Catat, Kategori Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa!

2550
Kategori Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Arwini.comKategori makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa memang sangat diperlukan agar tidak berdampak negatif untuk tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam berbuka puasa sebaiknya hindari yang makan terlalu berlebihan banget.

Jika makan yang terlalu berlebihan pastinya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Sebab dalam berpuasa lambung kita kosong dan belum terisi sama sekali.

Hal itu harus dihindari sebab lambung yang kosong jika terlalu banyak diisi makanan akan berdampak buruk bagi tubuh kita.

Kebanyakan orang yang berbuka puasa dijadikan sebagai momen pembalasan dalam hal ini adalah sebagai balas dendam sebab seharian tidak makan maupun minum.

Makan-makanan seperti gorengan yang terlalu banyak, itu juga tidak baik dalam kesehatan tubuh kita.

Sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan baik bagi tubuh kita. Maka Anda harus tau beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa agar tubuh tetap sehat selama menjalani puasa.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari ketika Buka Puasa

Jenis Makanan yang Harus Dihindari ketika Buka Puasa

1.Makanan pedas
Makanan yang terlalu pedas ini juga merupakan kategori makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Dalam hal ini membuang lambung panas dan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh jadi harus dihindari.

Meskipun makanan yang pedas ini adalah dapat menggugah nafsu makan Anda menjadi lebih baik, namun Anda juga harus menguranginya sebab makanan yang pedas ini dapat merusak dinding lambung Anda.

2.Makanan berlemak
Lemak adalah hal yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, sebab lemak adalah unsur yang penting dalam proses berlangsungnya kesehatan dalam tubuh.

Akan tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi lemak yang berlebih itu juga tidak baik, sebab lemak yang berlebih juga dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh.

Makanan yang mengandung lemak seperti jeroan, makanan yang bersantan ataupun gorengan. Dalam hal ini harus dihindari sebab lemak sangat sulit untuk dicerna jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak.

3.Makanan yang terlalu manis
Ketika berbuka puasa memang saatnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis. Akan tetapi dalam mengkonsumsi makanan yang manis janganlah asal memakan tanpa memperhatikan kualitasnya.

Makanan yang manis itu makanan yang terbuat secara alami seperti kurma ataupun pemanis alami dan juga lebih baik buah-buahan.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang terlalu manis, maka akan mengakibatkan penyakit diabetes dalam tubuh kita.

Sebaiknya dihindari dan jangan asal makan saja, meskipun makanan manis dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh yang hilang secara cepat.

Selain makanan yang manis terdapat juga minuman yang manis.dalam hal ini adalah seperti teh maupun kopi.

Ketika berbuka puasa hindarilah dua minuman tersebut sebab dapat membuat cepatnya metabolisme di dalam tubuh Anda. Bahkan Anda cepat merasa haus meskipun Anda tidak merasa dehidrasi.

Selain teh dan kopi, minuman es juga dilarang diminum saat berbuka puasa. Dalam hal ini dapat membuat perutku kita merasa kenyang. Meskipun kita belum makan asupan pokok yang penting dalam tubuh kita.

4.Sayuran
Sayuran memang sangat baik bagi tubuh untuk mengembalikan zat-zat besi pada tubuh. Sebab tidak juga sembarang sayuran yang baik dikonsumsi bagi tubuh seperti sayuran brokoli, maupun sayuran kol, kubis bahkan bawang.

Karena sayuran seperti ini mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi bagi tubuh kita. Oleh sebab itu konsumsilah sayuran yang berserat tinggi bukan yang memiliki kandungan asam yang tinggi saat berbuka puasa.

5.Makanan yang banyak mengandung merica
Makanan ini juga merupakan yang panas dalam lambung jika dikonsumsi terlalu banyak. Sebab seperti mengkonsumsi makan-makanan yang pedas akibat cabe, akan tetapi pedas yang tidak baik juga berasal dari merica.

6.Minuman beralkohol dan bersoda
Minuman beralkohol dan bersoda ini juga tak baik bagi perut yang masih kosong. Sebab lambung kita nanti merasa shock atau kaget. Dalam hal ini minum-minuman ini adalah minuman yang sangat tidak baik bagi tubuh kita.

Sehingga Anda bisa mengonsumsi makanan yang sehat yaitu makanan yang baik bagi tubuh ketika berbuka puasa.

Apa saja makanan yang baik bagi tubuh Anda jika dikonsumsi saat berbuka puasa? Yaitu makanan seperti makanan yang mengandung karbohidrat yang kompleks yang dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama seperti contoh mengonsumsi beras merah.

Selain itu juga makanan seperti makanan yang dipanggang seperti ayam panggang, lele panggang ataupun makanan yang lainnya yang terpenting dipanggang.

Terdapat juga makanan seperti dikukus seperti roti kukus ataupun makanan yang lainnya itu juga lebih baik daripada makanan yang terlalu mengandung banyak lemak seperti di goreng.

Makanan yang direbus juga makanan yang sehat. Sehingga makanan ini tidak merusak lambung kita. Lambung adalah organ tubuh yang harus dijaga oleh karena itu harus diberi makanan yang sehat pula.

Makanan yang mengandung rasa manis secara alami juga harus di konsumsi. Dalam hal ini makanan yang manis-manis ini adalah makanan yang baik, asalkan jangan manis akibat dari zat-zat kimia.

Itulah beberapa kategori makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Konsumsilah makanan yang sehat dan jangan berlebihan agar tubuh Anda tetap sehat dan terjaga. Semoga bermanfaat!

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here