Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah O, A, B, dan AB

1660
Cara DIet dengan Golongan Darah
Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah

Arwini.com –  Telah tersebar berbagai macam cara untuk mendapatkan kesehatan dengan mudah dan gratis. Cara tersebut ditempuh dengan berbagai macam program diet, ada yang membiasakan diri dengan olahraga, hingga membatasi diri pada makanan tertentu.

Salah satu proram diet yang tidak diketahui oleh masyarakat awam dan cenderung banyak dicari belakangan ini adalah adalah diet sehat golongan darah. Program diet, menimbulkan berbagai spekualif tentang “apakah diet dengan cara ini dapat dipercaya atau tidak”

Penulis mempercayai bahwa segala program diet yang dapat dilakakukan dengan mudah tanpa menimbulkan kegelisahan dan bahaya adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh ideal.

Jika anda merasa butuh dengan segala informasi seputar diet sehat, maka anda perlu mencoba beberapa tips diet sehat termasuk diantaranya menurunkan berat badan dengan memperhatikan golangan darah.

Fakta seputar Diet dengan Metode Golongan Darah

Ada banyak perbincangan seputar diet dengan mengperhatikan golongan darah, ada yang berkata sangat efektif untuk menghilangkan sebagian lemak, ada juga yang berpendapat tidak akan memberikan pengaruh lebih terhadap perkembangan tubuh ideal yang diinginkan.

Dari kesimpansiuran tersebut, kita sebaiknya mencari fakta yang terjadi dilapangan. Sehingga kita tidak khawatir untuk melakukan beberapa kegiatan diet di rumah.

Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp. GK, Seorang pakar Spesialis Gizi Klinik dan Nutrisi menyebutkan bahwa Diet golongan darah masih menjadi kontroversi hingga saat sekarang ini. Karena minimnya penelitian yang dilakukan hingga belum diakui oleh ahli kesehatan seperti dokter pada umunya.

Salah satau penelitian yang pernah dilakukan adalah menggunakan 2 sampel. Pertama diet dengan metode biasa, dan kedua diet dengan memperhatikan golongan darah.

Setelah ditelusuri ternyata penelitian ini hanya bersifat pribadi atau hanya berdasarkan pengalaman yang tidak dikuatkan dengan beberapa percobaan, sehingga diet dengan cara “berdasarkan pengalaman” menurut pakar diet hanya bersifat boleh tanpa ada keharusan mengerjakan atau tidak mengerjakan.

Dr. Samuel pun menambahkan bahwa diet yang paling utama dan banyak dianjurkan oleh dokter adalah diet dengan cakupan makanan yang cukup serta nutrisi yang seimbang.

Diet dengan cara tersebut membuat sebagian orang bosan sehingga mencoba cara lain dalam menjalankan aktivitas diet. Dari kesekian banyak metode malakukan perampingan tubuh.

Umumnya mereka menimbulkan sebuah metode yang tidak didapati pada metode lain, yang membuat banyak orang merasa penasaran dan ingin mencoba cara tersebut, demi mendapatkan tubuh ideal yang dicita-citakan.

Penekenan terhadap diet sehat berdasarkan golongan darah tubuh lebih banyak memperhatikan asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Logika yang paling sederhana yang diungkapkan oleh Dr. Samuel adalah: Orang yang memiliki masalah dengan berat badan dan menerapkan diet dengan metode golongan darah diasumsikan akan mengkonsumsi banyak makanan tanpa adanya proses pembakaran energi.

Jika kelebihan energi tanpa adanya proses pembakaran akan berakibat pada berat badan yang masih tetap dan cenderung akan bertambah.

Contoh paling sederhana ketika mengkonsumsi jenis makanan yang cocok dengan golongan darah O, padahal jenis makanan tersebut malah berpotensi menambah lemak di tubuh maka hal itu akan berpengaruh sebaliknya, tidak mengurangi malah menambah gelambir lemak.

Menu Sehat Alternatif Utama dalam Diet Berdasarkan Golongan Darah

Dalam menjalankan program diet dengan golongan darah, ada 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu pertama, makanan yang sangat baik bagi diet, Kedua, makanan yang tidak memberikan pengaruh dan terakhir makanan yang harus ditinggalkan.

Sudah barang tentu makanan yang sangat baik menjadi prioritas utama dalam melakukan program diet, makanan yang tidak memberikan pengaruh hanya bersifat sunnah dan makanan yang harus dihindari adalah makanan yang haram di konsumsi.

Berikut kami akan sebutkan ketiga kategori tersebut berdasarkan golongan darah

Golongan Darah O

Perbanyak jenis makanan seperti seafood, sayur mayur, dan protein heawani yang tinggi yang dapat anda temukan di lingkungan sekitar. Untuk meminimalisir resiko terserangnya penyakit lambung, hindari makanan seperti sayuran yang mengandung lektin, jamur, kentang, terong, Selain itu makanan tersebut berpotensi menimbulkan alergi dan rasa nyeri pada lambung.

Dalam menjalankan program diet menggnukanan golongan darah, dianjurkan untuk olahrag seperti bersepeda, renang, jogging dan laitahn kardio.

Golongan Darah A

Diet dengan golongan darah A dianjurkan lebih cenderung mengkonsumsi buah dan sayuran, Sehingga ada ungkapan yang sering terdengar golongan darah A lebih cocok menjadi vegetarian.

Beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan tinggi lemak, amakan tinggi karbohidrat, keju, es krim dan susu. Dalam memakmsimalkan penurunan berat badan penderita obesita golongan darah dianjurkan jg melakukan olahraga ringan seperti outdoor, taichi dan berjalan santai.

Golongan Darah B

Anda boleh berbangga jika memiliki golongan darah ini, anti bodi yang tinggi akan menghindarkan anda dari berbagai penyakit. Dari sekian banyak makanan yang ada di bumi ini, pemilik golongan darah B dianjurkan untuk mengkonsumsi wortel, brokoli, susu, ikan laut, keju dan yogurt.

Selain makanan tersebut ada beberapa makanan yang harus dihindari, yaitu bebek, ayam, kacang tanah, belimbing, jagung, pir, air soda dan olahan gandum karena beresiko pada serangan jantung. Untuk mengimbangi diet yang anda lakukan, iringi dengan olahraga yang teratur untuk menjaga kestabilan tubuh.

Golongan Darah AB

Dari kata A dan B yang menjadi AB sudah barang tentu ada yang beranggapan memiliki kemiripan. Memang benar, golongan darah ini menjadi perantara golongan dara A dan B yang digabung menjadi satu yang memiliki keunikan dan dibalut dengan hal misterius.

Orang yang memiliki golongan darah ini dapat menyesuaikan dengan berbagai makanan, shingga memudahkan orang melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi aneka macam sayuran, daging dan buah buahan.

Dikarenakan golongan darah ini dapat mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan, Pemilik golongan darah ini tidak diperkenankan juga hanya mengkonsumsi jenis makanan tertentu tanpa mengkonsumsi makanan lain, seorang yang pandai dalam menyeimbangkan makanan yang mereka konsumsi akan dipermudah dalam melakukan program diet sukses.

Baca Juga: 4 Latihan Ringan untuk Menghilangkan Lemak di Tubuh

Di antara makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi pemilik golongan darah yang sedang berdiet yaitu ikan tuna, krim asam renda kalori, susu kambing dan buah anggur merah, makanan yang sebaiknya dihindari yaitu pisang, air soda kepiting dan beberk. Lakukan olehraga seperti yoga dan jogging secara teratur.

Diet Golongan Darah A dengan Menu Makanan Sehat

Strategi dalam mengkonsumsi makanan sehat untuk melakukan diet golongan darah A menimbulkan perbedaan, ada yang mengatakan diet dengan cara tersebut sangat efisien, kurang bagus untuk diterapkan dalam keseharian hingga tidak memberikan efek terhadap kondisi tubuh.

Program diet makanan sehat golongan darah A akan berjalan secara baik dan menampakkan hasil yang maksimal jika memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan tersebut harus bersinergi dengan golongan darah yang dimiliki untuk memudahkan program diet yang dijalankan.

Selain memperhatikan asupan nutrisi dan gizi, diet sehat juga harus dibarengi dengan olahraga ringan yang tidak memberatkan. Jika beberapa langkah diet sehat untuk golongan darah dilakukan secara benar dan dibawah pengawasan ahli kesehatan, maka akan membuahkan hasil yang hendak kita capai (Tubuh Sehat Dengan Diet Yang Benar).

Salah seorang spesialis gizi memberikan penjelasan mengenai pengaruh mengkonsumsi makanan sehat berdasarkan golongan darah. Ia berpendapat bahwa cara tersebut dapat merubah sistem pencernaan yang sangat berpengaruh pada perkembangan tubuh. Kualitas makanan seorang individu memiliki ketergantungan terhadap golongan darah yang ia miliki.

Jika makanan yang dikonsumsi sesuai dengan jenis golongan darah tertentu maka akan berpengaruh baik pada diri sendiri, begitu juga sebaliknya. Lectin adalah satu zat yang dapat mengenali hingga memastikan jenis makanan sehat yang cocok dengan golongan darah tertentu.

Biasakan dalam kehidupan anda untuk melakukan diet sehat dengan membeli serta mengkonsumsui asupan nutrisi seimbang dan cukup. Makanan untuk diet sehat berdasarkan golongan darah A sudah barang tentu menimbulkan cara baru untuk melakukan segala aktivitas.

Golongan darah A memiliki pembawaan karakter bagus yang ia miliki. Di antara sifat-sifat yang dimilikinya adalah sensitif, kreatif hingga karakter Ulet. Ulet diartikan sebagai orang yang mampu memecahkan berbagai jenis masalah. Beberapa makanan sehat untuk diet yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki golongan darah A:

Kcang Tanah, Kacang Buncis, Kacang/Susu Kedelai.
Bayam, Tempe, Siput, Brokoli, serta Wartel
Tahu, Ikan Mas, Ikan Sardine.
Jus Nanas, Sitrun/jeruk Limau, Mangga, Pisang, Bluberi.
Makanan yang di larang untuk diet golongan darah A

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa golongan darah A memiliki kecenderungan untuk selalu beraktivitas dan melakukan berbagai macam kegiatan yang ia suka.

Orang yang bekerja kantoran akan memperhatikan jenis sayuran maupun buah-buahan di dekat kantor. Sehingga kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan sehat, sedikit tidaknya akan berpengaruh pada situasi dan kondusi yang berada di sekitar pelaku diet sehat.

Daftar Makanan untuk untuk Diet Darah A

Susu murni, es krim, santan/kelapa, susu sapi, air soda
Gurita, cumi, kodong, udang, belut, lobster, dan kepiting
Melon, acar, pepaya, madu, jeruk serta pisang raja,
Kelinci, ayam hutan, anse, domba, sapi, serta bebek
Kentang, mentega, ubi keju, pare, serta tomat.

Penurunan maupun penambahan berat badan dengan memperhatikan golongan darah sudah barangtentu tidak akan berjalan jika tidak dilakukan secara serius, terkadang mengikuti anjuran memakan makanan yang cocok namun di lain waktu malah melanggar peraturan tsb, hal itu tidak akan berdampak baik pada perubahan tubuh ideal anda.

Baca: 12 Panduan Diet Malam Hari dengan Minuman dan Makanan Rendah Lemak

Begitu juga dengan program diet lain yang dikolaborasikan dengan diet sehat golongan darah A, Ab, O, selama tidak membahayakan kesehatan bagi penderita diet maka lakukanlah secara bersamaan. Semoga bermanfaat

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here