Pekerja Berat Jangan Takut untuk Puasa Ramadhan, Ikuti Tips Berikut!

1957
tips puasa bagi pekerja berat

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”  (QS. Al-Baqarah: 183).

Ayat dalam Al-Qur’an tersebut berisi tentang perintah menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi orang-orang yang beriman.  Sebagai umat muslim, ibadah puasa Ramadhan wajib hukumnya.  Lalu bagaimana dengan pekerja berat?  Apakah ada keringanan dan boleh tidak puasa?

Pada dasarnya ada 4 golongan yang mendapatkan keringananan untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan, yaitu orang yang sedang sakit dengan tetap wajib mengganti puasanya ketika sudah sembuh.  Yang kedua adalah orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan wajib menggantinya di lain hari sebanyak hari yang ditinggalkannya.

Golongan ketiga adalah orang yang sudah tua renta, lemah atau sakit yang tidak kunjung sembuh dan boleh menggantinya dengan membayar fidyah tanpa mengqodho puasanya.  Golongan keempat adalah wanita hamil dan menyusui karena khawatir terhadap janin dalam kandungan atau berkurangnya produksi ASI.

Dari keempat golongan tersebut tidak disebutkan bahwa pekerja berat mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa.  Tentu tidak mudah menjalankan ibadah puasa di tengah aktifitas kerja yang berat dan menguras tenaga.

Namun begitu, harus tetap ikhlas menjalani ibadah puasa sebagai wujud kepatuhan seorang hamba kepada Penciptanya.  Nah, agar puasa tetap lancar berikut ini adalah tips menjalani puasa Ramadhan bagi pekerja berat yang bisa dicoba.

Tips Puasa Bagi Pekerja Berat

  1. Banyak minum air putih

Kebutuhan air bagi pekerja berat tentu lebih tinggi dibandingkan orang biasa.  Agar tetap berenergi dan tidak mengalami dehidrasi maka dianjurkan untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak setelah berbuka puasa dan di malam hari.  Minum air putih bisa dilakukan secara bertahap untuk menenuhi kebutuhan air pada saat berpuasa.

Jika orang biasa membutuhkan 6-8 gelas per hari, maka pekerja berat dianjurkan setidaknya 12 gelas.  Minum air dalam jumlah banyak sekaligus tentu tidak dianjurkan, sebaiknya minum sedikit-sedikit tapi sesering mungkin untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

  1. Konsumsi minuman isotonik

Fungsi utama minuman isotonik adalah sebagai pengganti cairan tubuh atau elektrolit yang dikeluarkan selama bekerja di siang hari.  Jika tidak ada minuman isotonik bisa menggantinya dengan air kelapa yang lebih alami.  Jika air kelapa pun tidak ada, ahli gizi menyarankan untuk memanfaatkan garam dapur sebagai pengganti elektrolit.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Siapapun yang sedang menjalankan ibadah puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit selama berpuasa dan menjalankan aktifitas.  Demikian juga dengan pekerja berat yang membutuhkan energi ekstra untuk melakukan pekerjaannya.  Dengan mengkonsumsi makanan bergizi tubuh akan lebih kuat sehingga puasa tetap lancar meskipun sedang bekerja berat.

  1. Mencukupi kebutuhan serat sehari-hari

Mencukupi kebutuhan serat sahari-hari seperti buah dan sayur sangatlah penting, dan bukan hanya di bulan puasa saja.  Karena serat memiliki peran yang cukup penting untuk melancarkan fungsi pencernaan.  Sistem pencernaan yang baik akan membantu penyerapan sari-sari makanan secara optimal sehingga makanan yang dikonsumsi bisa menjadi energi bagi tubuh yang diperlukan untuk beraktifitas.  Serat yang cukup akan membantu kita merasa kenyang lebih lama sehingga tetap semangat bekerja.

Selain itu kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam makanan berserat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.  Sehingga tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit meskipun menjalani pekerjaan yang menguras tenaga.

Meskipun memiliki pekerjaan yang berat dan menguras energi, namun kewajiban menjalankan ibadah puasa harus tetap dilaksanakan.  Karena pada dasarnya puasa bukanlah sesuatu yang akan membuat kita menjadi lemah.

Puasa justru merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan melatih tubuh untuk tetap kuat.  Bahkan puasa sering dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat.

Memantapkan niat dan ikhlas menjalani ibadah puasa semata-mata karena Allah SWT bisa menjadi salah satu cara untuk tetap kuat meskipun memiliki pekerjaan berat sekalipun.  Selama kita ikhlas dan tunduk pada perintah Allah SWT nisacaya semua ibadah, apapun bentuknya akan terasa ringan dan menyenangkan.  Insyaallah.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here