Puncak Kosakora, menatap Keindahan Laut dari Ketinggian Bukit Ngrumput

2753
Tiket Masuk Puncak Kosa Kora Gunung Kidul
Puncak Kosakora

Arwini.com, Wisata Puncak Kosakora Gunung Kidul – Menatap keindahan alam dari ketinggian puncak gunung atau bukit tentu lazim kita lakukan seperti saat kamu berada di Puncak Becici bantul, tapi bagaimana jika menatap keindahan laut dari puncak bukit?

Ya, di Puncak Kosakora kamu bisa leluasa menikmati keindahan laut yang menakjubkan dan mengagumi ciptaan Tuhan yang sedemikian eloknya. Mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan Puncak Kosakora, bahkan warga Jogja sendiri pun pasti ada yang belum tahu tentang Puncak Kosakora.

Lokasi wisata yang semakin populer di kalangan anak muda penyuka travelling ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sangat cocok bagi Kamu yang ingin sejenak merehatkan pikiran dari segala aktivitas dan menghirup segarnya aroma laut dan alam yang menenangkan.

Puncak Kosakora merupakan deretan perbukitan yang paling tinggi, bahkan dari puncak bukit ini kamu bisa melihat keberadaan mercusuar di Pantai Baron.

Bukit yang sebelumnya sepi ini sebenarnya dikenal dengan nama Bukit Ngrumput oleh masyarakat setempat, nama Puncak Kosakora justru berasal dari seorang traveller yang secara tidak sengaja menemukan tempat ini, dan nama Puncak Kosakora menjadi populer dan semakin eksis karena banyak diekspose di media sosial.

Untuk mencapai lokasi ini setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja, dengan rute seperti halnya ketika akan menuju Pantai Drini. Karena lokasi Puncak Kosakora terletak di antara Pantai Karakal dan Pantai Drini, dari lokasi Pantai Drini pengunjung masih harus menempuh perjalanan sekitar 2 km untuk menuju Puncak Kosakora.

Jika sebelumnya, saat memasuki area pantai Gunungkidul pengunjung dikanakan tarif sebesar Rp 10.000, maka di Pantai Drini pengunjung kembali mambayar parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil. Untuk naik ke Puncak Kosakora, Kamu harus menempuh jalur yang cukup melelahkan sebagai akses menaiki tebing.

Dan untuk biaya perawatan jalan tersebut Kamu cukup membayar Rp 2.000 per orang. Dari jalan ini Kamu bisa mengakses dua pantai yang menarik, yaitu Pantai Ngrumput dan Pantai Watu Bolong.

Bebukitan di Dekat Puncik Kosakora Jogja
Pemandang Cantik Menuju Puncak Kosakora Gunung Kidul Via Yogjo.com

Dalam perjalanan menuju Bukit Kosakora, Kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menarik, mulai Lemah Sangar (tanah sangar) berupa padang rumput yang cukup luas dan merupakan area yang dikeramatkan oleh penduduk setempat sehingga tidak ada satupun bangunan yang berdiri di tanah ini.

Melanjutkan perjalanan, Kamu kembali disuguhi dengan pemandangan pantai yang rupawan, yaitu Pantai Ngrumput. Hamparan rumput di beberapa sudut pantai seolah menjadi jawaban mengapa pantai berpasir putih ini bernama Pantai Ngrumput.

Desiran angin dan deburan ombak di Pantai Ngrumput tentu akan membuat siapapun terlena untuk sejenak menikmati keindahan alamnya namun saat Kamu melihat ke sisi sebelah timur pantai, Puncak Kosakara seolah tengah melambai dan menanti kedatanganmu.

Lokasi Puncak Kosakora Jogja
Pantai Indah dekat Kosakora Via Twitter.com

Sejenak menikmati butiran pasir di Pantai Ngrumput, perjalanan menuju Puncak Kosakara bisa Kamu lanjutkan kembali. Menaiki tangga berundak dari bebatuan karst tentu harus ditapaki dengan penuh kehati-hatian, dan mendekati puncak bukit kosakora, Kamu harus membayar uang kebersihan sebesar Rp 2.000.

Rasa lelah dan keringat yang mengalir pun segera terbayarkan saat Kaki menginjakkan kaki di Puncak Kosakora yang begitu fenomenal di jagat maya.

Sebuah papan kayu bertuliskan “Puncak Kosakora” seolah menjadi jejak yang wajib ada dalam foto Kam saat berada di tempat eksotis ini. Dengan latar belakang pemandangan laut yang mempesona, siapapun akan berlomba-lomba mengambil foto di lokasi ini.

Alamat Pantai Drini di dekat Puncak Kosakora
Pantai Drini Dekat Puncak Kosakora Via Marhose.wordpress.com

Hanya saja bagi Kamu yang kurang menyukai paparan sinar mentari yang menyengat di siang hari, sebaiknya datang ke lokasi wisata ini pagi hari atau sore hari untuk berburu sunset. Kamu bisa menikmati suasana malam dan menantikan sunrise di pagi hari dengan berkemah di tempat ini.

Tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan camping, karena di lokasi ini sudah ada persewaan tenda untuk berkemah dengan biaya sewa sebesar Rp 60.000 untuk tenda berukuran kecil dan Rp 100.000 untuk tenda dengan ukuran yang lebih besar.

Ada dua pengelola di bukit ini, dimana bukit Kosakora dikelola oleh masyarakat setempat dan Amarei Hill yang dikelola oleh investor.

Masing-masing pengelola menerapkan tarif memasang tenda yang bervariasi. Namun jika Kamu ingin lebih berhemat, maka menikmati malam dengan berkemah bisa Kamu lakukan di kawasan Pantai Ngrumput atau Pantai Watu Bolong dengan tarif camping sebsesar Rp 10.000, cukup murah bukan?

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here