Wisata Alam Bantul, Mengintip Keindahan Tersembunyi di Air Terjun Lepo Bantul

923
Lokasi Wisata Alam Air Terjun Lepo Dlingo Bantul
Air Terjun Lepo Bantul (Foto: Twitter.com)

Wisata Alam Air Terjun Lepo Bantul – Potensi wisata alam di Jogja seolah tidak ada habisnya untuk dibicarakan, saat kita baru mengetahui nama baru dalam menjelajahi wisata alam, selalu bermunculan nama-nama baru yang semakin menambah deretan panjang daftar referensi wisata alam di Jogja.

Salah satu destinasi wisata tersembunyi yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Lepo. Air Terjun Ledok Pokoh atau lebih populer dengan nama Air Terjun Lepo, terletak di Dusun Pokoh I, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Ledok diartikan sebagai lembah di Dusun Pokoh dengan pepohonan yang rimbun dan asri.

Dengan pemandangan ceruk batu di sekeliling kolam, semakin menambah nuansa alami yang memikat dan elok untuk dipandang. Sangat disayangkan jika momen ini tidak diabadikan dalam sebuah foto kenangan.

Suara gemericik air ditambah suasana pedesaan yang asri, tentu memberikan nuansa berbeda bagi wisatawan yang selama ini disibukkan dengan rutinitas harian yang menyita waktu.

Lokasi air terjun lepo berada di tiga tempat dengan empat kolam alami yang menawarkan kesejukan dan kesegaran air alami.

Kolam pertama adalah lokasi pemandian terdalam dengan kedalaman sekitar 2 meter. Dengan air mengalir yang tenang dan menyejukkan, pemandian ini cocok bagi pengunjung remaja dan dewasa yang ingin menceburkan diri dan berenang.

Untuk mencapai kolam di tingkat kedua, wisatawan bisa menyusuri jalan setapak dari bebatuan di sisi air terjun. Kolam alami ini adalah kolam terluas yang memiliki kedalaman air setinggi pinggang orang dewasa, sehingga cenderung aman untuk dijadikan tempat bermain oleh keluarga yang membawa anak kecil.

Kembali menyusuri jalan setapak menurun dari bebatuan alam, Wisatawan akan menemukan kolam ketiga yang merupakan kolam paling dangkal di antara kolam lainnya.

Di kolam ketiga ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan tebing berbatu yang menakjubkan, dimana akan ditemukan tebing bebatuan berbentuk balok yang tersusun rapi secara alami.

Tak puas dengan kolam ketiga, wisatawan pun bisa mencoba ketenangan air di kolam keempat yang cenderung lebih sempit jika dibandingkan dengan ketiga kolam sebelumnya.

Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung bisa melalu rute Jalan Imogiri Timur. Dari kota Jogja, carilah arah menuju Imogiri Timur.  Di tempat ini, pengunjung bisa mencari arah menuju ke arah Kebun Buah Mangunan.

Setelah sampai di pertigaan Kebun Buah Mangunan, tanyakanlah ke penduduk setempat arah menuju Pasar Dlingo hingga menemukan Kantor Kecamatan Dlingo.

Dari lokasi ini, wisatawan dapat mengambil rute menuju arah SMA N I Dlingo hingga menemukan perempatan lapangan besar. Lanjutkan perjalanan ke arah kiri hingga menemukan Dusun Pokoh I untuk sampai ke objek wisata Air Terjun Lepo.

Meskipun akses jalan cenderung aman dengan jalanan yang mulus, beraspal dan halus, namun wilayah ini merupakan daerah perbukitan, sehingga sangat dianjurkan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima untuk menapaki jalan yang menanjak dan berliku.

Kesejukan udara yang asri dan keseruan bermain air di Air Terjun Lepo bisa dinikmati dengan biaya retribusi secara suka rela atau seikhlasnya. Dan jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika ingin menikmati liburan seru dengan bermain air di objek wisata alam ini.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, bangunan aula yang sederhana, persewaan pelampung dan tikar bagi yang ingin merasakan suasana alam dengan bercengkerama bersama teman-teman dan keluarga tercinta.

Lelah bermain air, wisatwan pun bisa mencicipi berbagai menu hidangan di warung makan yang ada di sekitar lokasi wisata ini.

Baca Juga: Ide Tempat Wisata di Jogja Berdasarkan Minat Wisatawan

Hanya saja di musim kemarau debit air di lokasi wisata ini tidak sebanyak ketika musim hujan, namun demikan lokasi wisata ini tetap menarik untuk dikunjungi. Tetap berperilaku sopan dan jangan membuang sampah sembarangan demi menjaga kebersihan dan keindahan di lokasi wisata alam yang kamu kunjungi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here