Wajib Tahu, Inilah 8 Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

2232
Wajib Tahu Inilah 8 Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Ibu Hamil – Bukan hal yang berlebihan jika pada masa kehamilan seorang ibu disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Karena apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh pada janin yang berada di dalam kandungan.

Selain harus memiliki kandungan nutrisi yang baik, makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan dan ala kadarnya. Hal ini penting untuk diketahui ibu hamil mengingat beberapa jenis makanan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Lalu apa sajakah jenis makanan yang dilarang saat hamil? Yuk simak uraian lengkapnya berikut ini!

Jenis Buah-Buahan Berikut Memicu Terjadi Resiko Keguguran

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya resiko keguguran. Resiko tersebut akab berdampak buruk jika tidak diatasi sesegera mungkin.

Ibu hamil yang tengah mengandung si kecil wajib mengetahui jenis apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan makanan yang harus dihindari. Berikut Arwini.com ketengahkan makanan yang menjadi pantangan ibu hamil, di antaranya:

1. Buah Pepaya Muda

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa pepaya muda mengandung enzim pepsin pada getahnya. Berdasarkan penelitian tersebut, enzim ini mampu memicu terjadinya kontraksi pada rahim, sehingga bisa meningkatkan terjadinya resiko bayi lahir prematur, cacat bahkan keguguran.

2. Buah Nanas

Buah nanas diketahui mengandung zat bromealin, dimana zat ini dapat menyebabkan kondisi rahim menjadi lunak. Jika hal ini terjadi, maka resiko terjadinya keguguran semakin tinggi, karena rahim tidak mampu menampung janin di dalamnya.

Selain bisa meningkatkan resiko keguguran, getah pada buah nanas juga bisa menyebabkan gatal pada perut ibu hamil, oleh karena itu nanas termasuk buah yang dilarang dikonsumsi saat hamil.

3. Buah Durian

Jika sebelumnya Anda penggemar durian, maka saat hamil Anda harus bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya. Durian dikenal sebagai buah yang banyak mengandung alkohol, yang akan berakibat buruk pada perkembangan janin yang dikandung.

Selain dapat meningkatkan resiko keguguran, alkohol juga dapat memicu bayi lahir dalam kondisi berat badan kurang. Efek yang hampir sama juga bisa timbul jika ibu hamil mengkonsumsi buah cempedak, karena kandungan alkohol pada buah ini cukup tinggi.

4. Buah Delima

Hampir sama dengan pantangan lainnya, buah delima juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Buah ini juga bisa memicu terjadinya kontraksi pada rahim sehingga dapat meningkatkan resiko keguguran pada janin yang sedang dikandung.

Jenis Makanan yang Berdampak Buruk pada Kesehatan Ibu dan Janin

Ada beberapa jenis makanan yang juga menjadi pantangan saat hamil karena bisa berpengaruh buruk pada kesehatan ibu dan janin, di antaranya adalah berikut ini.

5. Tape Fermentasi

Tape diketahui memiliki kandungan alkohol, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan yang merupakan hasil fermentasi singkong dan ketan ini bisa meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan kurang. Selain itu resiko keguguran menjadi akibat fatal jika dikonsumsi oleh ibu hamil dalam porsi yang berlebihan.

6. Makanan mentah

Makanan mentah menjadi pantangan saat hamil karena dikhawatirkan mengandung bakteri seperti salmonella, colliform dan toksoplasmosis yang bisa memicu terjadinya infeksi hingga dapat membahayakan kondisi janin dalam kandungan.

Beberapa jenis makanan mentah yang sebaiknya dihindari antara laim daging, telur, susu, dan seafood atau sushi. Selain itu lalapan mentah juga tidak dianjurkan karena kemungkinan mengandung bakteri dan zat pestisida yang sangat beresiko untuk kesehatan ibu dan bayinya.

7. Ikan Terntentu

Ikan merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, namun beberapa jenis ikan diketahui mengandung merkuri yang cukup tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa Zat merkuri dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak dan sistem syaraf janin.

Selain itu zat ini juga bisa memicu gangguan pemusatan perhatian hingga kemungkinan hiperaktif ketika anak berusia 8 tahun. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri antara lain adalah ikan mackarel, dan aneka kerang. Oleh karena itu ibu hamil harus selektif dalam memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi agar tidak berdampak buruk bagi kehamilannya.

8. Minuman Berkafein

Kafein merupakan senyawa yang terkandung dalam kopi, teh, maupun minuman suplemen. Minuman yang mengandung kafein tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, karena senyawa tersebut diyakini dapat menimbulkan gangguan fungsi jantung pada janin sehingga membahayakan kesehatan janin.

selengkapnya bisa Anda baca di artikel bahaya kafein bagi ibu hamil, tidak hanya itu ada banyak banyak dampak buruk dari kafein tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan dibuka tautan di atas.

Selain pantangan di atas, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga ringan agar tetap bugar selama kehamilan. Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu dalam menjalani proses kelahiran dengan mudah dan lancar.

Dari tulisan di atas, mungkin saja timbul pertanyaan seperti ini:

Bagaimana jika saya mengidam makanan di atas? apakah saya harus menghindarinya? atau bagaimana solusinya?

Memang benar ada beberapa wanita hamil yang menanyakan hal di atas, disadari atau tidak mengidam adalah hasrat yang harus terpenuhi bagi ibu hamil.

Namun, kami tekankan disini mengidam tidak serta merta harus dipenuhi. Logika sederhana yang mungkin timbul dari pertanyaan ini.

“Sebisa mungkin menghindari hal-hal yang berpengaruh buruk pada kesehatan mereka” sehigga ia akan melakukan cara terbaik untuk mendapatkan anak yang lahir dalam kondisi sehat.

Jika Anda tidak termasuk dalam kategori ini dan bersikukuh untuk mengkonsumsi makanan pantangan di atas, kami memiliki solusi yang telah kami ulas dalam artikel bahaya mengidam makanan yang harus dihindari.

Mudahan artikel Wajib Tahu, Inilah 8 Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here