Wisata Kaliurang, Menyibak Pesona Alam di Lereng Merapi

928
Alamat Wisata Kaliurang
Obyek Wisata Kaliurang

Obyek Wisata Kaliurang, Sleman – Kaliurang merupakan kawasan wisata di lereng Gunung Merapi yang menyimpan sejuta pesona alam nan sejuk lagi asri.

Kawasan ini bahkan sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda, dimana sekitar abad ke-19 para ahli geologi dari Belanda mencari tempat peristirahat untuk keluarga mereka, dan Kaliurang menjadi tempat pilihan untuk hal tersebut.

Hawa yang sejuk serta suasana yang tenang, memicu pembangunan bungalow dabanyak lokasi yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan pada masa itu.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta, diperlukan waktu kurang dari satu jam perjalanan untuk mencapai destinasi wisata ini.

Ada beberapa spot menarik di lokasi wisata Kaliurang, mulai dari wisata alam Tlogo Putri yang mata airnya dari Bukit Plawangan, Taman wisata Plawangan Turgo, hingga wisata sejarah di Wisma Kaliurang dan Pesanggrahan Dalem Ngeksigondo milik Keraton serta Museum Ullen Sentalu.

Di sisi sebelah timur, kamu akan disuguhi pemandangan beberapa ekor monyet yang berayun dan berlompatan di atas pepohonan, monyet-monyet ini cukup jinak. Namun, sebaiknya jangan menganggu gerombolan monyet tersebut.

Menurut pengalaman kami, wisatawan tidak diperkenangkan untuk membawa makanan di area ini karena dikhawatirkan monyet tersebut akan merebut makanan yang kita bawa, untuk itu dianjurkan untuk menyembunyikan makanan saat bersua di tempat ini.

Ada juga tangga berundak sejauh sekitar 900 meter menanjak ke atas Bukit Pronojiwo, dari sini kamu dapat menikmati kemegahan Gunung Merapi yang terlihat dengan jelas, terutama saat cuaca sedang cerah.

Sedang di tepi Kali Boyong, tepatnya di sisi sebelah timur, kamu juga bisa melihat gardu pandang dan pos pengamatan yang difungsikan untuk mengetahui aktivitas Gunung Merapi.

Tlogo Putri merupakan tempat wisata yang masih berada dalam satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo. Pada saat terjadi erupsi Gunung Merapi di tahun 2010, kawasan ini juga terkena dampak letusan.

Meskipun kondisi kawasan tersebut belum pulih sepenuhnya, namun untuk Bukit Plawangan Turgo masih cukup menarik bagi pengunjung yang ingin menguji nyali di area jalur tracking yang seru dan menyenangkan.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa di lakukan di lokasi wisata yang bersuhu 20-25 derajat Celsius ini. Wisatawan bisa menjelajahi hutan dengan beberapa jalur tracking seperti menuju ke Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau menuju air terjun Tlogo Muncar.

Jika beruntung, kamu dapat melihat keberadaan elang Jawa maupun monyet yang hidup di kawasan hutan tersebut. Selain itu, kamu juga akan disuguhi dengan berbagai atraksi seni dan budaya yang digelar bergantian, mulai dari jathilan (kuda lumping), kesenian campursari, topeng ireng, kubro siswo, hingga pertunjukan musik dangdut yang berada di kawasan Tlogo Putri.

Jangan khawatir dengan retrebusi yang ada di lokasi, kamu tidak perlu membayar untuk menyaksikan berbagai pertunjukan tersebut, karena disediakan secara gratis.

Di lokasi ini, para wisatawan juga dapat menyewa kano atau becak air untuk menikmati pemandangan alam di atas air. Selain itu berbagai wahana permainan juga akan memberikan pengalaman liburan seru di Kaliurang, mulai dari flying fox, bianglala, becak air, ayunan hingga jungkat jungkit.

Di lokasi ini juga terdapat kereta kelinci yang akan membawamu berkeliling dengan rute terminal Kaliurang – Taman Bermain Anak – Gardu Pandang – Wisma Kaliurang – Bumi Perkemahan – Taman Wisata Plawangan Turgo.

Untuk menikmati fasilitas ini pengunjung cukup membayar Rp 6.000 untuk satu putaran dengan rute tersebut.

Untuk kuliner, kamu akan disuguhi berbagai hidangan kuliner khas Kaliurang dengan harga yang cukup terjangkau.

Mulai dari jadah tempe, salak, sate ]hingga hidangan tongseng kelinci yang tentunya akan memanjakan lidah kamu dengan sensasi rasa unik dan lezat. Kamu pun bisa membeli jadah tempe sebagai buah tangan untuk keluarga atau saudara di rumah.

Untuk masuk ke lokasi wisata yang berada di ketinggian 900 m di atas permukaan laut ini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000. Lokasi wisata alam ini, juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah toilet, area parkir, hingga rumah ibadah.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin merasakan dinginnya udara malam di lereng Merapi serta ingin menikmati pesona Merapi di pagi hari, bisa menginap di lokasi wisata ini.

Tarif penginapan yang banyak tersebar di lokasi wisata ini pun cukup murah, yaitu berkisar antara Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga: 16 Air Terjun Terindah di Jogja

Demikianlah beberapa Daftar Wisata Kaliurang terfavorit yang dapat kamu sambangi saat bersua di Kota Jogja. Selamat Berlibur.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here