7 Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar (Sembelit) Pada Bayi dan Orang Dewasa

22670
Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar

Arwini.com – Buang Air Besar atau BAB adalah sebuah proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang telah diserap oleh tubuh kita.

Sistem pencernaan yang sehat salah satunya ditandai dengan BAB yang dilakukan setiap hari. Apabila 2 hari atau lebih kita sulit untuk BAB, hal itu tentu akan menjadikan perut pun terasa tidak nyaman sampai dengan dapat memicu terjadinya pendarahan di anus ketika BAB.

Nah, masalah ini tidaklah sedikit yang mengalaminya. hingga permasalahan pada sistem pencernaan itu harus segera diatasi.

Makanan yang lambat bergerak ketika melewati saluran pencernaan akan menguras air yang terdapat dalam usus besar sehingga kotoran tersebut berubah menjadi keras dan kering.

Penderita sembelit akan merasakan rasa sakit ketika akan buang air besar dan terkadang akan mencegah keluarnya gas.

Penyebab Susah Buang Air Besar Orang Dewasa dan Bayi

1. Makanan Rendah Serat

Makanan yang kaya dengan serat akan menghindarkan anda dari penyakit sembelit seperti sayur-sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.

Pemahaman ini tidak mengharuskan anda mengkonsumsi hanya makanan yang berserat tinggi atau tidak memberikan pemahaman bahwa dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang tidak kaya serat seperti makanan yang mengandung lemak (telur, keju dan daging).

Jika anda menderita penyakit ini maka langkah yang tepat adalah lebih mengutamkan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, begitu juga sebaliknya jika tidak menderita penyakit ini maka cara yang tepat adalah memberikan porsi yang sama.

2. Kurang Berolahraga

Olahraga merupakan kebutuhan bagi tiap individu. dengan membiasaka olahraga akan membrikan kesehatan bagi tubuh. Selain manfaat kebugaran dan kesegaran, olahraga juga dapat mencegah terkena sembelit.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang sering terbaring di tempat tidur tanpa melakukan olahraga akan beresiko menderita sembelit.

Orang yang terbiasa melakukaan aktivitas juga akan menghindarkan diri dari sembelit. Hal tersebut dapat dipahami bahwa ketika seorang aktif secara fisik maka proses metabolisme tubuh semakin tinggi sehingga membuat kerja orga semakin cepat.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar 
(Sembelit) Orang Dewasa

1. Minum Air Putih 

Air mineral adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk dikonsumsi agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jika mengonsumsinya dalam jumlah yang minim, maka masalah kesehatan pun akan mudah datang.

Salah satu masalah kesehatan yang muncul akibat kurangnya meminum air putih adalah susah buang air besar. Maka dari itu, karena meneguk air putih adalah cara yang begitu mudah untuk dilakukan, perbanyak volume air putih yang anda konsumsi agar proses pencernaan pun dapat lancar.

2. Buah dan Sayuran Berserat

Susah buang air besar juga bisa dikarenakan minimnya makanan berserat yang dikonsumsi. Memperhatikan makanan berserat sangatlah penting guna lancarnya sistem pencernaan kita.

Untuk anda yang memiliki masalah susah BAB, konsumsi lah buah dan sayur yang memiliki kandungan serat. Cukup banyak sayur dan buah dengan kandungan serat yang baik untuk kita konsumsi. Telah kami rangkum pada bagian akhir artikel ini.

3. Olahraga Rutin

Berolahraga yang rutin tidak harus berat. Hanya sekedar jongging, senam, ataupun hanya sekedar lompat tali, jika hal tersebut dilakukan secara rutin akan membuat kesehatan tubuh pun terjaga.

Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka kinerja otot-otot yang ada dalam usus akan dapat terangsang dan hal tersebut akan membantu tinja bergerak dan juga keluar. Setelah melakukan olahraga, imbangi juga dengan meneguk air putih paling tidak 2 gelas. Hal tersebut akan membantu melancarkan proses pencernaan.

4. Konsumsi Minyak Zaitun

Minyak Zaitun atau juga bisa disebutnya olive oil adalah salah satu bahan yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Namun, selain untuk kecantikan, Minyak Zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi proses pencernaan.

Susah buang air besar dapat diatasi dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Cara mengonsumsinya pun tidaklah susah. Anda dapat mencampurkan satu sendok minyak zaitun dengan satu jus lemon atau jus jeruk nipis sebanyak satu sendok teh saja. Alahkah lebih baik jika mengonsumsinya secara rutin di pagi hari.

5. Makan/Minum Hasil Fermentasi

Beberapa menu makanan atau minuman yang melalui proses fermentasi sudah banyak ditemukan. Mulai dari yang tersedia dalam kemasan, atau juga dapat memproses sendiri. Tempe dan juga Yogurt adalah contoh menu yang melalui proses fermentasi bakteri.

Menu tersebut memiliki kandungan vitamin, fosfor, yodium, riboflavin, dan juga kalium yang bermanfaat untuk tubuh. Bakteri yang terdapat pada yogurt bisa untuk menyeimbangkan mikroflora yang terdapat pada usus kita, sehingga mengonsumsinya sangatlah baik guna membantu melancarkan proses pencernaan.

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi Anda

Mungkin terdengar aneh yaitu buah hati anda menderita sembelit. Namun hal ini bisa saja terjadi ketika bayi sering menangis dan tidak diketahui penyebab pasti maka langkah terbaik yaitu memeriksakan ke dokter.

Kasus sembelit yang terjadi pada bayi disebabkan oleh si bayi tidak mengkonsumsi Asi Ibu sehingga masalah ini bisa saja terjadi. Tanda lain yang menyebabkan sembelit pada bayi yaitu mengerasnya perut bagian bawah. jika anda sudah memastikan bahwa bayi tersebut susah buang air maka ikuti beberapa langkah berikut:

6. Si kecil Kekurangan Cairan

Air merupakan cairan yang paling menyehatkan sehingga langkah pertama yang anda lakukan adalah menjaga asupan air pada bayi. jika si kecil tidak mengingkan air yang kita berikan maka anda dapat memberi sedikit variasi dengan memberikan jus apel untuk menambah rasa pada air tersebut.

7. Si Kecil Kekurangan ASI

Bayi akan terkena penyakit jika seorang ibu tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga ibu dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Sebagaimana yang disebutkan diatas banyak makanan yang mengandung mineral dan serat tinggi sehingga anda tidak perlu khawatir pada masalah ini jika si kecil mengkonsumsi asi.

Ragam Makanan Yang dapat Memperlancar Sembelit Orang Dewasa dan Bayi

1. Cincau

Kandungan yang terdapat dalam cincau yaitu memiliki kalori rendah dan berserat tinggi sehingga mampu mengatasi penyakit seperti sembelit, diare, demam hingga perut kembung. Manfaat lain mengkonsumsi cincau yaitu membersihkan zat karsinogen yang terdapat dalam organ pencernaan yang dapat menyebabkan peyakit kanker.

2. Pepaya

Pepaya memilki kandungan serat yang tiinggi dan kaya dengan vitamin c. dengan membiasakan memakan pepaya akan membuat ada terhindar dari penyaki sembelit.

Selain itu, buah pepaya mempunyai vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Selain menyehatkan mata, kandungan nutrisi yang ada didalamnya dapat mengatasi susah buang air besar.

3. Stroberi

Stroberi sangat efektif mengatasi masalah sembelit. Walaupun makanan ini susah didapatkan dengan harga yang rekatif tinggi tetapi dengan mengkonsumsinya akan mengurangi masalah anda.

Selain kaya dengan serat, strowberi juga memberikan manfaat untuk membersihkan gigi dan meredam demam yang bertindak sebagai astringen.

4. Pisang

Makan pisang setiap hari akan mengurangi kebiasaan anda terjangki penyakit sembelit. Pisang memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan anda. Dalam mengkonsumsinya pun anda dipermudah dengan dapat mengolah pisang dengan berbagai jenis masakan, seperti dijadikan pisang goreng, diberi santan, hingga di konsumsi tanpa diolah.

5. Aprikot

Aprikot adalah jenis buah dari spesies subgenus prem. Buah aprikot memiliki kandungan nutrisi yang banyak, mulai dari serat, karbohidrat, gula, protein, Beta karoten, lemak, zat besi, sampai dengan vitamin A dan juga Vitamin C. Manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi buah aprikot adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, kemudian juga dapat menjaga kesehatan mata.

6. Bayam

Makanan selanjutnya yang mengandung serat adalah sayur bayam. Selain mengandung serat, bayam juga mengandung zat besi. Serat dan juga zat besi yang dimiliki oleh bayam akan membantu untuk menyehatkan sistem pencernaan kita.

7. Wortel

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh wortel sangatlah banyak. Wortel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, serta vitamin C. Kemudian juga mengandung zat besi, kalium, serat, fosfot, kalsium, serta sodium.

Bagi wanita hamil, mengkonsumsi beberapa makanan di atas akan berdampak pada kelancaran BAB bayi. Analogi ini didasarkan pada asupan makanan ibu hamil akan mempermudah si kecial BAB saat Ia mengkonsumsi ASi dari ibu hamil.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sembelit Ibu Hamil

Masalah sembelit merupakan masalah sepele namun tetap akan membahayakan, jika tidak diatasi secara tepat. Berkonsultasi ke dokter adalah cara terbaik untuk mengatasi sembelit dan segala keluhan penyakit yang Anda derita. Semoga bermanfaat

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here