Tips Menahan Lapar Saat Puasa Ramadhan

1668

Arwini.com – Tips menahan lapar saat puasa Ramadhan memiliki beberapa manfaat diperlukan agar pada saat berpuasa agar badan selalu fit dan tidak lemas.

Perlu diketahui bahwa apa itu puasa adalah menahan lapar, minum maupun menahan diri dari hawa nafsu sehingga puasa yang kita jalankan adalah sah hukumnya.

Adapun hukum puasa Ramadhan bagi seorang muslim adalah hukumnya wajib. Sehingga tidak boleh ditinggalkan. Tidak wajib bagi non muslim.

Saat berpuasa pastinya merasa lapar sehingga kita tidak bisa menahan lapar, tapi itu semua juga akan tidak terasa jika kita menjalaninya dengan ikhlas.

Selain menjalaninya karena keikhlasan kita sebagai menjalani kewajiban sebagai seorang muslim. Hal itu juga dapat disiasati dengan beberapa tips yang dapat digunakan untuk menahan lapar saat puasa Ramadhan.

Tips Menahan Lapar Saat Puasa Ramadhan
Resiliencefitness.com

8 tips Menahan Lapar Saat Puasa Ramadhan

1.Tidak makan bubur saat sahur

Pada saat sahur sebaiknya kita menghindari makan-makanan yang lembek seperti bubur ini.

Hal itu dikarenakan karena pada saat sahur harus mengonsumsi makanan yang rendah glikemik sedangkan tinggi glikemik itu dilakukan pada saat berbuka puasa sehingga kita tidak merasa lapar ketika berpuasa.

2.Jalan-jalan sejenak di Sore Hari
Seorang pakar metabolisme yang mengatakan bahwa seseorang perlu membatasi asupan makanannya, maka kadar hormon ghrelin yang dihasilkan yang berhubungan dengan nafsu makan akan terus meningkat.

Sehingga pada saat puasa Anda harus tetap berolahraga agar badan tetap sehat, ataupun yang disebut dengan latihan fisik.

3.Hindari makan mie instan saat sahur
Mie instan ini mengandung kaya natrium, lemak dan MSG kemudian dapat membuat Anda menjadi haus yang tinggi atau rasa dahaga.

Hal itu dapat mengakibatkan tenggorokan jadi kering dan selain itu juga dapat membuat cepat lapar. Sebab mie instan mengandung glikemik yang tiggi yang dikeluarkan secara banyak.

4.Mengonsumsi madu
Madu adalah cairan yang berasa manis dengan kandungan gula 70-80 persen. Kemudian sisanya adalah air, protein, mineral, asam maupun partikel-partikel lain yang terkandung di dalam madu.

Madu bagus untuk anti bakteri. Agar kuat puasa maka Anda bisa memakan 3 butir kurma selanjutnya dilanjut makan 2 sendok madu setelah sahur.

5.Tidur yang cukup saat berpuasa
Tips menahan lapar saat puasa ramadhan yaitu melakukan tidur yang cukup. Selain tidur saat puasa adalah ibadah maka tidur saat puasa ini juga dapat mengurangi rasa lapar.

Dalam hal ini Anda sudah tersita waktu tidurnya sehingga di siang harinya pergunakan untuk istirahat. Dalam hal ini juga jika kurang tidur maka nafsu makan juga akan terus meningkat.

6.Makan kacang merah saat sahur
Kacang merah merupakan karbohidrat kompleks yang sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang cukup saat sahur. Hal ini dikarenakan makanan ini susah dicerna dalam tubuh dan menimbulkan rasa kenyang yang lama.

Sehingga dengan mengkonsumsi makanan seperti beras merah, jeruk, kol, lobak, serta kacang merah yang akan membuat puasa Anda lebih lancar.

7.Minum sari buah saat berbuka puasa
Menurut ahli gizi Rita Ramayulis DCN mengatakan bahwa jika kehilangan elektrolit dapat diganti dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Kalau tidak sempat memakan buahan dan syur-sayuran maka disarankan untuk mengonsumsi sari buah saja.

Hal itu dilakukan karena akan lebih baik dan cepat menghilangkan rasa haus. Selain itu mengonsumsi sari buah juga dapat mengganti elektrolit yang telah hilang.

8.Menerapkan pola minum 2-4-2
Minum dengan pola 2-4-2 adalah dilakukan dengan meminum air dua gelas saat berbuka puasa, kemudian minum empat gelas pada saat akan tidur malam. Sedangkan sisanya yaitu dua gelas pada saat sahur.

Setidaknya dengan ormasi ini maka kebutuhan tubuh akan cairan minimal bagi orang dewasa sudah cukup terpenuhi.

9.Tidak makan berlebih saat berbuka
Cepat lapar ini sudah biasa dialami ketika sedang menjalankan puasa. Akan tetapi merasa lapar juga dapat terjadi saat berbuka, sehingga orang akan menjadi kalap makan yang berlebihan.

Sehingga energinya dapat terkonsentrasi ke lambung. Sehingga hal ini dapat menjadi sebab lapar saat puasa.

10.Ubi sebagai sumber karbo
Nasi putih ternyata mengandung glikemik yang rendah sehingga dapat membuat cepat lapar sehingga ubi dapat menggantikannya sebagai nasi dalam saat sahur. Akan tetapi ubi ini juga sering menjadi pilihan untuk melakukan diet. Sebab ubi dapat menggantikan nasi.

Tips menahan lapar saat puasa ramadhan di atas dapat dilakukan pada saat puasa apapun. Tidak hanya puasa Ramadhan, akan tetapi puasa sunnah yang lainnya dapat menerapkan tips-tips diatas.

Sebab jika merasa lapar maka puasa kita sudah tidak nyaman lagi, bahkan dapat mengurangi pahala puasa dengan cara melihati makanan dengan rasa nafsu ingin memakanya.

Oleh sebab itu sebaiknya jika ingin menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa. Maka terapkanlah tips-tips seperti yang tertera diatas.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here