Tips Mengatasi Gigi Sensitif saat Puasa Ramadhan

384

Arwini.com – Tips mengatasi gigi sensitif saat puasa Ramadhan sangatlah perlu karena pada saat menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan, masalah mulut sering menjadi keluhan seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa. Salah satunya ialah permasalah gigi sensitif.

Gigi sensitive merupakan kondisi dimana gigi akan merasa ngilu saat terkena makanan atapun segala minuman yang dingi, panas, pedas, maupun asam. Kondisi seperti akan lebih parah jika terjadi pada seseorang yang sedang menjalani puasa.

Biasanya sajian saat berbuka puasa sangat bermacam-macam. tak jarang seseorang yang puasa membalas dendamnya dengan menyantap segala jenis makanan saat berbuka.

Sebagian besar orang mengalami ngilu pada gigi pada saat menyantap makanan yang terlalu panas ataupun dingin pada saat berbuka puasa.

Gigi sensitive lebih sering menyerang seseorang yang sedang berpuasa karena pada saat itu rongga mulut seseorang menjadi lebih mengering. Hal ini disebabkan karena kegiatan mengunyah yang dilakukan oleh mulut saat berpuasa semakin berkurang.

Kondisi seperti ini dapat menyebabkan mulut mengeluarkan air liur yang lebih sedikit sehingga gigi sensitive tidak dapat dilindungi secara efektif.

Gigi sensitive tentu sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari pada saat puasa. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan tips mengatasi gigi sensitive pada puasa ramadhan.

1001inspirasiramadhan.com

Tips Mengatasi Gigi Sensitive ketika Berpuasa

Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gigi sensitive pada saat menjalani ibadah puasa ramadhan. beberapa tips tersebut antara lain:

1.Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air

Bagi Anda yang mengalami masalah gigi sensitive, sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur mayur yang mengandung banyak air. Hal ini dapat membantu meningkatkan produksi air liur pada mulut Anda pasa saat menjalani ibadah puasa

2.Kurangi makanan yang banyak mengandumng cuka, soda, ataupun lemon

Pada saat berpuasa sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman yang banyak memiliki kandungan cuka, soda, ataupun lemon. Hal ini dapat membantu mnegatasi masalah gigi sensitive Anda pada saat berpuasa

3.Menyikat gigi secara hati-hati

Biasakan berhati-hati pada saat menyikat gigi. Menyikat gig sebaiknya dilakukan secara benar dari gusi hingga ke gigi dengaan lembut dan dilakukan dengan gerakan memutar.

Pada saat menyikat gigi, sebaiknya Anda menggunakan sikat gigi yang lembut. Biasanya terdapat sikat gigi yang khusus bisa digunakan untuk gigi sensitive.

4.Gunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitive

Salah satu tips untuk mengatasi gigi sensitive pada saat puasa di bulan ramadhan ialah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi perawatan gigi sensitive.

Pasta gigi ini dapat mengolesi lapisan gigi dengan lebih aman agar gigi tidak mudah ngerasa ngilu.

5.Menyikat gigi secara rutin

Pada saat berpuasa, sikatlah gigi secara rutin setiap setelah makan sahur dan berbuka puasa. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi gigi sensitive pada saat puasa di bulan ramadhan.

6.Memeriksakan gigi ke dokter apaliba diperlukan

Untuk mengatasi gigi sensitive pada saat berpuasa di bulan ramadhan, Anda dapat memeriksakn gigi ke dokter apabila diperlukan.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi yang terjadi pada gigi karena sekecil apapun masalah gigi dapat menyebabkan masalah bau mulut.

7.Hindari makanan yang pedas, panas, serta asam

Salah satu cara untuk mengatasi gigi sensitive pada saat puasa yaitu Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang pedas, panas, ataupun asam. Anda perlu mengontrol makanan yang Anda santap pada saat sahur ataupun berbuka puasa.

8.Hindari makanan atau minuman manis

Pada saat sahur, berbuka puasa, ataupun makan di malam hari saat berpuasa, usahakan Anda menghindari makanan ataupun minuman yang terlalu manis. Makanan dan minuman yang manis dapat masuk ke saraf gigi sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

9.Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium

Salah satu cara untuk mengatasi gigi sensitive pada saat berpuasa, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Hal ini berfungsi untuk memperbarui jaringan gigi yang sudah rusak. Sehingga gigi sensitive Anda dapat teratasi.

Makanan ataupun minuman yang banyak mengandung kalsium seperti misalnya susu, brokoli, kedelai, kacang panjang, dan lain sebagainya.

10.Menggunakan obat kumur setelah gosok gigi

Salah satu cara untuk mengatasi terjadinya gigi sensitive pada saat menjalani ibadah puasa ramadhan ialah menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi. Hal ini bertujuan agar sisa kuman dan bakteri yang tersisa di dalam mulut dapat dibersihkan secara maksimal.

Demikian beberapa tips mengatasi gigi sensitive saat puasa di bulan ramadhan. tips-tips tersebut diatas dapat Anda lakukan agar ibadah puasa Anda di bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa gangguan akibat gigi sensitive.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, khusunya bagi Anda yang menjalani ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here