5 Panorama dan Surga Wisata Pantai Lombok yang Terlupakan

873
Alamat Wisata Pantai Selong Belanak Lombok
Berselancar di Pantai Selong Belanak (foto: Cascada-lombok.com)

Arwini.com, Surga Wisata Pantai Lombok – Selain Bali, Lombok juga menawarkan wisata alam yang mempesona. Bahkan di Lombok, masih banyak surga tersembunyi yang bisa menjadi destinasi wisata bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang tenang dan damai, jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Dari sekian banyak tempat wisata tersembunyi di Lombok, berikut ini adalah 5 pantai tersembunyi yang bisa Anda kunjungi saat berwisata di Lombok.

1. Pantai Selong Belanak

Keindahan pantai yang satu ini tentu akan membuat takjub siapa saja yang memandangnya. Pantai berpasir putih ini berjarak 49 kilometer dari kota Mataram tepatnya di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, dengan bentuk menyerupai bulan sabit jika dilihat dari bukit di sekitar pantai.

Alamat Pantai Selong Belanak Lombok
Pantai Selong Belanak Lombok (Foto: Pinterest.com)

Kontur pantai yang landai menjadikan siapa saja tak perlu khawatir akan terseret ombak jika bermain-main di sepanjang bibir pantai yang eksotis ini. Namun demikian, jika Anda ingin berenang sebaiknya Anda berada di sebelah utara pantai yang bebas dari kegiatan penduduk setempat yang rata-rata adalah nelayan.

Di kawasan pantai ini Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk sekedar menikmati suasana pantai ataupun memancing. Meski tak seramai pantai lainnya, namun di kawasan ini sudah tersedia fasilitas kafetaria, resort, area parkir dan kuliner bagi Anda yang ingin menikmati hidangan laut, seperti sate ikan. Di lokasi ini juga sudah ada beberapa villa yang bisa disewa pengunjung.

2. Pantai Mawun

Tak jauh dari Pantai Selong Belanak, Anda bisa menemukan pantai Mawun yang tak kalah indahnya dari Pantai Selong Belanak. Anda bisa menikmati suasana pantai tanpa harus khawatir dengan jumlah wisatawan yang membludak, karena pantai berpasir lembut ini masih relatif sepi pengunjung.

Alamat wisata Pantai Mawun lombok
Pantai Mawun lombok (Foto: fitrobagus.com)

Pantai ini berjarak 60 km dari kota Mataram, tepatnya di Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah.

Bagi pangunjung yang ingin bermain-main atau berenang di pantai disarankan untuk tidak berada di tengah karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga lebih dalam dengan ombak yang besar, sebaiknya memilih area di sebelah barat atau timur pantai karena ombaknya cenderung tenang. Untuk fasilitas, kawasan pantai ini dilengkapi dengan area parkir, toilet, hingga penjual kain tenun.

3. Pantai Tangsi

Kawasan wisata pantai yang satu ini menyuguhkan pemandangan unik nan menawan dengan butiran pasirnya yang berwarna pink. Pantai ini terletak di Desa Sekorah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Warna pink pada pasirnya merupakan efek dari perpaduan pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang yang berwarna merah.

Alamat Wisata Pantai Tangsi Lombok
Wisata Pantai Tangsi Lombok (Foto: Gililombok.com)

Saat cuaca cerah, Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani dari kawasan ini. Di lokasi ini pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling, namun belum ada fasilitas penginapan.

4. Pantai Bongko-Bongko

Pantai Bongko-bongko terkenal dengan keganasan ombaknya, sehingga lokasi wisata yang terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat ini menjadi surga bagi para penikmat olahraga selancar yang ingin memacu adrenalinnya dengan gulungan ombak yang ganas. Tak heran jika lokasi ini menjadi pilihan favorit bagi peselancar lokal maupun mancanegara.

Di kawasan pantai ini juga sudah ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas kursus serta peralatan selancar. Selain berselancar, di kawasan wisata ini pengunjung juga bisa melakukan tracking dan menikmati berbagai jenis tanaman dan binatang yang hidup di sekitar pantai. Beberapa spot pantai juga sering dijadikan pilihan favorit bagi para pemancing untuk memuaskan hobinya.

5. Pantai Belongas

Pantai yang berpasir putih dan lembut ini letaknya sekitar 50 km dari kota Mataram, tepatnya di Kecamatan Sekotong Tengah, Lombok Barat. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga tiga jam untuk mencapai lokasi pantai yang masih relatif sepi ini.

Akses jalan menuju pantai ini cukup sulit, dimana pengunjung harus berjalan kaki menuruni bukit sekitar 15 menit untuk sampai ke bibir pantai.

Pantai ini juga merupakan salah satu lokasi budidaya mutiara di Lombok, sehingga Anda juga bisa menikmati proses budidaya yang dilakukan oleh penduduk sekitar.

Desiran ombak yang sangat halus menjadikan peraiaran di pantai ini begitu jernih dan tenang, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati snorkeling maupun diving untuk mengagumi keindahan bawah laut yang mempesona.

Keindahan beberapa pantai tersembunyi di Lombok tersebut bisa Anda nikmati dengan biaya yang cukup murah, karena retribusi yang biasanya dipungut berkisar Rp 10.000 per mobil yang sudah termasuk seluruh penumpang di dalamnya.

Baca Juga: Tempat Wisata di bali yang Banyak Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

Demikianlah deretan 5 daftar Wisata Pantai di Lombok yang Wajib Dikunjungi, Selamat berpetualang.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here