Tips Menjalankan Ibadah Puasa bagi Penderita Maag

478
Tips menjalankan ibadah puasa bagi penderita maag

Arwini.com – Tips menjalankan ibadah puasa bagi penderita maag perlu diperhatikan bilamana kita mengalami gangguan penyakit ini. Puasa yang terjadi sekitar 14 jam mengharuskan seorang muslim untuk menahan lapar, haus, dan segala yang membatalkan puasa.  Keharusan ini tidak dikecualikan kepada penderita maag, sehingga mereka pun harus melakukan ketentuan yang telah ditetapkan.

Terdapat beberapa penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa puasa ramadhan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama membantu sistem pencernaan dalam mengurangi kinerja berlebihan. Sehingga banyak yang mengaitkan penyakit maag dengan puasa ramadhan.

Maag erat kaitannya dengan perut yang kosong, membutuhkan beberapa asupan makanan untuk mengganjal perut. Tidak mengherankan bila banyak orang yang mencari tata cara berpuasa bagi penderita maag.

Tentu pertanyaan lanjutan yang muncul, apakah puasa dapat membantu meringankan penyakit maag yang diderita seseorang? bagaimana tips-tipsnya? dan apa saja yang harus dilakukan?

Pada artikel ini, sahabat arwini akan mendapatkan gambaran mengenai tips menjalankan ibadah puasa bagi penderita maag dan apa saja yang harus dilakukan untuk mengurangi hal-hal serius yang akan terjadi.

papasemar.com

Tips Menjalankan Ibadah Puasa bagi Penderita Maag

Pada minggu pertama puasa akan terasa lebih berat karena harus beradaptasi dengan pola makan yang tidak biasa dilakukan. Namun seiring berjalannya waktu, puasa pada minggu-minggu berikutnya akan terasa lebih ringan.

Tentu hal ini juga berlaku bagi penderita maag, sehingga dibutuhkan beberapa perencanaan pokok untuk mengatasi hal tersebut. Berikut tips menjalankan ibadah puasa bagi penderita maag:

1. Memaksimalkan makan sahur

Makan sahur bagi penderita maag merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Bahkan dapat dikatakan, sahur merupakan kunci sukses menjalani puasa bagi penderita maag. Makan sahur dapat membantu lambung agar tidak kosong serta dapat mempertahankan keasaman lambung secara stabil.

Ada beberapa jenis makanan sahur yang direkomendasikan, untuk hal ini sahabat arwini bisa membaca artikel kami menu sahur bagi penderita maag agar dapat mengurangi hal-hal yang akan terjadi saat berpuasa.

Perhatikan porsi sahur, lebih baik membiarkan lambung rileks dalam bekerja daripada meningkatkan kinerja lambung yang mengakibatkan dinding-dinding lambung berkontraksi secara berlebihan.

2. Menyegerakan Berbuka

Sama halnya dengan sahur, penderita maag juga tidak boleh menunda waktu berbuka. Segerakan berbuka dengan makanan yang gampang diserap oleh tubuh. Hindari makanan yang berpengaruh buruk pada lambung, terutama makanan yang memicu asam lambung meningkat.

Sebaliknya mengkonsumsi makanan maupun minuman manis yang mudah diserap oleh tubuh. Terkait dengan hal ini, bisa anda baca pada poin empat.

3. Hindari tidur setelah sahur

Tidur setelah selesai makan mengakibatkan sekresi dari asam lambung menjadi meningkat, begitu pula dengan gerak peristaltik dari pankreas akan meningkat saat tidur. Selain itu, rasa lapar akan menyerang penderita maag karena proses pencernaan melambat.

Lakukan aktivitas tambahan setelah sahur (baca: bahaya tidur setelah sahur), bisa dengan mengaji, jalan santai maupun aktivitas lain yang tidak memberatkan.

4. Hindari makanan pantangan

Selain memaksimalkan sahur dan menyegerakan berbuka, beberapa jenis makanan juga patut diwaspadai. Hindari makanan yang memiliki ciri-ciri di bawah ini:

  • Makanan yang memiliki kandungan lemak berlebihan dan kandungan gas.
  • Makanan yang mengakibatkan peningkatan asam lambung.
  • Makanan yang sangat sulit untuk dicerna.
  • Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung.
  • Makanan yang mengakibatkan lemahnya klep pada kerongkongan bagian bawah.
  • Dan makanan yang merupakan sumber karbohidrat tinggi (kurangi).

5. Perhatikan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tidak hanya berlaku bagi penderita maag, manusia sehat pun membutuhkan hal demikian. Kurangi stress, hindari merokok, konsumsi makanan sehat, lakukan olahraga ringan merupakan serangkaian kegiatan yang bisa membantu dalam mencegah penyakit yang akan muncul, tidak terkecuali penyakit maag.

Stres berlebihan akan memicu asam lambung meningkat, bahkan berujung pada kerusakan dinding lambung.

Bolehkah mengkonsumsi obat Maag?

Pertanyaan yang umum dilontarkan penderita maag, bolehkah mengatasi maag dengan mengkosumsi obat setelah sahur.

Terkait dengan obat-obatan seputar penyakit maag, kami merekomendasikan sebagai langkah akhir dalam melakukan hal demikian. Bilamana tips pertama hingga kelima tidak berpengaruh baik bagi penyakit yang sedang diderita, maka langkah terakhir yang bisa sahabat arwini lakukan adalah menggunakan obat.

Obat yang bagus bagi penderita maag adalah obat yang tidak mengganggu kerja ginjal serta dapat menekan asam lambung yang terus berproduksi. Jenis obat ini dapat berupa antagonis reseptor H2 atau PPI Proton Pump Inhibitor yang dapat menekan asam lambung.

Obat-obatan ini sebaiknya diminum sebelum makan sahur atau sekitar 30 menit hingga 1 jam. Dapat pula diminum setelah makan sahur sekitar 30 menit atau 1 jam. Bagi penderita maag yang sedang menjalankan pengobatan dengan dosis yang cukup tinggi, sebaiknya dikonsumsi dalam jangka 2 kali sehari. Sebaliknya, hindari obat-obatan yang memiliki kandungan Alumunium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida.

Selain itu, bisa juga menggunakan obat-obatan herbal seperti lidah buaya, temulawak, kunyit atau juga lemon. Pastikan untuk selalu berkonsultasi ke dokter terkait penggunaan obat-obat ini.

Penanganan lebih lanjut

Ada beberapa kondisi dimana penderita maag harus melakukan langkah pencegahan lebih lanjut. Jika mengalami kondisi ini, maka menghubungi dokter merupakan prioritas utama. Kondisi ini di antaranya adalah: Gejala muntah-muntah, nyeri berlebihan pada ulu hati, BAB berwarna hitam dan mengalami perdarahan.

Jangan paksakan untuk berpuasa, begitu juga dengan mengkonsumsi obat-obatan. Segera konsultasikan ke dokter.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here