9 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Stres dengan Cepat

6140
Cara Mudah Menghilangkan Rasa Stres dengan Cepat

Arwini.com – Kondisi stress bisa dialami oleh siapa saja dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Di antara permasalahan stres yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah stres karena pikiran, stres cinta ditolak, stres pekerjaan akan deadlie, stres gangguan hamil, stres belajar berlebihan, stres menjelang menikah, dll.

Untuk mengatasi stres tentu dibutuhkan cara-cara tertentu sehingga pikiran kembali fresh dan mood kembali positif.

Managemen stres dapat diawali dengan melakukan aktivitas bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun aktivitas ini tidak serta merta dapat mengurangi rasa stres bila tidak diimbangi dengan beberapa langkah atau kebiasaan yang dibangun sejak awal. Untuk itu perlu menghindari beberapa pemicu umum stres timbul dalam kehidupan sehari-hari.

5 Pemicu Umum Timbulnya Stres Berat Manusia 

1. Kemarahan Memuncak

Seorang yang memiliki masalah yang sulit teratasi akan memikirkan hal-hal yang tidak sepantasnya terjadi. Dari pemikiran ini mereka akan semakin mudah marah, terlebih lagi mereka menghubungkan berbagai macam peristiwa yang dikaikan satu dengan lainnya.

Bagi mereka yang tidak dapat mengontrol kemarahan akan sulit berpikir. Proses kesulitan berpikir inilah yang menimbulkan perilaku stres. Jika Anda memiliki tingkat kemarahan yang tinggi, kami menyarankan untuk tidak mempersoalkan hal-hal sepele.

2. Kesibukan Berlebih

Banyak di antara kita yang menganggap mampu mengerjakan semua hal tanpa mempertibangkan faktor-faktor yang akan terjadi di kemudian hari.

Mereka beranggapan mampu menangani berbagai macam masalah dengan sendirian. Padahal jika diperhatikan pekerjaan yang kita lakukan belum tentu berjalan sesuai harapan.

Semakin hari semakin banyak persoalan yang akan dihadapi. Saat seorang tidak dapat membuat jadwal yang baik maka resiko stres tidak dapat dihindari. Coba dibayangkan jika semua aktvitas kita memiliki masalah yang harus di pecahkan.

3. Tidak Refresing

Sebenarnya faktor ini berkaitan dengan faktor-faktor di atas. Jika seorang memiliki kesibukan padat dan tidak menyisihkan sedikit waktu untuk menenangkan diri, merubah suasana hati, menghilangkan pemikiran seputar pekerjaan maka ia akan menimbulkan perasaan stres secara berkala.

4. Interaksi Membahayakan

Interaksi merupakan kewajiban dalam tatanan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai sosial. Berbeda dengan interaksi yang dapat merugikan maka perlu dihindari. Dengan menambah masalah dengan berbagai orang akan membuat pikiran semakin kacau. Stres pun tidak dapat dihindari.

5. Memendam Masalah

Ini merupakan faktor yang paling banyak di hadapi oleh beberapa penderita stress. Mereka tenggelam dengan masalah mereka. Padahal jika Anda menceritakan masalah yang sedang dihadapi maka dengan tidak sengaja beban pikiran Anda terkurangi.

Cara Mudah Menghilangkan
Rasa Stres dengan Kebiasaan Sehari-hari

Dilansir dari dummies.com, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stress yang melanda.

1. Pola Hidup Sehat

Saat tubuh sedang mengalami stress, seseorang bisa cenderung ingin banyak makan atau justru tidak ingin makan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa berpengaruh buruk pada kondisi stress, oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat bisa membantu tubuh dalam mengatasi stress. Selain itu melakukan olahraga secara teratur juga bisa bermanfaat untuk mengatasi stress secara lebih efektif.

Istirahat yang cukup akan berpengaruh baik pada kemampuan Anda mengatasi stress.

Saat tubuh kurang tidur maka cenderung lebih mudah mengalami kelelahan dan kehilangan energi yang menyebabkan stres ringan berdatangan. Adapun waktu ideal yang dibutuhkan untuk tidur sekitar 7-8 jam sehari.

Beberapa orang mencoba untuk menghilangkan stres dengan mengkonsumsi alkohol atau bahkan obat-obatan. Mencegah stres dengan metode ini akan barakibat fatal yang berdampak pada kematian.

2. Bercengkrama

Bercengkrama adalah salah satu tips sederhana menghindari stres. Dengan melihat senyuman anak, belaian istri, menikmati kegiatan keluarga akan mengurangi beban yang kita alami selama ini.

Selain itu, mengajak keluarga ke berbagai tempat wisata merupakan langkah yang baik untuk membangun keharmonisan keluarga.

Keluarga merupakan bagian dari hidup Anda yang paling mengetahui tentang Anda. Menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta akan membuat hidup Anda lebih bermakna.

Membangun kebersamaan bersama teman atau sahabat juga bisa menjadi cara ampuh bagi Anda untuk mengelola stress yang tengah dihadapi.

3. Curhat dan Tukar Pikiran

Tidak dapat dipungkiri bahwa tukar pikiran adalah obat jitu meredakan stres. Sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas, salah satu faktor terbesar dalam timbulnya stres adalah memendam masalah yang sedang dihadapi.

Hal tersebut akan membuat masalah semakin menumpuk tanpa ada peyelesaian lebih lanjut. Dengan menceritakan permasalahan yang kita hadapai kontan akan mengurangi sedikit beban yang kita pikul.

Anda bisa bertukar pikiran ataupun mendisukusikan permasalahan yang tengah dihadapi kepada keluarga, teman, atau sahabat Anda.

Sedangkan memendam permasalahan seorang diri tanpa membicarakannya dengan orang yang terpercaya justru akan membuat kondisi stress yang dialami semakin buruk.

4. Meditasi dan Bersantai

Untuk menghilangkan stres, Anda dapat memulainya dengan melakukan meditasi diri sendiri tanpa mengeluarkan biaya. Meditasi ini dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah sederhana berikut; tutup mata dan mulailah dengan mengatur napas beraturan tanpa tergesa-gesa.

Hiruplah udara secara perlahan dan keluarkan secara perlahan. Lakukan cara ini dalam posisi duduk selama 10-15 menit tiap hari.

Beberapa orang memili cara bersantai untuk mengisi kekosongan, hal ini akan bermanfaat untuk menetralisir stress yang sedang dialami.

Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kebiasaan yang sering Anda alami untuk dilakukan untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

Beberapa kebiasaan tersebut antara lain berendam dengan air hangat, mendengarkan musik, berjalan-jalan, menikmati minuman hangat, membaca buku, melukis, memainkan alat musik atau bahkan melakukan meditasi.

5. Game dan Humor 

Anda bisa menertawakan diri sendiri untuk sekedar meredakan stress yang tengah dialami. Tidak perlu terlalu serius dalam menghadapi stress karena hal itu justru akan memperburuk kondisi stress yang dialami.

Berpikir dengan lebih ringan akan membantu Anda mengatasi stress, bukankah semua orang memiliki masalahnya masing-masing?

Ada banyak permainan yang dapat menghilangkan stres, permainan oleh sebagian orang dianggap sebagai hal ekstrim bahkan kegiatan sia-sia.

Bagi kami hal tersebut akan sangat bermanfaat saat dilakukan dengan tujuan untuk merefresh beberapa kejenuhan atau kebiasaan berpikir saat kesibukan bertumpukan.  Tujuan permainan ini hanya untuk bersenang-senang yang dapat mengubah suasana hati.

6. Hindari Rasa Khawatir

Ada banyak masalah sepele dan tidak penting yang justru dipikirkan hingga dapat menimbulkan stress. Agar tidak terjebak dalam stress yang sebenarnya tidak perlu terjadi, sebaiknya Anda bisa memilih dan memilah jenis permasalahan yang penting dan tidak penting.

Dengan memahami permasalahan yang tengah dihadapi maka akan lebih memudahkan Anda untuk mengelola stress yang dialami.

7. Meredam Perasaan Marah 

Melatih kesabaran tentu bukanlah perkara mudah, namun dengan melatih diri mengelola rasa marah Anda akan cenderung terhindar dari rasa stress.

Biasanya kemarahan muncul karena pikiran atau harapan yang tidak terealisasi atau keinginan yang tidak sesuai harapan dan kondisi inilah yang akhirnya memicu terjadinya stress.

8. Mengatur Jadwal

Kemampuan untuk mengelola waktu secara lebih efisien bisa membantu Anda untuk mengatasi stress yang dialami.

Jika Anda bisa mengelola waktu dengan baik, maka hal itu menandakan bahwa Anda bisa mengontrol waktu yang dimiliki termasuk jadwal kegiatan yang teratur. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui ada tidaknya kebiasaan yang perlu diubah agar tidak menimbulkan stress.

9. Menjadi Diri Sendiri 

Menjalani kehidupan sebagai diri sendiri tentu akan lebih membahagiakan Anda daripada harus berpura-pura menjadi orang lain yang membuat pikiran justru tertekan dan stress.

Anda bisa menanyakan pada diri sendiri apakah hal yang sebenarnya diinginkan dalam kehidupan Anda dan apakah hal itu sudah berhasil dicapai?

Saat Anda merasa tertekan dan merasa paling menderita, di luar sana ada banyak orang yang memiliki masalah lebih besar dan mungkin lebih menderita daripada Anda.

Menjadi orang yang bersyukur bisa menjadikan Anda sebagai pribadi yang kuat dan terhindar dari stress yang merugikan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here