7 Kuliner Terenak di Indonesia, Jangan Mengaku Pecinta Kuliner Jika belum Mencicipi Cita Rasa Masakan Khas Ini!

1184
Kuliner Terenak di Indonesia
Kuliner Indonesia

Arwini.com – Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan budaya dan tradisi yang beraneka ragam.

Tak heran jika negeri kita ini kaya akan kuliner lezat warisan nenek moyang dengan racikan bumbu yang bercita rasa mantap karena dimasak dengan berbagai jenis rempah di dalamnya.

Mungkin butuh waktu yang sangat lama untuk mengulas seluruh masakan asli Indonesia yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Dari sekian banyak ragam kuliner enak di Indonesia, berikut ini adalah 7 diantaranya.

1. Rendang

Rendang merupakan salah satu jenis kuliner lezat asli Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat.

Rendang dimasak dengan perpaduan antara santan, bumbu, cabai dan rempah-rempah yang cukup lengkap sehingga menghasilkan cita rasa khas rendang yang pedas.

Kuliner berbahan dasar daging ini dimasak dalam waktu yang cukup lama sehingga menghasilkan tekstur daging yang benar-benar empuk dengan bumbu yang meresap sempurna sehingga semakin terasa lezat di lidah.

Kelezatan rendang bahkan sudah populer hingga ke mancanegara terlebih ketika kuliner enak ini masuk peringkat pertama dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods” versi CNN International di tahun 2011.

2. Nasi Goreng

Meski dimasak dengan cara yang sederhana dan cukup mudah, namun nasi goreng menjadi salah satu jenis kuliner enak di Indonesia yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Cita rasa nasi goreng yang gurih dan enak menjadikan nasi goreng sebagai makanan terlezat kedua di dunia setelah rendang berdasarkan polling yang dilakukan oleh CNN International di tahun 2011 yang diikuti oleh 3.500 responden.

Nasi goreng menjadi salah satu jenis masakan yang bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya untuk menambah cita rasa dan kelezatan sesuai dengan selera.

3.  Soto Ayam

Soto ayam merupakan salah satu jenis kuliner dengan cita rasa lezat yang menggugah selera, dengan kombinasi rempah dan bumbu yang pas soto ayam banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia dengan ciri khas masing-masing daerah.

Beberapa diantaranya adalah Soto Betawi dengan kuah santannya yang gurih, Soto Banjar yang diperkaya dengan rempah kayu manis, cengkeh dan pala, Soto Lamongan yang bercita rasa unik dengan penambahan bumbu koya, Soto Sulung khas Surabaya, Soto Mie Bogor yang disajikan dengan bihun, mie kuning dan telur hingga Soto Pekalongan yang diperkaya dengan cita rasa tauco yang khas.

Jenis soto lain yang tak kalah lezatnya adalah Soto Jepara yang cukup unik karena ada penambahan kuaci di dalamnya.

Selain itu ada juga Soto Lenthok yang bisa dinikmati di Jogja dan sekitarnya dengan cita rasa lezat suwiran ayam kampung dan penambahan lenthok atau sejenis perkedel dari ketela.

Satu lagi jenis makanan berkuah yang ada di Makassar, yuitu Coto Makassar. Sejenesi soto yang berbeda dengan dengan lainnya, memiliki kekentalan kuah yang terbuat dari racikan rempah-rempah khusus.

4. Sate

Jenis kuliner enak yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di lidah kita, dengan potongan daging yang disusun rapi pada tusuk sate dan aroma daging yang dibakar seolah menjadi penambah cita rasa pada sate dengan kombinasi bumbu sate yang semakin menggugah selera.

Selain ayam, ada beberapa daging yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan sate seperti daging kambing, sapi hingga udang dan kelinci. Bahkan beberapa menu tak lazim juga sering menggunakan daging kuda, kura-kura, buaya dan ular sebagai sate yang tentunya memiliki segmen penggemar tertentu atau untuk alasan pengobatan.

Selain menggunakan bumbu kacang, sate juga bisa disajikan dengan bumbu kecap manis yang tak kalah enaknya.

Jenis sate yang ada di Indonesia pun cukup beragam, mulai dari Sate Madura yang sudah sangat populer, Sate Padang, Sate Buntel, Sate Lilit hingga sate telur puyuh dan jeroan yang unik.

5. Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda dengan cita rasa manis yang khas.

Gudeg biasanya disajikan dengan penambahan kuah santan kental yang gurih atau disebut dengan areh dan sambel krecek yang bercita rasa pedas, serta telur dan ayam kampung. Setidaknya ada tiga jenis gudeg, yaitu gudeg basah, kering dan gudeg Solo.

6. Ayam Taliwang

Kuliner enak asli Indonesia yang satu ini merupakan menu khas Taliwang, Sumbawa Barat, NTB yang sudah sangat populer di tanah air.

Penyajiannya yang dibakar dengan bumbu cabai merah dan kombinasi bumbu yang pas membuat masakan ini begitu lezat dan banyak diburu oleh traveller.

Baca Juga: 7 Kota Besar di Indonesia yang Banyak diburu Wisatawan karena Keunikannya

7. Bakso

Jenis kuliner enak ini sudah sangat populer di Indonesia sehingga bisa dengan mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan menggunakan bahan dasar daging sapi, menu sejuta umat ini banyak dibuat kombinasi baik dari segi bentuk, isian hingga penambahan bahan makanan lainnya yang semakin menggoda.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here