Yuk Kenali Ragam Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil

1557
Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil

Arwini.com – Kehamilan merupakan momen terbaik bagi ibu untuk mempersiapkan pertumbuhan janin agar menjalani proses tumbuh kembang yang optimal di dalam kandungan sehingga janin tumbuh sehat dan sempurna. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Mungkin di awal kehamilan ibu akan mengalami masa ngidam yang sering disertai rasa tidak nyaman akibat keluhan mual dan muntah, namun meski demikian tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh demi kebaikan dan kesehatan ibu dan bayinya. Lalu nutrisi seperti apakah yang penting untuk ibu hamil? Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak uraian berikut ini.

Apakah nutrisi itu?

Istilah nutrisi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, namun apakah sebenarnya nutrisi itu? Secara umum nutrisi bisa diartikan sebagai zat dan gizi yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh bisa bekerja menjalankan fungsinya dengan baik.

Sedangkan dari segi medis, nutrisi memiliki arti sebagai sebuah ikatan kimia yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi nutrisi sebagai sumber energi, dimana energi tersebut yang menjadikan makhluk hidup melakukan aktivitasnya.

Nutrisi disebut sebagai zat energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan kesehatannya, pertumbuhan serta membantu fungsi organ agar tetap normal.

Bagi ibu hamil, Kesehatan kandungan merupakan prioritas utama. Kegemaran untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan protein, vitamin, kalsium zat besi, hingga makanan yang mengandung energi (lemak) merupakan bukti keseriusan mereka untuk memberikan asupan gizi kepada calon bayi.

Mengkonsumsi makanan sehat adalah keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar. Ada banyak makanan yang dapat memberikan kesehatan dan kecerdasan bagi bayi begitu pula sebaliknya jika tidak selektif memilah makanan maka akan berdampak buruk bagi perkembangan janin dalam kandungan.

Wanita hamil membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup banyak dibanding dengan wanita yang tidak hamil. Sebagaimana yang pernah disebutkan oleh Dr. Widjaja Lukito, SpGk, PhD:

Asupan gizi pada ibu hamil akan memberikan dampak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan janin pada masa transgenerasi. karena gizi memiliki peran penting di setiap periode kehidupan anak yang berfungsi memperkecil gangguan kesehatan di masa yang akan datang.

Makanan Apa sajakah yang sebaiknya dijauhi oleh Ibu Hamil

Katakan no pada Makanan yang diolah tanpa memperhatikan kesehatan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan, daging tanpa lemak, buah-buahan, ikan, karbohidrat, dan sayur sayuran karena baik untuk perkembangan anak.

Walaupun hal tersebut dianjurkan namun cara pengolahanya juga harus diperhatikan. sehingga dapat dikatakan jika makanan yang kaya nutrisi sekalipun namun ketika diolah dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan maka hal tersebut harus dihindari.

Salah satu makanan yang harus anda hindari adalah gorengan yang terbuat dari tepung. Makanan lain seperti kacang rebus, sayuran segar dan ikan yang diolah secara baik akan memberikan nutrisi penting bagi ibu dan bayi.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lekukan olahraga ringan untuk kesehatan anda dan calon bayi anda baca: senam ibu hamil untuk melakukan latihan tiap harinya.

Selain memperhatikan asupan gizi diatas anda juga dilarang untuk makan secara berlebihan. menjaga berat bada bagi ibu hamil merupakan hal yang sangat penting. jika seorang menelan semua jenis makan hingga menyebabkan ia kelebihan berat badan maka akan menimbullkan resiko penyakit yang dapat membahayakan kesehatan bayi dan ibu.

Daftar Nutrisi yang penting untuk ibu hamil

Asupan nutrisi untuk ibu hamil akan selalu bertambah sesuai dengan perkembangan usia kehamilannya. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui jenis nutrisi apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan, agar ibu dan bayinya sehat hingga waktu kelahiran tiba, dan sesudahnya. Nah, berikut ini adalah ragam nutrisi penting yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil:

Vitamin A

Vitamin A berperan dalam pemeliharaan kesehatan mata, pertumbuhan kulit dan tulang serta imunitas. Namun penting untuk diperhatikan, konsumsi vitamin A tidak boleh berlebihan karena hal itu justru dapat mengganggu pertumbuhan janin. Adapun sumber vitamin A antara lain pepaya, wortel, buah naga, apel, pisang, tomat, umbi-umbian, dan lainnya.

Vitamin B

Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut di dalam air, dan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga metabolisme sel. Vitamin B bermanfaat dalam membantu pembentukan sistem pada organ jantung sehingga bisa berfungsi secara normal. Sumber vitamin B antara lain kacang-kacangan, kembang kol, beras merah, selada air dan lainnya.

Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat memiliki peran yang sangat penting untuk membantu penyerapan zat besi sacara optimal. Selain itu vitamin ini juga berperan penting dalam melindungi organ dan jaringan tubuh dari kerusakan.

Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam mengeluarkan racun tubuh, sehinga mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, dan melindunginya dari resiko serangan penyakit. Vitamin C dapat diperoleh dari aneka ragam buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, stroberi, pepaya, jambu biji, kiwi, dan buah lainnya.

Asam folat

Asam folat atau vitamin B9 merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Zat ini akan sangat berpengaruh dalam pembentukan sel dan sistem syaraf, dimana fungsi asam folat pada kehamilan yaitu membantu pembentukan sumsum tulang belakang dan tabung otak pada janin. Selain itu asam folat membantu dalam memproduksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah resiko anemia pada ibu hamil.

Zat ini juga bermanfaat dalam mencegah resiko bayi lahir dengan cacat tabung syaraf dan spina bifida atau kelainan pada tulang belakang. Bahkan asam folat juga bisa menurunkan resiko bayi llahir dengan keterbelakangan mental, anenchephaly atau kelainan pada otak, serta cacat fisik. Asam folat bisa diperoleh dari sayuran seperti bayam, kentang, tomat, sereal, jeruk,brokoli, asparagus, roti gandum dan telur.

Protein

Protein sangat penting untuk ibu hamil, karena zat ini berperan penting dalam pembentukan sel, otot dan jaringan tubuh pada janin. Konsumsi protein selama kehamilan dapat membantu pertumbuhan organ janin. Adapun sumber protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, telur, daging, ikan laut dan ikan tawar, tahu, tempe dan susu.

Perbanyak Protein, sebagaiman yang telah kita ketahui bersama bahwa protein dapat menjaga sel dan memperbaiki sel rusak. protein yang dibutuhkan oleh wanita yang mengandung sangat banyak sehingga dianjrkan untuk memperbanyak mengkonssumsi telur, daging, dan tempe.ari seperti tempe, tahu, telur dan daging.

Zat Besi

Selain protein, zat besi juga sangat berpengaruh dalam pembentukan sel darah merah pada janin sehingga dapat menghindarkan bayi penyakit anemia. salah satu makanan yang kaya dengan zat besi adalah sayur bayam.

Kalori

Pada masa kehamilan seorang ibu juga memerlukan tambahan kalori agar bisa tetap berenergi dalam menjalankan aktivitasnya dan tetap bugar hingga saatnya melahirkan nanti. Seorang wanita membutuhkan kelori sekitar 2000 kkal, makanan yang cocok untuk menambah kalori seperti lemak nabati, sayuran, nasi dan protein.

Kalsium

Kalsium sangat berguna untuk perkembangan tulang si bayi sehingga sangat berpengaruh bagi ibu hamil. Karena asupan nutrisi seimbang sangat berpengaruh, mengkonsumsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi sangat dianjurkan. Makanan tersebut dapat didaptkan pada jenis makanan berupa kacang-kacangan dan sayuran.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah hamil, sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang untuk kehamilan Anda. Jangan lupa untuk tetap melakukan olah raga ringan, istirahat yang cukup, konsumsi air putih sesuai anjuran, serta rutin memeriksakan perkembangan janin pada dokter kandungan, agar Anda dan bayi Anda sehat.

Kami menyarankan untuk senantiasa menanyakan permasalahan kedokter kandungan sehingga dapat dimonitoring mengenai makanan yang baik dikonsumsi dan makanan yang tidak cocok untuk perkembangan janin.

Baca Juga: Daftar Jenis Buah dan Makanan Wajib Ibu Hamil tiap Trimester

Demikianlah artikel Ragam Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil. Mudahan bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here