Cara Mudah Mengatasi Perasaan Lelah dan malas Saat Hamil

19868
Cara Mudah Mengatasi Perasaan Lelah dan malas Saat Hamil

Atasi Lelah dan Malas Saat Hamil – Alangkah menyenangkan memiliki kondisi tubuh bugar serta sehat selama kehamilan. Kondisi tubuh yang prima bukan hanya membantu dalam menjalankan segala aktivitas dengan baik dan benar, tetapi juga memberikan dampak baik pada perkembangan ibu hamil.

Keinginan tersebut ternyata hanya berjalan dalam waktu yang lama dan sering diiringi dengan perasaan lemas saat hamil. Entah hal itu dikarenakan aktivitas janin yang terdapat dalam kandungan ataukah faktor lain yang dipicu dari lingkungan sekitar.

Jangan berlarut-larut dengan perasaan tersebut, karena seorang ibu dituntut untuk melakukan kegiatan normal seperti biasa dan tidak berlebihan selama ia tidak membahayakan diri dan bayinya. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar otomatis perasaan malas dan lemas akan berkurang sedikit demi sedikit. Hal inilah yang akan menjadi prioritas dalam mencegah kebiasaan tersebut muncul.

Selama masa mengandung, bunda gampang malas, capek dan mengantuk. Hal tersebut sebenarnya umum terjadi selama kehamilan. Kelelahan tersebut biasa terjadi pada trimester pertama dan trimester ketiga. Ada beberapa metode untuk menjaga semangat serta memelihara kondisi tubuh selama kehamilan. Cara mengetasi efek kelelahan saat hamil:

1. Hindari Lelah dan Malas dengan Memperhatikan Nutrisi Tubuh

Asam folat adalah salah satu suplemen wajib yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat berguna untuk mencegah kelainan pada kandungan.

Menurut penelitian, hanya 30 % wanita yang mengkonsumsi asam folat dari 70 % wanita yang mengatahui fungsi suplemen ini. Selain Asam Folat, multivitamin khusus juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mineral (zat besi dan kalsium) serta vitamin pada tubuh ibu dan bayi.

Apapun jenis nutrisi yang harus dikonsumsi ibu hamil minimal mengandung asam folat dan DHA tinggi. Kedua suplemen ini dapat meningkatkan kecerdasan otak cabang bayi. Nutrisi apa yang dibutuhkan untuk menghindari lemas dan malas ketika mengandung? bunda bisa membaca tulisan vitamin dan suplemen khusus ibu hamil untuk mendapatkan gambaran apa saja yang direkomendasikan.

2. Menjaga Rutinitas Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Kebutuhan olehraga bagi ibu hamil tidak sebanyak dengan yang tidak hamil, tidak seberat dari orang yang sedang melakukan program diet.

Terlebih lagi jika olahraga tersebut tidak dikonsultasikan dengan dokter kandungan maupun ahli fitnes akan berdampak buruk bagi kesehatan. Lakukan olahraga ringan yang tidak membahayakan bunda dan bayi agar terhindar dari peresaan lemas dan malas saat hamil.

Ada banyak olahraga yang cukup aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga berbentuk peregangan serta latihan pernafasan adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Seperti senam hamil dan latihan ringan untuk kelancaran persalinan serta bebrapa olahraga lain yang tidak membutuhkan stamina lebih.

Pastikan untuk melakukan olahraga dalam keadaan tubuh yang tidak terlalu panas, letih, serta mengidap kelainan lain seperti nyeri perut, dll. Manfaat lain dari olahraga yang dilakukan pada trimester pertama adalah mengurangi resiko kehamilan prematur.

3. Menjaga istrahat yang Cukup

Istrahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Salah satu kebiasaan ibu hamil, melakukan aktivitas yang banyak untuk menyokong kehidupan baru sehingga menyebabkan perasaan menjadi lelah. Perasaan letih berpotensi mendatangkan kemalasan dan kelemasan yang berujung pada gangguan aktivitas.

Jika hal itu terjadi dibutuhkan waktu yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap satabil. Salah satu cara terbaik untuk menghindari perasaan lemas dan perasaan malas yaitu dengan memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin.

Semakin besar cabang bayi, seorang ibu semakin kesulitan untuk menemukan posisi yang cocok dan nyaman untuk tidur. Tidur dalam keadaan menyamping disertai dengan menekuk lutuk adalah posisi terbaik saat kehamilan.

Selain memperoleh posisi yang nyaman, gaya tidur tersebut pun membantu kerja jantung. Pembuluh darah yang ditekan oleh janin semakin mudah dalam mengedarkan darah ke jantung. Menghindarkan dari penyakit sembelit, kontisipasi, serta kaki bengkak.

4. Mengatasi Rasa Lelah dengan Makanan Pokok Ibu Hamil

Pada uraian di atas telah kami sebutkan bahwa memiliki tubuh yang ideal dan sehat berdampak baik pada kelahiran nantinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya badan yang sehat adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi bunda. Berikut beberapa makanan yang kami anjurkan untuk dikonsumsi:

  • Buah Jeruk

Buah jeruk sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam volat serta vitamin c dapat melawan kelelahan akibat aktivitas sehari-hari. Buah jeruk sangat mudah didapatkan, dengan harga terjangkau, dan terjual di beberapa tempat.

  • Seafood

Seafood adalah salah satu makanan yang diperlukan selama kehamilan. Jenis makanan ini memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak berbentuk omega 3. Konsumsilah dalam jumlah terbatas karena ditakutkan mengandung merkuri yang berbahaya bagi perkembangan janin.

  • Pisang

Pisang dapat dapat mencegah cacat lahir dan mengurangi nyeri tubuh. Buah-buahan seperti pisang kaya dengan vitamin serta memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil.

  • Bayam

Bayam adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin tinggi, Sayuran hijau ini kaya akan mineral, protein zat besi dan asam folat yang dapat meningkatkan hemoglobin serta dapat melawan rasa malas dan lelah saat hamil.

Konsumsilah Kacang merah, tahu, barley, wortel, lobak, delima, biji-bijian dan brokoli karena makanan tersebut kaya dengan asam folat dan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan dan perkembangan anak nantinya. Selengkapnya bisa bunda baca: daftar makanan sehat tiap trimester. Semoga bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here