Tips Usir Rasa Kantuk saat Sahur di Bulan Ramadhan

Arwini.com – Tips usir rasa kantuk saat sahur di Bulan Ramadhan sangat diperlukan dimana pada saat puasa di bulan Ramadhan harus menahan lapar, haus, bahkan amarah memiliki efek yaitu rasa kantuk yang luar biasa.

Rasa kantuk ini sangat mengganggu bahkan ketika sedang bekerja. Energi cadangan yang dikumpulkan ketika sahur mulai berkurang pada saat melakukan aktivitas.

Selain aktivitas, faktor lain yang dapat mengakibatkan kantuk adalah aliran oksigen yang menuju otak tidak lancar.

Kemudian kantuk juga bisa dari faktor Anda kekurangan waktu tidur, hal ini karena tubuh Anda membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat.

abiummi.com

Tips Usir Rasa Kantuk saat Sahur di Bulan Ramadhan Dilihat dari Penyebabnya

Dilihat dari penyebabnya, penyebab utama dari kantuk ini yaitu berasal dari kadar glukosa yang ada dalam darah mengalami penurunan. Hal ini bisa disebabkan kondisi tubuh yang Anda miliki.

Inilah sebab dari otak kesulitan untuk berkonsentrasi karena otak membutuhkan glukosa yang dialirkan darah menuju ke otak.

Energi memang telah diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi ketika sahur, tetapi energi itu juga semakin lama akan semakin berkurang.

Berkurangnya energi ini dapat mengakibatkan hati secara otomatis mengeluarkan cadangan glikogen yang ada di dalamnya.

Cadangan glikogen ini membantu memberikan energi tambahan yang membuat tubuh serta otak tetap bekerja.

Kadar gula yang ada di dalam darah ini semakin lama akan semakin berkurang bahkan habis  sehingga mengakibatkan kantuk dan tubuh terasa lemas.

Maka dari itu, rasa kantuk biasanya terjadi pada siang hari dimana cadangan energi tubuh sudah mulai berkurang.

Selain kadar gula yang terus berkurang, asupan zat besi di dalam tubuh juga akan berkurang. Berkurangnya zat besi juga akan mengakibatkan rasa kantuk dan lemas. Namun rasa kantuk pada saat sahur ini biasanya terjadi karena rasa malas untuk bangun.

Untuk zat besi memiliki fungsi dalam memproses penyerapan oksigen yang menuju ke otak sehingga dapat mencegah rasa kantuk.

Tips Usir Rasa Kantuk saat Sahur di Bulan Ramadhan

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan rasa kantuk yang melanda ketika akan sahur pada Bulan Ramadhan. Berikut beberapa tips usir rasa kantuk saat sahur di Bulan Ramadhan yang dapat Anda coba:

1.Ketika rasa kantuk menyerang, cobalah tips pertama yaitu bangun dan pergi jalan-jalan. Pada saat akan sahur, biasanya males sekali untuk bergerak atau bangun dari tidur Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mencoba jalan-jalan sedikit karena jalan-jalan tidak akan menguras habis energi Anda. Justru jalan-jalan dapat membantu Anda mengembalikan tubuh Anda agar terasa segar.

Jalan-jalan juga dapat membantu sirkulasi darah menuju ke otak semakin meningkat karena hal ini membuat saluran pernapasan menjadi lebih longgar.

2.Tips berikutnya lakukan meditasi selama 5 menit karena meditasi dipercaya dapat menyegarkan tubuh Anda. Apabila Anda sudah tidak kuat untuk sahur maka janganlah memaksa diri, namun cobalah untuk bermeditasi sebentar.

Setidaknya lakukan meditasi sekitar 5 menit, tetapi tidak dengan menutup mata karena akan membuat Anda semakin mengantuk. Lakukanlah meditasi dengan cara merilekskan diri sambil latihan pernapasan.

Hal ini cukup membantu Anda dalam melancarkan kembali sirkulasi udara. Anda juga dapat bermeditasi dengan mendengarkan musik yang membuat Anda lebih rileks dan semangat kembali.

3.Tidur pada siang hari dapat membantu Anda bangun saat sahur karena terpenuhinya jam tidur Anda. Namun jangan salah, tidur siang yang dimaksud disini adalah tidur siang secara singkat. Tidur siang ini hanya dilakukan dalam beberapa menit.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang yang singkat dapat menjadikan tubuh lebih berenergi ketika bangun. Tidur siang singkat ini dilakukan dengan menyangga kepala dengan bantal atau punggung kursi.

4.Mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh Anda akan membantu badan Anda lebih segar. Sehingga Anda perlu cairan sebelum sahur agar tidak merasakan ngantuk dan malas yang luar biasa.

5.Bila Anda sedang bosan dan merasa ngantuk sekali saat sahur di bulan Ramadhan, cobalah untuk menemukan hal-hal yang membuat Anda tertarik atau hal lucu. Anda bisa mencarinya melalui laptop atau komputer dengan mencari gambar-gambar lucu.

Selain mencari di komputer, Anda juga dapat menemukan hal lucu dengan mengobrol bersama keluarga Anda.

Apabila tidak mengganggu orang tersebut, bergurau akan membantu Anda mencegah rasa kantuk. Karena rasa kantuk bisa saja diakibatkan dari tak memiliki teman berbicara.

Ketika siang hari Anda merasa ngantuk, Anda dapat pula mengatasi dengan meminum kopi. Anda bisa menerapkan meminum kopi saat sahur di Bulan Ramadhan agar tubuh Anda lebih segar dan tidak mengantuk maupun malas.

Sekian tips usir rasa kantuk saat sahur di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba dan dijadikan referensi.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here