Selain Gudeg, 5 Kuliner Tersembunyi di Jogja ini Wajib Anda Coba!

822
Daftar Wisata Kuliner Tersembunyi di Jogja
Wisata Kuliner Jogja Foto Via Asokatour.com

Arwini.com, 5 Kuliner Tersembunyi Jogja – Berbicara tentang kuliner lezat di Yogyakarta, kebanyakan orang selalu mengarahkan pemikirannya ke Gudeg. Dimana Gudeng telah dijadikan sebagai kuliner khas nomor satu di daerah istimewa ini, bahkan kota ini dijuluki sebagai Kota Gudeg.

Jika kamu mengunjungi Jogja dalam jangka yang lebih lama atau lebih ‘blusukan’, kamu akan menemui begitu banyak kuliner yang tak kalah lezatnya dari Gudeg. Tentunya, dibanderol dengan harga relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat lain.

Pada umumnnya para pengusaha kuliner memilih lokasi strategis dalam memulai bisnis mereka, usaha tersebut ditengarai dengan anggapan agar mudah dijangkau dan diakses oleh pecinta kuliner. Meskipun demikian, ada banyak kuliner yang bertempat di lokasi terpencil namun dapat memanjakan lidah para pengunjung.

Ada banyak lokasi kuliner di kota pelajar ini, di antaranya dekat jalan raya, dekat pasar, dekat kampus hingga dekat tempat wisata (baca: wisata malam Jogja). Meskipun ada banyak tempat untuk menikmati cita rasa kuliner Jogja, ada beberapa kuliner khas yang sangat jarang dijumpai oleh wisatawan. Kuliner ini kami namai sebagai kuliner mblusuk (tesembunyi).

Kuliner mblusuk, rata-rata terletak di pinggiran kota, akses ke lokasi pun masih sangat minim bahkan jarang diketahui orang. Karena akses dan lokasi yang kurang strategis, HJ akan memberikan gambaran tentang kuliner lezat tersebut dengan pertimbangan memiliki cita rasa khas jogja dan ramai dikunjungi pelanggan. Di antaranya:

1. Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Enak yang Bikin Ketagihan

Setelah sempat berputar-putar mencari tempatnya, akhirnya Hj Berhasil menemukan Lokasi Kuliner ini. Mangut Lele Mbah Marto terletak di dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta. Meskipun sempat tersesat, lezatnya menu lele yang diolah secara tradisional sempat membuat kami lupa akan kesesatan kami.

Mangut lele Mbah Marto dapat dikatakan kuliner istimewa sesuai dengan semboyan kota Jogja. Dengan tekstur daging lele yang sangat empuk, di padukan dengan kuah santang dan rasa pedas bawang merah, cita rasakuliner ini sudah teruji berpuluh-puluh tahun.

Kuliner Mblusuk ini banyak dicari wisatawan, bahkan banyak dari mereka yang rela tersesat untuk mencicipi salah satu kuliner jogja ini. Kamu tidak perlu khawatir tersesat saat ingin mendatangi tempat ini, karena lokasi kuliner ini sejalur dengan beberapa pantai yag ramai di kunjungi di Jogja, sebut saja pantai parangtritis hingga pantai depok.

2. Sambel Welut Pak Sabar, Ulegan Sambal yang Spektakuler

Beralih ke daerah selatan Yogyakarta, ada satu wisata kuliner istimewa yang harus kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan saat ke kota ini. Yaitu Sambel Welut Pak Sabar. Kuliner yang berlokasi di Jl. Imogiri Barat Km 6.5 Dokarang – Yogyakarta, telah berusia puluhan tahun, dibuka sejak tahun 90an awal.

Salah satu menu teristimewa di tempat ini adalah sambel belut yang diuleg dengan garam, cabai hijau, kemangi, jeruk peruk, serta bawang putih. Tidak hanya itu menu ini juga memiliki cita rasa spesial penggunaan kencur pada bumbu pelengkapnya.

Suasana warung ini sangat ramai di kunjungi saat hari-hari libur, berada di pinggiran pedesaan membuat hati nyaman kala kamu menanti hidangan antrian yang begitu panjang. Jangan khawatir untuk tidak menemukan tempat ini, kuliner ini sudah mahsyur di kalangan masayarakat Jogja.

3. Bakso Ironayan, Kuliner Pedesaan yang Ramai dikunjungi Oleh Pegawai Pabrik

Selesai mencicipi Sambel Welut Pak Sabar, jangan lewatkan untuk mencicipi Bakso Ironayan. Beralamat di dusun Ironayan, Ngipik, Banguntapan Kabupaten Bantul. Kuliner ini terbilang mblusuk.

Meskipun demikian, bakso ini termasuk dari 10 bakso yang paling banyak di buru penduduk lokal. Jangan ditanya jika banyak pelanggannya yang berbaju seragam, dari pekerja pabrik hingga karyawan finance memilih tempat ini untuk dijadikan tempat makan saat jam istrahat kantor.

Bakso Ironayan juga bisa disebut sebagai Bakso Pak Jam. Kamu dapat memesan satu porsi Bakso Ironayan, kemudian akan disuguhkan bakso sapi lengkap dengan tahu, bakso goreng krispy, mie, dan juga sayur. Selain tiu, tekstur bakso yang disajikan sangat lembut dengan cita rasa yang lezat. Karena bakso ini dinamai sesuai dengan letaknya di desa, jadi harganya pun terbilang sangat murah.

4. Bakmi Mbah Mo, Rela Ngantri demi Lezatnya Aroma Arang dalam Bakmi

Kuliner tersembunyi selanjutnya adalah Bakmi Mbah Mo. Terletak di Desa Code, Trirenggo, Bantul – Yogyakarta, Bakmi Mbah Mo merupakan masakan Jawa yang telah dikenal masyarakat Jogja sejak 1986 silam. Tak heran jika ini sangat digemari oleh pecinta bakmi.

Rasa gurih yang khas, hadir dari mie kuning yang dicampur mihun dibalut dengan telur bebek serta dilengkapi dengan dengan kaldu ayam. Tidak hanya itu, cita rasa khas makanan ini bersumber dari pengolahan makanan yang di masak di atas sebuah tungku bara api.

Karena proses pembuatanya satu persatu, maka jangan heran jika makanan yang kamu pesan sedikit membutuhkan waktu yang lama. Bagi kamu yang kebetulan berada di Jogja, jangan lupa untuk menyantap kuliner wajib ini.

5. Ayam Goreng Mbah Cemplung, Tekstur Daging yang Lembut tidak didapatkan di Tempat Lainnya

Cita rasa Kuliner yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan, hidangan yang dihadirkan oleh Ayam Goreng Mbah Cemplung sangat khas dengan rasa asin serta rasa gurih yang lebih mendominasi di setiap tekstur dagingnya. Kuliner yang berlokasi di Sendang Semanggi, kab Bantul, DIY ini menggunakan ayam kampung sebagai menu utama.

Jika sebagian olahan ayam kampung terkenal ber-tekstur keras, namun jangan salah dengan olahan ayam di warung ini, karena tidak demikian. Jenis potongan ayam kampung di warung ini pun tidak sebesar daging ayam pada umumnya namun hal itu tidak menyurutkan tenggorokan pengunjung. Terbukti tempat ini slalu ramai oleh penikmat wisata kuliner.

Ayam Goreng mbah Cemplung Memiliki cita rasa yang berbeda dengan tempat lainnya. Di tempat ini, selera makan kamu akan bertambah saat mencicipi sambel ayam dan nasi kepul yang dihidangkan bersamaan dengan ayam kampung ini.

Makanan ini dilengkapi dengan pilihan sambel dan menu lainnya, sebut saja ada tempe bacem yang juga menjadi kuliner khas di jawa. Kuliner ini berdekatan dengan tempat wisata belanja yaitu desa wisata kasongan, sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang berliburan di sini.

Demikianlah 5 Kuliner Tersembunyi Jogja yang Harus Kamu Coba saat Berlibur di Kota Ini. Selamat Menikmati!!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here