3 Wisata Gunung Sekitar Kota Jogja yang Cocok Untuk Trek Pendakian Para Pemula

10102
Wisata Gunung Puncak Suroloyo Jogja
Wisata Pegunungan Puncak Suroloyo Jogja (Foto: Motorsoft.files.wordpress.com

Arwini.com, Wisata Gunung Sekitaran Jogja– Yogyakarta mempunyai berbagai destinasi wisata alam yang sudah banyak dilirik oleh banyak orang untuk dikunjungi. Selain pantai, goa, wisata malam, dan air terjun, kota pelajar ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang cocok untuk dijadikan spot pendakian.

Untuk kalian yang hobi mendaki gunung, jangan lewatkan keindahan di puncak gunung yang ada di kota gudek ini. Kota Jogja hanya di kisaran 3.185,80 km2, namun hal tersebut tidak mengurangi minat para wisatawan untuk menyambangi kota ini.

Meskipun kecil, jangan khawatir untuk mengeksplorasi hobi traveller kamu, terutama menikmati malam di puncak pegunungan. Akan kami sebutkan beberapa rekomendasi tempat untuk mendaki puncak gunung di dekat Jogja. Nah dimana saja kah tempat tersebut? Berikut ada 3 spot wisata gunung di Yogyakarta yang cocok dijadikan tujuan mendaki:

1. Puncak Suroloyo Pass – Panorama Ayik Mengintip Mungilnya Candi Borobudur

Suroloyo Pass adalah salah satu wisata gunung yang cocok sebagai tujuan mendaki. Kesejukan daerah pegunungan menjadikan Suroloyo Pass patut untuk kalian datangi. Letaknya berada di sebelah barat kota Yogyakarta.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi memang cukup jauh. Lebih tepatnya lokasi Suroloyo Pass berada di Pegunungan Menoreh, di Kalibawang, Kulon Progo – Yogyakarta.

Destinasi wisata yang satu ini merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut.

Dari puncak Suroloyo ini, kalian akan menikmati pemandangan beberapa gunung di sekitar Yogyakarta, yang antara lain adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan juga Sumbing. Selain menikmati keindahan beberapa gunung, kalian juga bisa menikmati keindahan Candi Borobudur dengan memakai teropong.

Puncak Suroloyo, Wisata Gunung Sekitaran Jogja
Wisata Pegunungan Puncak Suroloyo (Foto: Motorsoft.files.wordpress.com

Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk bisa sampai di Suroloyo Pass. Yang pertama lewat rute Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang. Sementara satu rute yang lain yakni dari Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Namun, rute yang lebih cepat untuk sampai adalah rute yang pertama.

Sebelum melakukan pendakian ke Suroloyo Pass, pastikan terlebih dahulu kondisi badan kalian sehat dan sudah menyediakan perbekalan yang cukup. Jangan lupakan juga untuk memeriksa kendaraan yang hendak dipakai kesana.

Jika sudah sampai di puncaknya, kalian akan menemui 3 gardu pandang, yakni Suroloyo, Sariloyo, serta Kaendran. Dari ketiga gardu pandang ini, entah mengapa yang lebih banyak dikunjungi adalah gardu pandang Suroloyo.

Untuk bisa mencapai di gardu pandang yang berada di puncak Suroloyo, kalian harus menaiki sekitar 290 anak tangga dengan kemiringan yang tergolong tajam. Tapi, letihnya menaiki ratusan anak tangga ini bakal terbayar dengan keindahan alam di puncak Suroloyo.

2. Gunung Nglanggeran, Nikmati Kesejukan Embun Pagi di Puncak Gunung Api Purba

Destinasi wisata pegunungan di Yogyakarta yang cocok untuk pendakian selanjutnya adalah Puncak Gunung Nglanggeran. Tempat yang satu ini juga tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi para traveller yang sedang berada di Kota Gudeg. Lokasinya sendiri berada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul – Yogyakarta.

Untuk bisa mencapai lokasi, kalian bisa menempuhnya dengan menaiki kendaraan roda dua Jaraknya berada sekitar 22 kilometer dari kota Wonosari.

Gunung Api Purba Nglanggeran, Wisata Gunung Sekitaran Jogja
Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja (Foto: Paketwisatajogja.net)

Selain bentang alam yang begitu indah di sekitar Puncak Gunung Nglanggeran, satu hal menarik lainnya dari tempat ini adalah ketinggiannya yang sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Tinggi gunung yang satu ini adalah 700 meter dari permukaan laut. Medan jalan untuk mencapai puncak pun cukup landai.

Baca Juga: Area Camping Ground Favorit di Jogja

Maka dari itu, tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini tidak hanya untuk para pendaki gunung yang berpengalaman banyak saja, namun pendaki pemula juga bisa. Waktu tempuh ke puncak gunung kurang lebih 1 jam setengah.

Di puncak Gunung Nglanggeran, kalian akan bisa menikmati pesona alam yang begitu indah bersama hamparan awan yang ada. Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan sunrise di puncak Gunung Nglanggeran, akan lebih indah nikmatilah di bagian timur puncak.

Di sekitar Gunung Nglanggeran sendiri terdapat beberapa wisata alam, mulai dari gua, sampai dengan panjat tebing.

3. Puncak Becici – Bantul, Temukan Romantisme Pasangan Kamu di sini

Spot wisata gunung yang cocok untuk pendakian satu lagi adalah Puncak Becici. Wilayah puncak Becici masuk dalam Resort Pengelolaan Hutan Mangunan.

Spot wisata ini berada di Dusun Gung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul – Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, untuk dapat sampai di lokasi, kalian bisa melewati rute Jalan Imogiri Timur – Mangunan – Puncak Becici.

Puncak Becici Bantul, Wisata Gunung Sekitaran Jogja
Puncak Becici Bantul Jogja (Foto: Es.klear.com)

Saat berada di hutan pinus Mangunan, akan terdapat banyak papan petunjuk jalan untuk menuju ke Puncak Becici. Saat sudah berada di Puncak Becici, kalian akan mendapati pemandangan alam yang hijau dan indah dengan kesejukannya.

Aroma hutan pinus yang ada di sekitar Puncak Becici bakal menjadikan kalian merasa nyaman berada disini. Pemandangan di pagi hari dengan kabut yang masih menyelimuti semakin menjadi alasan untuk kalian datang ke Puncak Becici.

Itulah 3 Tempat Wisata Gunung di Sekitar Jogja yang Cocok Untuk Pendakian saat kamu berlibur di kota ini. Mudahan bermanfaat

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here