Wisata Hutan Pinus Mangunan, Berburu Ketenangan di tengah Hutan Kota Bantul

1498
Alamat Hutan Pinus Mangunan Bantul
Hutan Pinus Mangunan Bantul Via Twitter

Arwini.com, Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul – Lokasi wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati kesejukan alam dan ketenangan di tengah hutan pinus yang membentang.

Berlokasi di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul, Yogyakarta hutan wisata ini berada di bawah pengelolaan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) dengan jenis pohon pinus Merkusi. Namun sebelum menjadi kawasan hutan lindung dan objek wisata seperti saat ini, kawasan Mangunan merupakan dataran tandus.

Upaya reboisasi dengan menanam pohon pinus, mahoni, kemiri, akasia, dan kayu putih pada lahan seluas 500 hektare ternyata sudah bisa berbuah manis saat ini. Selain kawasan menjadi hijau dan asri, pengelolaan pun semakin berkembang bukan hanya sebatas sebagai hutan lindung semata namun juga dimanfaatkan untuk keperluan wisata.

Tidak mengherankan jika kemudian lokasi wisata Taman Pinus Mangunan sekaligus hutan lindung ini mulai populer dan banyak dicari oleh para traveller yang penasaran dengan foto-foto yang banyak diunggah ke media sosial tentang keindahan hutan pinus Mangunan.

Selain kawasan hutan yang sejuk dan asri, keberadaan sumber mata air Bengkung juga menjadi daya tarik bagi pengunjung, meskipun memiliki kesamaan dengan sumber mata air Blue Lagoon Sleman, di tempat ini wisatawan akan mendapatkan keunikan lain.

Terdapat kisah unuk yang menyertai sumber mata air tersebut. Dimana sumber mata air Bengkung diyakini oleh masyarakat sebagai lokasi Sultan Agung Hanykrakusuma ketika bersemedi.

Situs mata air ini pernah dibangun pada masa pemerintahan Belanda di tahun 1925-1930. Untuk menemukan sumber mata air ini, pengunjung bisa melakukan tracking menembus hutan dan mengikuti jalur outbound Watu Abang.

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan sepeda motor dengan jalur memutar karena jaraknya lebih jauh.

Suasana alam di hutan pinus yang menenangkan dengan aroma khas hutan pinus mangunan, tentu akan menjadi obat bagi pengunjung yang ingin melepaskan segala kepenatan akibat beban pekerjaan ataupun kesibukan sehari-hari yang menguras waktu, tenaga dan pikiran.

Sejenak menghirup udara segar di hutan pinus yang menyejukkan, merefresh segala kepenatan dan mengusir segala beban dan tekanan kehidupan. Pemandangan di depan mata pun turut memberikan ketenangan yang cukup berarti.

Pepohonan pinus yang tinggi menjulang di bawah langit biru yang membentang seolah mengisyaratkan betapa manusia hanyalah makhluk kecil di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Gemerisik dedaunan yang saling beradu diterpa tiupan angin semakin menenangkan pikiran dalam harmoni yang menyatu dengan alam.

Alamat Hutan Pinus Mangunan Bantul
Gardu Pandang Hutan Vinus Mangunan Via Wisataweb.wordpress.com

Hampir semua spot di kawasan hutan pinus Mangunan ini menarik dan sangat pantas untuk diabadikan dalam sebuah foto kenangan. Berfoto ria bersama teman-teman atau keluarga menjadi hal yang wajib dilakukan saat berpikinik di kawasan wisata alami ini.

Keunikan hutan pinus yang memberikan warna tersendiri dengan deretan pohon pinus yang berjajar rapi, menjadikan lokasi ini banyak diburu para fotografer sebagai backround alami untuk pemotretan foto prewedding (baca: Lokasi Prewedding Jogja). Bahkan beberapa rumah produksi dijadikan sebagai lokasi favorit untuk keperluan syuting film.

Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Jogja, wisatawan bisa mencapai lokasi ini dengan sepeda motor atau mobil pribadi dikarenakan tidak ada satupun angkutan umum menuju lokasi wisata.

Saat wisatwan ingin merasakan sensasi menyusuri deretan pohon pinus, pengnjung bisa menyewa sepeda yang disediakan pengelola setempat. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk menaklukan tanjakan terjal sejauh 8 km untuk mencapai hutan pinus Mangunan, cukup menantang dan memacu aderenalin.

Akses jalan yang harus dilalui saat berada di kota Jogja yaitu wisatawan bisa memulai dengan mencari jalan menuju arah Jalan Imogiri Timur menuju ke Imogiri, dari pertigaan Imogiri belok ke arah kiri menuju arah Makam Raja-raja Imogiri, sampai di pertigaan ambil arah kanan menuju ke Mangunan, baru kemudian di pertigaan Mangunan ambil arah kiri menuju ke hutan pinus Mangunan.

Untuk memasuki kawasan hutan pinus Mangunan, pengunjung tidak dipungut biaya, hanya tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000 sementara untuk mobil tarif parkir sebesar Rp 10.000. Adapun fasilitas yang disediakan cukup memadai seperti warung makanan, toilet, area parkir dan mushola.

Di kawasan ini tidak diperkenankan untuk berkemah karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan hutan atau kebakaran jika pengunjung menyalakan api unggun. Dan sebagai pengunjung yang baik, maka sebaiknya kamu tidak membuang sampah sembarangan di kawasan hutan lindung ini.

Demikianlah ulasan mengenai lokasi serta obyek wisata hutan pinus mangunan Bantul. Selamat mencari ketenangan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here