dan hemoroid.

  1. Mampu membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Kandungan nutrisi dalam kurma cukup lengkap, baik vitamin maupun mineralnya.  Kurma diketahui mengandung vitamin A, B2, B12, dan vitamin K.  Kandungan mineral dalan kurma meliputi kalsium, fosfor, sulfur, magnesium, potasium, sodium, seng, dan zat besi.  Kurma menjadi sumber kalium yang cukup baik, selain itu kurma juga mengandung protein dan asam folat yang bermanfaat bagi tubuh.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here