Sedang Menyusui? Inilah Tips Puasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui

1122

Arwini.com – Apakan Anda salah satu bunda yang sedang menyusui? Inilah beberapa tips aman puasa ramadhan bagi ibu menyusui yang perlu bunda ketahui agar ASI yang dikeluarkan bisa lebih banyak dan bayinya pun segar ketika meminumnya.

Loading...

Sebentar lagi bulan Ramadhanpun tiba, tinggal menghitung minggu saja. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua kaum muslim karena semua yang terhitung akan berkali lipat pahalanya.

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh semua kaum muslim, terutama yang sudah baligh umurnya. Lalu bagaimankah dengan ibu yang masih menyusui? Wajib kah? Yuuk simak beberapa ulasan berikut ini.

Pada dasarnya hukum melakukan ibadah puasa tetap wajib bagi ibu menyusui. Namun Islam memberi kelonggaran bagi ibu yang sedang menyusui untuk tidak berpuasa dan wajib menggantinya dilain waktu atau bisa juga dengan membayar fidyah.

Bagi ibu hamil dan menyusui jika tidak berpuasa karena khawatir kana kesehatanya sendiri, maka dia menganggap seperti orang yang lagi sakit. Jadi untuk mengganti puasa seperti halnya orang sakit, akan mengganti di hari lain.

Sedangkan jika ibu hamil dan menyusui khawatir akan bayinya, maka akan dianggap seperti orang tua yang tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan puasa jadicara menggantinya pun seperti cara orang tua yakni dengan membayar fidyah.

Lalu bagaimanakah cara membayar fidyah? Seperti yang kita tahu bahwa fidyah adalah memberi makan para orang fakir miskin. Untuk satu kali puasa bisa diganti dengan membayar satu kali fidyah.

Nah untuk ukuranya yakni seperti ukuran makan kita sehari-hari yakni 3X sehari kurang lebih sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika Anda ingin membayar dengan uang yaitu seperti halnya biaya makan 3X sehari.

Pada saat membayar fidyah tentunya ada tata caranya yakni salah satunya adalah adanya ucapan ijab qabul.

Lalu bagaimana dengan ibu yang lagi menyusui dan ingin melaksanakan ibadah puasa? Pada dasarnya selama keadaan ibu serta bayinya yang sehat, maka boleh untuk berpuasa.

Tapi jika si ibu merasa khawatir akan kesehatan bayinya seperti produksi ASI berkurang, kekurangan gizi, dan sakit, maka Islam memberi kelonggaran dan menyarankan untuk tidak berpuasa.

ngobas.com

3 Tips Paling Aman Ketika Puasa Ramadhan bagi Ibu Menyusui

Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan jadwal makan sangatlah berubah pada saat berpuasa, namun hal tersebut bukan berarti nutrisi serta asupan makanan yang dimakan juga ikut berubah secara drastis.

Paling terpenting bagi ibu menyusui yakni sangat dianjurkan untuk makan 3X sehari dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi yang seimbang serta semua nutrisi akan tercukupi untuk sang ibu dan bayinya.

Asupan makanan yang mengandung gizi seimbang yang memiliki komposisi karbohidrat sebanyak 50%, protein sebanyak 30 % dan juga lemak sebanyak  20%.

Bagi ibu hamil yang ingin berpuasa sebaiknya megikuti beberapa tips berikut ini agar produksi ASI selama sang ibu berpuasa masih tetap lancar dan tentunya berkualitas untuk sang buah hati tercinta:

1.Mengonsumsi makanan yang bisa pelancar ASI

Beberapa makanan ternyata sangat dipercaya bisa memperlancar ASI seperti sayuran dan buah-buahan seperti buah pepaya, jambu air, semangka, daun katuk, kecambah, dan juga daun pepaya.

Bagi ibu hamil bisa mengonsumsi salah satu makanan tersebut agar produksi ASI pada saat berpuasa tetap lancar.

2.Penuhi asupan makan dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui tentunya membutuhkan banyak kalori yakni sekitar 700 kalori perharinya.

Oleh sebab itu sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang agar kebutuhan gizi sang ibu dan buah hati masih tetap terpenuhi.

3.Konsumsilah banyak cairan ketika berpuasa dan sahur

Pada saat berpuasa tentunya selama sehaian penuh tidak makan dan minum, oleh sebab itu sebaiknya konsumsilah air putih kurang lebih 2 liter dengan ditambahi beberapa jenis cairan lainya.

Adapun jenis cairan lainya seperti jus buah, susu dan juga teh hangat. Dengan mengonsumsi segelas susu saat sahur mampu mengurangi beberapa ancaman anemia bagi ibu yang sedang menyusui.

Selain itu ketika berbuka, hindari untuk minum air es, sebaiknya minumlah air hangat agar bisa merangsang kelancaran ASI.

4.Istirahatlah yang cukup

Ketika berpuasa merasa lemas mungkin hal tersebut lumrah terjadi terlebih lagi jika yang berpuasa adalah ibu menyusui.

Jika terasa lemas, cobalah untuk beristirahat sejenak dengan cara tidur santai dan relax agar pikiranpun akan tenang.

Seperti yang kita ketahui bahwa jika payudara sang ibu sering dihisap oleh sang bayi, akan semakin besar pula produksi ASI yang dihasilkan.

Oleh karena itu sebaiknya selama menjalankan ibadah puasa sang ibu tetaplah rajin untuk menyusui agar ASI yang dikeluarkan tetap lancar.

Itulah beberapa tips yang aman ketika puasa ramadhan bagi ibu menyusui. Ikuti beberapa tips yang sudah tertera di atas agar produksi ASI tetep lancar untuk sang buah hati. Semoga bermanfaat!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here