Yoghurt, Krim Pemutih Alami yang Tidak Membahayakan

234
Yoghurt, Krim Pemutih Alami yang Tidak Membahayakan
Yoghurt (Foto: www.veganoo.net)
Advertisement
Loading...

Arwini.com, Yoghurt, Krim Pemutih Alami yang Tidak Membahayakan – Memiliki kulit wajah yang putih dan mulus menjadi keinginan hampir setiap wanita, sehingga berbagai cara perawatan wajah pun dilakukan demi mendapatkan kulit putih yang diinginkan.

Tak jarang banyak di antara kaum wanita yang tertarik menggunakan krim pemutih karena dianggap ampuh dalam memutihkan wajah dalam waktu singkat.  Bahkan harga mahal pun tak jadi masalah, demikian juga dengan kemungkinan resiko krim pemutih yang mengandung zat berbahaya.

Saat kulit wajah mendadak terlihat lebih putih dalam waktu singkat baik di sengaja maupun tidak, Hadirkan pertanyaan dalam diri, Apakah krim pemutih yang digunakan bebas dari zat berbahaya yang dapat merugikan, karena bisa jadi dipengaruhi oleh kandungan bahan kimia yang membahayakan.

Sebaiknya, hindari pemakaian kosmetik yang menawarkan hasil kulit putih secara instan. Berikut ini kandungan kimia yang mebahayakan kulit yang sebaiknya diketahui:

  • Merkuri, zat yang digunakan dalam memutihkan kulit secara singkat.  Merkuri merupakan zat racun yang bersifat karsinogenik sehingga pemakaian dalam jangka panjang maupun pendek bisa menimbulkan efek yang membahayakan (baca: Kandungan Merkuri dalam Kosmetik).  Mulai dari kerusakan kulit, ginjal hingga gangguan pada janin.
  • Hidrokinon, zat ini termasuk senyawa kimia yang banyak digunakan dalam produk kosmetik karena mampu mengurangi warna gelap pada kulit.  Namun penggunaan dalam kadar yang berlebih bisa menimbulkan resiko yang membahayakan kesehatan kulit.
  • Rhodamin B, zat ini merupakan pewarna sintetis untuk tekstil dan banyak disalahgunakan untuk mewarnai kosmetik sehingga bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.
  • Asam retinoat, biasanya digunakan untuk kosmetik pencerah kulit dan mengobati jerawat.  Namun penggunaan dalam jangka panjang bisa menimbulkan iritasi kulit hingga gangguan perkembangan janin.

Agar terhindar dari resiko kandungan zat yang berbahaya dalam krim pemutih maka pemilihan krim pemutih sebaiknya dilakukan secara lebih selektif, termasuk mengetahui kandungan zat di dalamnya dan izin BPOM-nya.

Advertisement
Loading...

Bagi yang masih khawatir dengan kandungan zat berbahaya pada krim pemutih, bisa mencoba 5 cara membuat krim pemutih alami dari yoghurt yang akan kami sebutkan di bawah ini.

Ramuan Yoghurt Sebagai Krim Pemutih Alami

1. Yoghurt dan Lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon sudah terbukti mampu mencerahkan kulit secara efektif.  Perpaduan antara yoghurt dan lemon sangat ampuh untuk mencerahkan kulit secara alami, karena kedua bahan ini memiliki sifat menyamarkan noda hitam.

Campurkan 1 sendok makan yoghurt dengan 5 tetes air perasan lemon yang akan digunakan sebagai masker wajah.  Diamkan selama 15-20 menit baru kemudian dibilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

2. Yoghurt dan Pepaya

Sama halnya dengan lemon, pepaya juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan perawatan kecantikan. Gunakan pepaya yang masih mentah yang telah dihaluskan.  Campurkan pepaya tersebut dengan yoghurt dan jadikan sebagai masker wajah.

3. Yoghurt dan Madu

Selain dimanfaatkan untuk kesehatan, madu juga banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan termasuk mencerahkan kulit wajah.  Anda bisa mencampurkan 2 sendok yoghurt dengan 1 sendok makan madu, lalu aduklah secara rata lalu jadikan sebagai masker wajah.

4. Yoghurt dan Tomat

Kandungan zat lycopen pada tomat sangat efektif dalam membantu mencerahkan kulit wajah.  Untuk membuat masker dari bahan ini, Anda bisa menghaluskan tomat secukupnya dan mencampurkannya dengan 2 sendok makan yoghurt.  Gunakan campuran kedua bahan alami tersebut sebagai masker wajah.

5. Yoghurt dan Kunyit

Selain dikenal sebagai rempah dan bumbu dapur yang menambah cita rasa masakan, kunyit juga sangat efekti digunakan untuk perawatan kecantikan terutama dalam mencerahkan kulit.  Anda bisa memadukan yoghurt dan kunyit agar hasil perawatan wajah lebih maksimal.

Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan yoghurt.  Dan gunakan sebagai masker wajah untuk kulit wajah yang lebih cerah dan sehat.

Selain dengan perpaduan kelima bahan alami tersebut, Anda juga bisa memadukan yoghurt dengan bahan alami lainnya seperti stroberi, apel, dan kentang.  Penggunaan masker wajah sebaiknya dilakukan secara rutin setidaknya 2-3 hari sekali agar hasilnya lebih maksimal dan sesuai harapan.

Jangan lupa juga untuk mengimbangi perawatan wajah dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, istirahat yang cukup dan konsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan yaitu 8-10 gelas per hari agar kulit Anda bukan hanya cerah tetapi juga terlihat lebih kencang dan sehat.  Selamat mencoba!

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here