3 Kuliner Enak di Bandung yang Tidak Boleh Dilewatkan Traveller Sejati

466
Kuliner Enak di Bandung

Arwini.com – Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, Bandung menawarkan sejuta pesona bagi siapapun yang mengunjunginya. Termasuk dalam hal kulinari, dimana Bandung merupakan kota yang terkenal lewat makanan-makanan khasnya.

Loading...

Ada beragam kuliner enak di Bandung yang sangat disukai tidak hanya oleh warga Bandung tapi oleh pendatang dari luar kota. Selain suasananya yang sejuk dan asri, Bandung juga juara soal menghasilkan kreasi-kreasi makanannya.

3 Daftar Kuliner Enak di Bandung

Banyak warga non-Bandung sangat merindukan makanan khas Bandung saat pulang ke kotanya. Untuk menjawab rasa penasaran anda soal kuliner enak di Bandung, berikut  3 kuliner enak di Bandung.

  1. Colenak

Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Bandung namun tak mencicipi kuliner satu ini. Colenak atau ‘cocol enak’ merupakan kuliner khas Bandung yang sangat disukai oleh warga Bandung maupun non-Bandung.

Kuliner satu ini menggabungkan peuyeum (tape singkong) dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dengan gula merah. Dengan uniknya rasa peuyeum yang dicampur dengan gula merah pilihan, menjadikan colenak sebagai salah satu kuliner paling favorit yang dimiliki Bandung.

Uniknya makanan ini bukan jenis makanan baru, melainkan makanan yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu di tanah priangan. Peuyeum yang dibakar lalu diolesi dengan saus gula merah mempunyai sensasi kenikmatan tersendiri. Untuk menemukan kuliner enak di Bandung satu ini, anda harus sedikit berusaha lebih keras, karena colenak tidak dijual di sembarang tempat.

Colenak Kuliner Enak di Bandung
Colenak Bandung
  1. Nasi Cikur

Kuliner khas Bandung selanjutnya adalah nasi cikur. Sesuai namanya nasi cikur merupakan makanan khas tanah priangan, dimana cikur yang berarti kencur. Lewat rasanya yang eksotis karena dominasi kencur dibalik nasi, membuat nasi cikur sangat digemari sebagai kuliner wajib ketika berkunjung ke kota Bandung.

Sebenarnya sangat sederhana sekali dalam pembuatan nasi cikur ini, dimana penggunaan cikur lebih dominan dibanding rempah-rempah lainnya. Untuk lebih menambah rasa dari nasi cikur biasanya di mix dengan ayam goreng, sayur, gepuk, lalapan dan sambal. Tempat wisata kuliner paling populer dalam menyediakan nasi cikur terletak di Dago Resort, yaitu Warung Inul.

Nasi Goreng Cikur Kuliner Enak Di Bandung
Nasi Goreng Cikur
  1. Batagor Bandung

Bandung juga sangat dikenal lewat batagor Bandungnya. Mulai dari yang low-class hingga high-class sangat menggemari kuliner Bandung satu ini. Rasanya yang garing-garing lembut yang dicampur dengan saus kacang dan kecap manis membuat batagor Bandung menjadi salah satu kuliner paling diburu di Bandung.

Batagor sendiri merupakan akronim dari ‘baso tahu goreng’, yang pasti penyajiannya menggabungkan sensasi garing dan lembut secara bersamaan. Batagor itu sendiri biasanya terbuat dari olahan tepung dan daging ikan.

Batagor yang paling populer di Bandung yaitu Batagor Kingsley, Batagor Abun, dan Batagor Riri. Bagi anda yang ingin liburan ke Bandung, pastikan untuk mencicipi kuliner enak Bandung satu ini.

Kuliner Batagor Bandung
Batagor Bandung

Selain ke 3 kuliner enak di Bandung diatas tersebut, masih sangat banyak lagi kuliner khas Bandung lainnya. Seperti yang orang-orang kenal bahwa kuliner khas Bandung mengedepankan kesederhanaan dan rasa yang to-the-point.

Bahan-bahan yang simpel dan sehat membuat kuliner khas Bandung disukai banyak orang. Jangan lupa bagi anda yang akan berlibur ke kota Bandung untuk browsing sebentar untuk melihat-lihat kuliner enak Bandung apa saja.

Selain beraneka, biasanya kuliner enak khas Bandung dijual di lokasi-lokasi tertentu, pastikan anda menemukan 3 kuliner enak di Bandung yang telah disebutkan diatas.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here