Adakah Vitamin dan Suplemen Khusus untuk Ibu Hamil?

2099
Vitamin dan suplemen Wajub untuk ibu Hamil
Vitamin dan suplemen ibu Hamil

Apakah saya harus mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen Khusus?

Arwini.com – Hampir tak seorangpun yang dapat menerapkan pola makan yang sempurna setiap hari, terutama pada awal kehamilan, saat rasa mual dan ingin muntah datang silih berganti membuat selera makan juga hilang.

Meskipun suplemen vitamin harian tidak dapat menggantikan pola makan yang baik, suplemen dapat membantu menjamin bayi tidak terabaikan saat kebutuhan gizinya tidak terpenuhi, terutama selama beberapa bulan pertama pertumbuhan serta perkembangan bayi Anda (baca: Kondisi Bayi 1 Bulan).

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen asam folat selalama beberapa bulan pertama kehamilan dapat mengurangi resiko cacat pada bayi. Asam folat juga membantu mencegah persalinan prematur.

Penelitian yang lain menunjukkan bahwa mngonsumsi suplemen yang mengandung sekurang-kurangya 10 miligram vitamin B6 sebelum dan selama awal kehamilan dapat mengurangi rasa mual dan ingin muntah.

Suplemen khusus unuk ibu hamil kini telah tersedia, baik dalam bentuk obat resep dan obat bebas. Mintalah persetujuan beserta anjuran dokter atau bidan untuk mengetahui rincian kandungan suplemen yang baik.

Jangan mengonsumsi suplemen apapun selain suplemen kehamilan yang telah diresepkan oleh dokter.

Beberapa orang wanita mengaku saat mengonsumsi suplemen kehamilan justru mengakibatkan mual, terutama pada awal kehamilan.mengagantinya dengan produk yang lain mungkin dapat membantu.

Anda pun dapat mencoba untuk mengonsumsinya bersama dengan makanan segar lainnya. Pil bersalut (terbuat khusus) biasanya lebih mudah ditelan dan tidak menimbulkan rasa mual sat diminum.

Jika masih tetap terasa sulit, cobalah suplemen kunyah atau suplemen dalam bentuk lapas lambat yang lebih mudah untuk diminum. Jika rasa mual anda cukup parah, carilah suplemen yang memiliki kadar vitamin B6 lebih tinggi (semisal jahe) untuk meneralisir rasa mual.

Jika dokter atau bidang telah meresepka suplemen tertentu, tanyakan seputar suplemen yang anda sedang konsumsi sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Bagi sebagian wanita, zat besi dalam suplemen dapat mengakibatkan sembelit atau diare. Sehigga perlu informasi awal tentang jenis suplemen yang akan digunakan.

“Saya makan banyak sereal dan roti yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Jika saya juga mengonsumsi suplemen, tidakkah saya akan mengonsumsi terlalu banyak vitamin dan mineral? Apakah akan berdampak pada saya atau janin saya?”

Terlalu baik terkadang memang tidak baik, namun tidak demikian saat anda mengkonsumsi suplemen.

Mengkonsumsi vitamin yang diselaraskan dengan makanan, tidak mengakibatkan asupan vitamin dan mineral berlebihan.

Tingkat asupan yang berlebihan hanya akan tercapai apabila anda menambahkan suplemen lain yang tidak di bawah pengawasan dokter.

Maka, waspadalah pada makanan atau minuman yang diperkaya dengan vitamin A, D, E, dan K melebihi jumlah yang dianjurkan. Karena vitamin-vitamin ini dapat berubah menjadi racun saat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar.

Sebagian besar vitamin dan mineral dapat larut dalam air sehingga sisa yang tidak digunakan oleh tubuh dapat dikeluarkan saat anda buang air besar maupun air kecil.

Kekhwatiran tersebut akan sirna bilamana vitamin dan mineral yang anda konsumsi berasal dari buah-buahan karena sangat mudah larut di dalam tubuh.

Mudahan artikel suplemen vitamin ibu hamil ini dapat membantu anda dalam memperhatikan jenis makanan yang hendaknya dikonsumsi. Salam hangat dari penulis.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here