10 Tips Menjaga Kelancaran ASI Saat Puasa Ramadhan

Arwini.com – Tips menjaga kelancaran ASI saat puasa Ramadhan bagi ibu-ibu yang memiliki bayi dan sedang tahap pemenuhan kebutuhan ASI. Tentu saja nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui berbeda, begitu pula dengan aktivitasnya.

Hal ini menjadi pertimbangan ketika waktu pemberian ASI pada bayi Anda bertepatan dengan puasa Ramadhan. Walaupun agama tidak memaksa untuk melakukan puasa Ramadhan, karena Anda bisa menggantinya di lain hari.

Untuk memproduksi ASI dan juga masa pemulihan setelah melahirkan, kebutuhan gizi Anda tentu saja menjadi 2 kali lipat. Pemberian ASI bagi bayi Anda adalah suatu hal yang harus terpenuhi, karena ASI memiliki kandungan yang lebih baik dibanding susu formula.

Ada yang mengatakan bahwa waktu Anda memutuskan untuk berpuasa pada saat bayi Anda sudah berumur 6 bulan dan tidak memiliki ketergantungan terhadap ASI.

kintakun-collection.co.id

Tips Menjaga Kelancaran ASI Saat Puasa Ramadhan

Apabila Anda tetap ingin melakukan puasa Ramadhan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda. Atau Anda dapat mencoba tips menjaga kelancaran ASI saat puasa Ramadhan berikut:

1.Cukupilah cairan tubuh

Tips pertama yaitu mencukupi cairan tubuh karena berpuasa selama 14 jam tidak makan maupun minum. Cairan tubuh juga sangat menentukan kualitas ASI yang dihasilkan.

Cara terbaik agar asupan cairan tubuh tetap terpenuhi dan kulitas ASI tetap terjaga yaitu saat sahur dan buka puasa.

2.Kurangilah mengonsumsi makanan olahan

Tips berikutnya yaitu sebaiknya Anda mengurangi mengonsumsi makanan olahan saat sahur. Karena biasanya saat sahur orang-orang lebih memilih cara praktis seperti menu olahan, sehingga Anda harus mengurangi menu tersebut.

Olahan yang mengandung bahan kimia berupa pengawet dan juga MSG yang cukup tinggi ini sangat mempengaruhi kualitas susu. Sebaiknya menggunakan bahan alami dengan membuat menu makan sahur yang sederhana.

3.Hindari makanan yang kurang sehat

Saat berbuka puasa tentu saja banyak makanan yang ingin Anda makan dan sangat mengundang selera. Namun Anda tidak boleh tergoda dengan makanan yang kurang sehat, karena kandungan makanan mempengaruhi kualitas ASI bagi bayi Anda.

Sebaiknya Anda menghindari makanan yang ada di pinggir jalan, karena makanan-makanan tersebut memiliki resiko tercemar asap dari kendaraan.

4.Hindari mengonsumsi seafood

Bagi Anda penggemar seafood, untuk sementara waktu sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya. Hal ini karena dikhawatirkan makanan tersebut mengandung merkuri yang justru sangat membahayakan kesehatan dan juga kulitas ASI.

Ada jenis-jenis ikan laut yang diduga memiliki kandungan merkuri, ikan-ikan tersebut semisal ikan asap, kerang, dan lain sebagainya.

5.Perbanyak mengonsumsi sayuran

Jangan lupa untuk meningkatkan mengonsumsi sayuran karena sayuran dipercaya dapat mengatasi masalah pada pencernaan Anda saat bulan Ramadhan. Sedangkan bagi ibu menyusui, sayuran hijau cukup bagus untuk meningkatkan produksi ASI.

Anda sebaiknya juga memperhatikan cara mencuci sayuran dan pastikan Anda mencucinya hingga benar-benar bersih dan terhindar dari pestisida.

6.Cukupi kebutuhan gizi

Selalu menjaga dan memenuhi kebutuhan gizi Anda. Hal ini karena kebutuhan gizi yang tercukupi akan memperlancar ASI yang zat cadangannya digunakan dengan cepat.

Apabila asupan makanan Anda saat makan sahur maupun berbuka puasa kurang, ini akan mengakibatkan berat badan menjadi menurun secara drastis. Sehingga ibu menyusui membutuhkan asupan makanan dengan gizi yang tinggi 2 kali lipat.

7.Jagalah kesehatan

Jagalah selalu kesehatan Anda, karena kesehatan juga akan berdampak pada produksi ASI.
Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang Anda konsumsi saat sahur maupun buka puasa sehingga juga tidak akan berdampak pada daya tahan tubuh.

8.Selalu berpikir positif

Sebaiknya menghindari berpikir terlalu berlebihan, karena ini bisa saja berdampak pada keadaan psikologis Anda. Lebih baik bila Anda melakukan aktivitas dibarengi pikiran yang positif.

Apabila Anda memiliki jam istirahat pada siang hari, manfaatkan sebaik mungkin meski hanya sebentar. Tidur malam juga termasuk istirahat yang berkualitas dan sangat baik bagi Anda.

9.Konsultasi ke dokter jika ingin berpuasa

Bila ASI Anda memiliki masalah tentang kelancarannya, sebaiknya tidak memaksakan berpuasa Ramadhan. Dalam agama pun telah dikatakan bahwa wanita hamil dan juga menyusui mendapat keringanan berpuasa.

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkannya sebaik mungkin. Anda dapat pula melakukan konsultasi dengan dokter agar tidak mengganggu kesehatan bayi.

Terutama apabila bayi Anda masih di bawah 6 bulan yang masih sangat bergantung pada ASI. Jadi sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter jika ingin berpuasa.

10.Konsumsilah makanan yang dapat pelancar ASI

Tips terakhir yaitu perbanyaklah mengonsumsi kurma maupun madu dan juga jintan hitam. Karena makanan-makanan tersebut dapat menjaga kualitas maupun kuantitas dari cairan ASI Anda.

Hal ini dikarenakan juga kurma, madu, dan juga jintan hitam memiliki kandungan vitamin alami dan juga komposisinya yang lengkap.

Demikian tips menjaga kelancaran ASI saat puasa Ramadhan yang dapat Anda coba dan Anda pertimbangkan. Sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan baik dan perhatikan kondisi tubuh Anda juga.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here