Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Bayi

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Bayi – Pasti sangat mengkhawatirkan melihat anak tidak bisa menelan makanan atau susu karena tenggorokannya mengalami masalah. Sakit tenggorokan pada bayi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun yang paling sering disebabkan karena infeksi virus. Selain tidak bisa menelan makanan dengan mudah, bayi juga menjadi lebih gampang menangis, dan susah untuk dikendalikan. Biasanya sang ibu akan membawanya ke dokter terdekat, namun sebenarnya ada kok cara-cara mudah mengatasi sakit tenggorkan pada bayi, dan hal tersebut bisa dilakukan di rumah tentunya. Berikut ini Arwini mencoba mengulas dan memberi tips mengatasi sakit tenggorokan pada bayi, berikut ulasannya.

Loading...

 

Apa Sich Penyebab Sakit Tenggorokan pada Bayi?

Sebelum kita membahas beberapa tips mengatasi sakit tenggorokan pada bayi, ada baiknya Anda mengetahui apa sich penyebab sakit tenggorokan pada bayi. Perlu sahabat Arwini ketahui, terdapat berbagai faktor mengapa bayi bisa mengalami sakit tenggorokan. Beberapa masalah kesehatan bisa menjadi penyebab terjadinya sakit tenggorokan pada bayi seperti cacar air, campak, dan juga penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Namun penyebab utama terjadinya penyakit sakit tenggorokan pada bayi adalah viral infection atau infeksi virus. Biasanya dokter akan melihat pada bagian tonsil atau amandel, jika terjadi benjolan atau juga adanya luka maka dokter akan memastikan bahwa bayi memang terserang infeksi virus atau bakteri pada tenggorokannya.

 

Bagaimana Caranya Virus Bisa Menginfeksi Tenggorokan?

Anda mungkin bertanya, bagaimana caranya bakteri atau virus bisa menginfeksi tenggorokan bayi? Bakteri atau virus tersebut bisa bersumber dari berbagai hal seperti lingkungan, makanan, ataupun cuaca. Lingkungan yang jorok, kotor dan penuh debu merupakan salah satu sumber utama terjadinya sakit tenggorokan pada bayi. Asap rokok, bulu hewan peliharaan, serbuk sari juga menjadi penyebab adanya bakteri dan virus pada tenggorokan bayi. Salah satu bakteri yang paling sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah streptococcus. Infeksi bisa juga disebabkan karena bayi batuk dengan sangat keras, sehingga terjadi luka dibagian tenggorokan.

 

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Bayi

Perlu sahabat Arwini ketahui, sebenarnya tidak perlu menggunakan metode klinis apapun untuk mengobati sakit tenggorokan pada bayi. Virus atau bakteri akan hilang dengan sendirinya dalam rentang waktu satu minggu. Yang perlu dilakukan adalah pencegahan dan juga cara-cara sederhana untuk mengatasinya, berikut beberapa tips mengatasi sakit tenggorokan pada bayi:

  • Tempatkan Bayi Pada Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Salah satu cara terbaik mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan pada bayi adalah dengan menempatkannya di tempat yang tepat. Tempat yang tepat disini berarti ruangan yang bersih dan sehat. Perlu diperhatikan juga bahwa sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh ruangan yang dingin dan pengap. Tempatkan penghangat atau pelembab ruangan untuk menjaga kelembaban dan kehangatan ruangan tempat bayi berada.

  • Perbanyak Istirahat dan Konsumsi Cairan

Jika bayi Anda sudah berumur 6 bulan keatas, maka pastikan asupan cairan selalu terjaga. Asupan ASI yang konsisten dapat menjaga metabolisme tubuh bayi, sehingga sakit tenggorokan pun bisa cepat sembuh. Pastikan juga waktu istirahat bayi terjaga dan selalu tempatkan di tempat yang nyaman.

 

Demikianlah beberapa informasi dan tips mengatasi sakit tenggorokan pada bayi. Jika sakit tenggorokan ternyata sangat parah hingga bayi tidak bisa menelan makanan, maka jangan ragu untuk membawa bayi ke rumah sakit terdekat.

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here