Taman Pelangi Jogja, Menikmati Nuansa Lampu Lampion di Monumen Jogja Kembali

1000
Alamat Taman Pelangi Jogja
Taman Pelangi Jogja (Foto: Paketwisatajogja.net)

Arwini.com, Wisata Taman Pelangi Sleman Yogyakarta – Jogja memang banyak menyimpan potensi wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam yang tersebar di seluruh penjuru Jogja, wisata sejarah yang sarat akan pesan perjuangan bangsa, wisata pantai nan elok rupawan hingga wisata malam yang semakin menambah nilai plus Jogja di mata para traveller.

Dan salah satu wisata malam yang semakin populer dari hari ke hari adalah Taman Pelangi, sebuah sajian wisata unik yang akan memberikan Anda sebuah pengalaman berbeda, menikmati malam dengan ditemani rangkaian lampion yang menawan.

Taman Pelangi atau dikenal dengan Taman Lampion Jogja terletak di halaman Monumen Jogja Kembali, di Jalan Ringroad Utara Sleman Yogyakarta.

Lokasi wisata ini bisa menjadi alteratif bagi Anda yang ingin menikmati wisata malam di kota Gudeg, selain Alun-alun Kidul dan Malioboro.

Nama pelangi identik dengan pemandangan yang tersaji di area wisata, dimana aneka lampion warna-warni dengan berbagai bentuk dan ukuran akan memanjakan mata pengunjung.

Gerbang lokasi wisata ini berupa sebuah lampion berukuran raksasa berbentuk pelangi seolah menyambut kedatangan pengunjung dengan tangan terbuka sambil menyinari gemerlap malam.

Tidak hanya tergantung di beberapa sudut, lampion berbagai bentuk juga tertancap di tanah dan ditempelkan di beberapa dinding, sehingga menambah kemeriahan suasana malam di tempat ini.

Selain lampion, lokasi wisata ini juga dilengkapi lampu warna-warni yang berkelip menambah cahaya di kegemerlapan malam.

Beberapa sudut juga menampakkan kesan romantis, tak heran jika lokasi ini juga sering digunakan untuk lokasi foto prewedding bagi calon pasangan pengantin.

Ada beragam bentuk lampion yang bisa dinikmati, mulai dari berbagai bentuk flora dan fauna, tembok besar China, hingga Candi Borobudur dan karakter kartun lucu Mickey Mouse serta Dora Emon.

Dan tentu saja lampion berbentuk Tugu Jogja sebagai ikon kota Yogyakarta turut meramaikan suasana tempat ini.

Kawasan wisata malam yang sebelumnya hanya dibuka untuk keperluan event tertentu ini mulai dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata mulai tanggaal 17 Desember 2011.

Akses menuju lokasi pun cukup mudah dijangkau yaitu terletak di pinggiran kota Yogyakarta, sehingga bisa dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Dengan tiket masuk Taman Pelangi sebesar Rp 10.000 setiap hari Senin-Kamis, sedangkan untuk hari Jum’at, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tiket masuk yang diberlakukan sebesar Rp 15.000.

Adapun untuk jam operasional, Taman Pelangi mulai buka pukul 17.00 WIB-22 WIB untuk hari Senin-Kamis, sedangkan hari Jum’at dan Sabtu mulai buka pukul 17.00 WIB- 23 WIB, dan untuk hari Minggu biasanya buka mulai pagi.

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di lokasi wisata ini, diantaranya adalah kesempatan untuk berfoto ria bersama sahabat atau keluarga dengan berlatar lampion unik dan menarik.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati live music yang diisi oleh artis ibukota setidaknya tiga atau enam bulan sekali.

Pengunjung juga bisa menikmati sensasi seru berbagai wahana permainan malam hari, mulai dari bungee jumping, trampolin, ATV, bom-bom car, becak mini, kereta mini, otoped, perahu dayung, kereta mini hingga rumah hantu bagi Anda yang ingin melakukan uji nyali.

Dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 10.000-Rp 20.000 Anda bisa memilih permainan seru yang akan dilakukan.

Untuk faslitas, pengunjung tidak perlu khawatir karena fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini cukup lengkap. Selain toilet, area parkir yang disediakan juga cukup memadai dengan ongkos parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Selain itu fasilitas kuliner juga cukup beragam sehingga bisa memberikan banyak pilihan bagi pengunjung untuk memanjakan lidahnya sembari menikmati suasana malam yang berhias lampion.

Beberapa warung makanan banyak berjajar di sisi sebelah selatan, dengan berbagai menu yang bisa Anda pilih. Mulai dari jajanan ringan seperti jagung bakar, bakso, ayam goreng hingga sate dan masih banyak menu lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota Yogyakarta, di sekitar lokasi Taman Pelangi juga ada beberapa pilihan hotel yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat, mulai dari yang bertarif ekonomis hingga yang premium. Cukup menarik bukan?

Baca Juga: 14 Ide Tempat Wisata Keren di Jogja Yang Sayang untuk Dilewatkan

Itulah beberapa gambaran tentang Alamat, Harga Tiket Masuk serta beberapa Fasilitas Taman Pelangi Jogja. Mudahan Bermanfaat

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here