Inilah 5 Hal yang harus Dilakukan Ketika Anda menjadi Karyawan Baru

1344
Tips Memulai Pekerjaan di Perusahaan Baru
Jadi Karyawan Baru (Foto: Leonardkim.com)

Arwini.com , Tips Saat Menjadi Karyawan Baru – Diterima bekerja dan menyandang status karyawan baru tentu menjadi semangat tersendiri bagi Anda yang selama ini sibuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.

Anda, Mungkin mulai membayangkan bagaimana suasana kerja yang akan dihadapi termasuk atasan dan rekan kerja di perusahaan tempat kerja yang baru.  Mungkin juga ada perasaan gugup, bingung, dan senang yang campur aduk terutama bagaimana harus bersikap dan beradaptasi di lingkungan baru agar hari pertama bekerja memberikan kesan yang menyenangkan.

Lalu bagaimana cara agar hari pertama kerja menyenangkan dan diterima di lingkungan kerja?  Tidak perlu panik, berikut ini adalah 5 hal yang harus dilakukan ketika Anda menjadi karyawan baru.

1. Perhatikan penampilan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda menjadi karyawan baru adalah memperhatikan penampilan.  Meski banyak anggapan bahwa penampilan bukan segalanya, namun kesan pertama ketika masuk kerja bisa dilihat dari penampilan Anda.  Kecenderungan orang akan merepresentasikan kepribadian seseorang melalui penampilannya.

Sehingga ketika Anda berpenampilan menarik, hal itu akan merepresentasikan Anda sebagai pribadi yang profesional.  Anda tidak perlu menganakan pakaian yang mahal atau mencolok, cukup dengan memilih perpaduan pakaian formal yang serasi, simpel dan nyaman.

Penting juga untuk mengetahui gaya berbusana di perusahaan tersebut sebelum Anda memilih pakaian yang akan dikenakan.

2. Cobalah untuk bersikap ramah

Meskipun Anda merasa memiliki banyak kelebihan dan kemampuan, namun cobalah untuk bersikap ramah kepada siapapun di lingkungan kerja Anda yang baru.  Bersikap ketus dan merasa paling pintar bukan pilihan yang tepat jika Anda ingin diterima di lingkungan kerja yang baru.

Tersenyum bisa menjadi awal bagi Anda untuk memberikan sinyal bahwa Anda ingin berinteraksi dengan rekan kerja di lingkungan baru.

Kalaupun Anda masih merasa canggung untuk berinteraksi dengan banyak orang di lingkungan kerja Anda, setidaknya dengan tersenyum Anda sudah menunjukkan sikap yang ramah.

3. Jangan sok akrab

Bersikap ramah bukan berarti harus sok akrab kepada siapapun di lingkungan kerja Anda yang baru.  Anda perlu mempelajari ritme yang ada di tempat kerja baru tersebut, jangan sampai Anda melakukan interaksi yang justru dianggap berlebihan dan kelewat batas.

Sikap sok akrab yang berlebihan bisa membuat orang lain cenderung risih, terlebih jika dilakukan oleh karyawan baru.  Bersikap ramah tidak perlu berlebihan, yang penting wajar dan tulus agar memberikan kesan yang baik di mata rekan kerja Anda yang baru.

4. Tunjukkan sikap optimis Anda

Sikap optimis yang dimiliki akan membuat Anda lebih bersamangat dalam bekerja meski berada di lingkungan kerja yang baru.

Dengan menunjukkan sikap optimis dan semangat kerja yang tinggi, rekan kerja baru Anda pun akan dengan senang hati memberikan penjelasan terkait pekerjaan Anda.

Sikap optimis yang Anda miliki juga akan sangat membantu dalam performa kerja sehingga seberat apapun tugas yang diberikan, Anda tetap samangat untuk menyelesaikannya dengan segala kemampuan yang Anda miliki.

Dengan semangat kerja yang tinggi dan percaya pada kemampuan, akan memberikan kesan bahwa Anda adalah karyawan yang bisa diandalkan meski status Anda adalah karyawan baru.

5. Jangan malu untuk bertanya

Jangan pernah merasa mengerti segalanya hingga enggan untuk bertanya, ingat Anda adalah karyawan baru.

Sudah sepatutnya Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga Anda bisa belajar banyak hal dari pekerjaan tersebut.  Namun demikian bukan berarti setiap tugas yang dibebankan kepada Anda perlu dipertanyakan, karena semua karyawan tentu sudah memiliki tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.

Tanyakanlah seperlunya perihal tugas yang memang Anda benar-benar belum memahaminya, agar orang lain tidak merasa terganggu dengan kehadiran Anda sebagai karyawan baru yang terlalu banyak bertanya.

5 hal yang harus Anda lakukan ketika menjadi karyawan baru tersebut bisa menjadi pertimbangan saat memasuki dunia kerja.

Selain itu, penting juga bagi untuk bisa bekerja sama dengan semua rekan kerja karena Anda adalah bagian dari sebuah team.  Semakin baik kerjasama dengan rekan kerja, maka semakin baik pula produktivitas kerja.

Baca Juga: Tipe Pegawai yang Tidak Disukai Atasan

Memberikan masukan, ide maupun pemikiran kreatif bisa menjadi salah satu cara menjalin kerja sama yang baik dengan rekan kerja yang lain.  Nah, sudah siapkah Anda menjadi karyawan baru?  Good luck!

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here