Pantai Losari Makassar, Nuansa Khas Ikon Kebanggaan Kota Daeng

1045
Obyek Wisata Pantai Losari Makassar
Pemandangan Sunset Pantai Losari Makassar (Foto: Dastansabastyan.blogspot.com)

Obyek Wisata Pantai Losari Makassar – Objek wisata pantai memang selalu menjadi tujuan terfavorit bagi siapapun, dan Indonesia dengan ribuan pulaunya memberikan pilihan-pilihan pantai terbaik, salah satu di antaranya adalah ikon kota Makassar yaitu Pantai Losari. Pantai yang populer dengan hal-hal menarik yang jarang ditemukan di tempat lain.

Selain pemandangan yang ciamik, Pantai Losari juga memiliki infrastruktur yang sangat rapi yang dikelilingi dengan warung berjejeran hingga 1 km. Dan uniknya, Pantai ini diberi julukan dengan pantai dengan meja terpanjang dunia.

Pada zaman dulu, Lokasi Pantai dijadikan sebagai sarana tempat berjualan ikan oleh nelayan yang ditandai dengan deretan meja hingga 1 km. Meja ini dijadikan sebagai pusat tawar menawar pembeli dan penjual kala itu.

Nah, fasilitas apa saja yang dapat didapatkan di pantai yang kece ini?

Bagi warga Makassar, Pantai Losari merupakan tempat dimana setiap orang bisa melepaskan penat setelah seharian beraktivitas. Kenyamanan saat diterpa angin sepoi-sepoi, dimanjakan dengan makanan khas Makassar, membuat tempat ini begitu spesial di Sulawesi Selatan.

Infrastruktur yang rapi, tata kelola tempat yang baik, biaya parkir yang gratis serta sterilisasi penjual dan pengamen belakangan ini adalah nilai tambah yang susah ditemukan di tempat lain.

Para pengunjung bisa berjalan-jalan dengan landscape pulau dan pantai yang mengagumkan, sangat cocok terutama bagi yang menginginkan suasana romantis, tenang dan nyaman.

Obyek Pantai Losari Makassar
Suasan Siang Hari Pantai Losari Makassar (Foto: Daenggassing.com)

Di sepanjang Jalan Nusantara, pengunjung akan menemukan warung  tenda dengan berbagai aneka makanan. Uniknya, warung ini berjejer hingga 1 km yang menawarkan aneka jenis makanan. Dari makanan tradisional, khas makassar, hingga makanan modern dapat ditemukan di sini.

Di bagian selatan Pantai Losari, wisataan dapat mencicipi hidangan laut yang terdapat di sebuah resto terapung, sebuah resto yang menggunakan arsitektur kapal khas Bugis yaitu kapal Phinisi. Menu yang ditawarkanpun beraneka ragam dengan harga terjangkau yaitu berkisar Rp. 7.500 hingga Rp. 50.000 per porsi.

Selain makanan laut, warung-warung di sekitar Pantai Losari juga menawarkan makanan khas Makassar, sebut saja coto makassar atau pisang epe yang merupakan menu wajib bagi wisatawan manapun. Makanan ini sangat cocok disajikan hangat, perpaduan pisang yang dibakar dengan air gula merah merupakan kombinasi maut ditengah lokasi sepoi-sepoi seperti di Pantai Losari.

Lebih jauh, lokasi wisata ini dilengkapi dengan akses WI-FI di sepanjang jalan. Lokasi yang berada di tengah kota, membuat Pantai Losari selalu dipenuhi oleh pengunjung hanya untuk menikmati suasan semilir angin.

Kawasan ini semakin favorit saat dikunjungi pada waktu yang tepat, pengunjung bisa melihat sunset dan sunrise di satu scene yang sama, jadi siapapun bisa memilih untuk berkunjung di pagi hari atau sore hari, semuanya sama-sama indah. Namun wisatawan perlu tahu bahwa Pantai Losari tidak memiliki area pasir pantai dan memiliki ke dalaman laut yang sangat juram, jadi jangan coba-coba berenang di Pantai Losari.

Meskipun demikian, wisatawan  tidak perlu khawatir dengan obyek wisata yang ada di area ini. Pantai Losari memiliki berbagai wahana air seperti banana boat, perahu dayung ataupun sepeda air. Dan disepanjang pantai terdapat tanggul beton yang berfungsi sebagai penahan ombak, biasanya dijadikan sebagai tempat memancing.

Nuansa Aktivitas Memancing di Area Pantai Losari Makassar
Suasana Pemancingan di Pantai Losari Makassar (Foto: Detik.com)

Terletak di tengah perkotaan, akses menuju lokasi Pantai Losari sangat mudah di jangkau, angkutan bisa menggunakan angkutan umum ataupun mobil sewaaan. Bahkan para wisatawan yang berasal dari jawa dapat melalui tranfortasi laut, dari pelabuhan tanjung perak Surabaya menuju pelabuhan Makassar, lokasi wisata yang sangat dekat dengan pelabuhan Makassar, hanya butuh 5 menit.

Berbeda lagi jika wisatwan menyambangi kota Makassar melalui tranfortasi udara, untuk mencapai bibir pantai losari dibutuhkan jarak tempuh sekitar 40-60 menit dari Bandara International Sultan Hasanuddin.

Baca Juga: Ide Tempat Wisata Favorit di Makassar yang Sayang untuk Dilewatkan

Untuk penginapan, di sepanjang Jalan Nusantara tersedia hotel ataupun penginapan yang bisa disewa bersama keluarga. bahkan di luar dugaan, untuk masuk ke Pantai Losari ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Jadi jangan lupa meluangkan waktu untuk berkunjung ke tempat ini saat sedang di kota Daeng.

Demikianlah artikel tentang Obyek Wisata Pantai Losari Makassar- Nuansa Khas Kebanggaan Kota Daeng, Selamat beribur.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here