Waspadai 7 Efek Tidur Tidak Membersihkan Make Up, Hal Kecil yang Selalu Anda Abaikan

3208
Bahaya tidak Membersihkan Make Up saat Akan Tidur
Bahaya tidak Membersihkan Make Up saat Akan Tidur - Make up menjadi salah satu kebutuhan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri sehingga berpenampilan menarik dan lebih percaya diri.

Bahaya tidak Membersihkan Make Up saat Akan Tidur – Make up menjadi salah satu kebutuhan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri sehingga berpenampilan menarik dan lebih percaya diri.

Penggunaan make up sehari-hari sudah menjadi keharusan bagi mereka yang memang tidak bisa lepas dari make up dalam aktivitasnya. Namun demikian penggunaan make up tentu akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi kulit jika tidak dibersihkan setelah beraktivitas, terutama ketika malam hari sebelum tidur.

Bagi Anda yang selama ini malas membersihkan make up dengan alasan mengantuk dan sebagainya, maka sebaiknya mulai saat ini rajin membersihkan make up sebelum tidur jika tidak ingin mengalami beberapa efek buruk yang akan kami sebutkan di bawah ini.

1. Kulit menjadi kering

Kebiasaan tidur dengan make up yang masih menempel bisa menyebabkan kulit wajah cenderung kering. Hal ini terjadi karena kondisi kulit yang masih tertutup lapisan make up sehingga pori-pori terhambat dalam menyerap oksigen yang dibutuhkan oleh kulit.

Terlebih jika penggunaan make up cenderung tebal dan berlapis-lapis. Akibatnya, bukan hanya permukaan kulit saja yang menjadi kering, namun juga terhambatnya proses regenerasi kulit akibat lapisan make up yang menutup kulit.

2. Iritasi kulit

Tidur tanpa menghapus make up bisa memicu terjadinya iritasi kulit yang ditandai dengan kulit menjadi kemerahan. Kondisi ini akan menimbulkan efek buruk pada reaksi alergi dan menurunnya kelembaban kulit.

Kandungan zat kimia di dalam produk make up yang bercampru dengan debu dan paparan polusi bisa memicu terjadinya gatal-gatal di wajah sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit.

3. Memicu terjadinya penuaan dini

Kondisi kulit yang cenderung kering akibat polesan make up yang tidak dihapus ketika tidur bisa menimbulkan efek yang lebih buruk bagi kulit yaitu timbulnya tanda-tanda penuaan dini berupa kerutan di wajah.

Hal ini terjadi sebagai akibat elastisitas kulit yang menurun sehingga kerutan wajah semakin terlihat, baik itu berupa garis halus di wajah atau bahkan kerutan yang benar-benar nyata.

Dalam hal ini kondisi kulit kering bisa menyebabkan kulit tidak mampu mengatasi radikal bebas yang masuk, sehingga terjadi kerusakan sel dan menghambat produksi kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit.

Kondisi lainnya yang bisa muncul akibat polesan make up yang tidak dihapus ketika tidur adalah kulit kusam akibat terhambatnya regenerasi kulit ketika tubuh sedang beristirahat.

4. Pori-pori membesar

Saat seseorang tidur dengan lapisan make up yang masih menempel, maka pori-pori wajah akan cenderung membesar jika dibandingkan dengan yang tidur tanpa menggunkan make up.

Hal ini terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori sehingga menyebabkannya terlihat membesar. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi kulit pada wajah yang menua, dimana elastisitas kulit menurun akibat faktor usia dan pori-pori cenderung lebih besar.

5. Memicu timbulnya jerawat

Pori-pori yang tersumbat oleh lapisan make up yang sudah bercampur dengan debu maupun polutan bisa menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang sehingga akhirnya memicu timbulnya jerawat.

Kondisi ini akan menjadi lebih parah jika sebelumnya wajah sudah berjerawat, sehingga penting untuk selalu menghapus riasan make up di wajah sebelum tidur pada malam hari.

6 Kulit bibir mengering

Kebiasaan tidur dengan make up yang masih menempel termasuk penggunakan lipstik bisa menyebabkan bibir menjadi mengering, bahkan bisa memicu terjadinya bibir pecah-pecah yang justru akan mengganggu penampilan.

7. Iritasi kelopak mata

Aplikasi mascara yang tidak dihapus ketika tidur bisa menyebabkan kulit pada kelopak mata tersumbat, sehingga bisa memicu terjadinya iritasi hingga pembengkakan.

Kondisi lain yang bisa terjadi akibat mascara yang tidak dihapus adalah resiko bulu mata yang lebih mudah patah maupun rontok. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kesehatan di area mata, sehingga perlu diantisipasi sebelumnya dengan menghapus mascara sebelum tidur.

Beberapa efek buruk akibat pengggunaan make up yang tidak dihapus sebelum tidur tentunya bisa dihindari dengan rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Dan pastikan wajah benar-benar bersih dari riasan make up agar terhindar dari efek buruk yang tidak diinginkan.

Luangkanlah waktu setidaknya 15 menit sebelum tidur untuk mendapatkan wajah bersih tanpa riasan make up demi kulit sehat yang diinginkan.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here