Tips Liburan Murah di Jogja – Liburan Hemat Ala Backpacker

810
Tips Liburan Murah di Jogja
Tips Liburan Murah di Jogja
Advertisement
Loading...

Tips Liburan Murah di Jogja – Yogjakarta memiliki magnet yang dapat menarik pengunjung untuk kembali datang ke kota ini. Jogjakarta merupakan daerah yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi, oleh karena itulah Jogja selalu dirindukan karena kehangatan tradisinya.

Nilai-nilai eksotis tersebut sangat disukai oleh wisatawan mancanegara oleh karena itu Jogja hampir selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya. Bagi anda yang menginginkan suasana liburan yang unik, Jogja bisa menjadi alternatif terbaik.

Menikmati liburan di kota Yogyakarta pasti memberikan pengalaman yang menyenangkan, bukan hanya saat mengunjungi objek wisata sejarah dan wisata alam yang ada di Jogja melainkan juga perjalanan wisata yang dilakukan selama menikmati liburan.

Perjalanan wisata yang menyenangkan dengan budget yang terbatas bisa saja Anda dapatkan dengan menerapkan tips ala backpacker.

Tips ala bacpacker sama seperti program-program liburan lainnya, diperlukan perencanaan yang tepat agar perjalanan liburan semakin menyenangkan jauh dari berbagai masalah. Untuk memudahkan anda dalam berlibur ke Yogyakarta, berikut 5 tips liburan di Jogja.

Advertisement
Loading...

1. Pilih Transportasi Sesuai Bujet

Jika anda berniat mengambil beberapa hari liburan di kawasan kesultanan ini maka step pertama adalah bagaimana caranya anda bisa sampai di Jogja. Jika bujet anda sedang berlebih maka bisa menggunakan pesawat sebagai moda transportasi. Biasanya range harga dari luar pulau Jawa ke Jogja berkisar 1 jutaan maka jika ingin berhemat anda bisa mencari maskapai penerbangan murah.

Selain itu lewat internet anda bisa mencari berbagai informasi harga tiket murah ke Jogja. Nah setelah oke dengan moda transportasi pesawat, traveler bisa langsung direct flight menuju Bandara Adisucipto Jogja untuk kemudian mencari penginapan sebagai starting point liburan anda di Jogja.

Jika lokasi anda berada di pulau Jawa ada baiknya menggunakan moda transportasi kereta karena selain lebih cepat harganya juga lebih murah meriah. Banyak sekali kereta dari berbagai stasiun yang memiliki tujuan ke stasiun Lempuyangan Jogja.

Agar lebih hemat, traveler bisa menggunakan kereta ekonomi karena harganya lebih murah. Selain itu dewasa ini infrastruktur kereta ekonomi semakin ditingkatkan untuk kenyamanan pengguna. Range harga biasanya 50 ribu – 100 ribu, dan kereta ekonomi modern sudah menggunakan AC jadi jangan takut untuk kepanasan.

Jika kereta kurang cocok dengan keinginan anda maka bisa menggunakan bus wisata. Range biaya menggunakan bus wisata ini sedikit lebih mahal dan terkadang perjalanannya sangat lama. Selain itu jika anda mempunyai kendaraan pribadi bisa menggunakannya, namun sama seperti bus, perjalanannya akan lebih lama dan membutuhkan biaya-biaya tambahan. Berikut tipsnya:

> Menyewa Mobil untuk Liburan Bersama Rombongan

Beberapa objek wisata di Jogja tidak dijangkau oleh angkutan umum sehingga diperlukan kendaraan pribadi bagi Anda dan rombongan untuk bisa mencapai lokasi wisata yang diinginkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa mobil dengan harga yang relatif murah, terutama jika hanya menyewa mobil saja atau lepas kunci.

Tentunya hal ini harus didukung dengan keterampilan mengemudi yang baik dan kelengkapan izin mengemudi yang dimiliki. Dengan menyewa mobil, selain biaya menjadi lebih murah Anda dan rombongan juga bisa mencapai lokasi wisata dengan lebih mudah sehingga perjalanan wisata Anda di Jogja lebih seru dan menyenangkan. Dalam hal ini peran GPS sangat penting bagi Anda yang belum mengetahui rute jalan dan wilayah di Jogja.

> Menyewa sepeda Motor bagi Traveller Tunggal atau Berdua

Jika Anda ingin menikmati me time dengan liburan sendirian di Jogja atau dengan satu teman Anda, maka menyewa sepeda motor bisa menjadi pilihan Anda untuk berwisata di Jogja dengan biaya yang lebih hemat dan menyenangkan.

Selain menghemat biaya, dengan menyewa sepeda motor waktu yang digunakan juga lebih efektif dan bisa pergi kemana saja sesuka hati, namun tetap harus memperhatikan kelengakapan izin mengemudi dan rute jalan yang sesuai dengan destinasi wisata yang dituju, lagi-lagi peran GPS sangat penting untuk perjalanan wisata Anda.

> Wisata Kota dengan Trans Jogja

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata kota di Jogja, tidak ada salahnya menggunakan Trans Jogja sebagai salah satu fasilitas transportasi umum yang hemat biaya.

Perjalanan wisata di Jogja bisa dinikmati dalam suasana yang menyenangkan dengan beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi seperti Malioboro, Kebun Binatang Gembira Loka, Candi Prambanan hingga Museum Monumen Yogya Kembali.

2. Pilih Tempat Penginapan Murah

Penginapan dengan harga relatif murah bukan berarti tidak menyediakan fasilitas yang memadai, beberapa penginapan di Jogja bahkan memiliki range harga yang relatif murah dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti AC dan televisi.

Jogja Berbeda dengan kota-kota metropolitan lainnya, anda akan dengan mudah menemukan hotel atau homestay yang memiliki tarif yang sangat murah.

BBeberapa penginapan hanya memiliki tarif 50ribu/malam itupun sudah include AC, TV atau bahkan Wi-Fi. Memang untuk hotel dengan tarif ‘kebangetan’ tersebut kita harus sedikit observasi baik itu lewat informasi media lokal ataupun internet.

Bagi backpacker cocoknya adalah memilih penginapan yang memiliki harga tidak terlalu mahal namun dekat dengan objek-objek wisata. Beberapa hotel murah yang berdekatan dengan objek wisata Malioboro adalah Hotel Khunti, Hotel Indonesia, Hotel Puri dan hotel-hotel lainnya yang memiliki range harga 100ribuan.

Selain itu jika anda menginginkan penginapan murah bisa melihat-lihat homestay di Jl. Prawirotaman. Di kawasan ini terdapat penginapan-penginapan murah dan juga banyaknya bar-bar berkesan vintage. Meskipun sedikit jauh dari Malioboro namun kawasan ini sangat disukai oleh wisatawan asing.

Salah satu trik untuk menyewa homestay atau guest house seperti fasilitas hotel maka kamu bisa patungan dengan teman seperjalanan. Misal harga sewa permalamnya 500 ribu maka anda dengan teman-teman tinggal patungan agar biaya masing-masing orang bisa diperkecil.

Di Jogja terdapat banyak sekali guest house yang menyediakan rumah dengan fasilitas premium, bahkan include swimming pool dan taman bermain. Jadi jika kamu datang rombongan, maka alangkah lebih baiknya patungan untuk menyewa sebuah guest house rasa hotel bintang lima.

3. Mengunjungi Objek Wisata Populer dengan Tiket Murah

Jogja memiliki banyak destinasi wisata baik itu tempat wisata alam, kuliner maupun historis. Beberapa objek wisata populer di Jogja menerapkan tarif masuk yang cukup murah, bahkan gratis seperti di Malioboro dan Tugu Jogja.

Objek wisata yang wajib Anda kunjungi saat melakukan perjalanan wisata di Jogja antara lain Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Benteng Vredeburg, dan Museum Sonobudoyo. berikut beberapa destinasi wisata di Jogja beserta estimasi biayanya:

o Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan destinasi favorit di Jogja, letaknya berada di kawasan Prambanan dan bisa dicapai 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menggunakan bus yang tersedia di pusat kota atau memakai mobil rental. Tarif masuk di Candi Prambanan adalah 30ribu dan di luar kompleks candi terdapat tempat makan dengan range harga 10ribu-50ribu.

o Malioboro

Malioboro merupakan tranist utama anda di Jogja, tidak perlu membayar apapun disini selain makanan tentunya. Anda bisa membeli berbagai makanan khas Jogja dengan range harga 10ribu-30ribuan. Bagi backpacker cocoknya mampir ke sebuah angkringan, selain harganya murah meriah juga makanannya enak-enak.

o Pasar Beringharjo

Jika traveler ingin membeli souvenir atau oleh-oleh buat kerabat di rumah maka bisa mengunjungi Pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo merupakan pusat batik paling populer yang menyediakan berbagai pakaian mulai dari kemeja hingga gaun.

Traveler bisa mendapatkan batik berkualitas tinggi dengan harga murah, jika ingin hemat traveler harus pandai-pandai dalam tawar menawar karena bisa saja anda mendapatkan batik berkualitas dengan harga 50ribuan.

o Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan salah satu objek wisata keren lainnya di Jogja. Tempatnya sangat klasik dan dipenuhi nilai-nilai historis. Letaknya berada di Jl. Ahmad Yani No 6 dan merupakan bangunan tua yang sangat eksotis.

Untuk masuk kedalam Benteng Vredeburg, traveler tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena hanya 2ribu rupiah traveler bisa menikmati berbagai fasilitas seperti perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang seminar, pemandu, mushola dan bahkan akses Wi-Fi. Agak gila memang, hanya dengan 2ribu rupiah anda bisa mendapatkan fasilitas kelas satu.. inilah Jogja!

o Keraton Jogjakarta

Letaknya berada di pusat kota Jogja, Keraton Jogjakarta merupakan destinasi wisata wajib bagi wisatawan. Keraton Jogjakarta merupakan kediaman dari Sultan beserta keluarganya.

Nuansa tradisional dan timeless akan menyeruak bagi siapapun yang mengunjunginya. Dengan hanya 7ribu rupiah, traveler bisa berkeliling kediaman Sultan dan melihat-lihat bangunan eksotis seperti Gladag Pangurakan, Kompleks Pagelaran, Siti Hinggil Ler, Kamandhungan Lor dan lain-lain.

Lebih Lengkap, bisa Anda baca artikel Tips Memilih Tempat Wisata di Jogja.

4. Memilih Kuliner Enak tapi Harga Terjangkau

Wisata ke Jogja tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Jogja yang menggugah selera. Untuk menikmati kuliner enak di Jogja tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal, karena ada banyak rumah makan di Jogja yang menyajikan menu khas istimewa dengaan harga yang relatif terjangkau sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan seru dengan budget terbatas.

Mencoba kuliner enak di angkringan bisa menjadi pengalaman seru dalam perjalanan wisata Anda di Jogja, selain harganya yang murah Anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Jogja dalam obrolan ringan yang menyenangkan.

5. Menawar saat Berbelanja Oleh-oleh

Berwisata ke Jogja tentu tak lengkap tanpa membeli buah tangan untuk keluarga di rumah, beberapa oleh-oleh bisa didapatkan di Malioboro. Bagi Anda yang ingin mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, bisa menguji kemampuan Anda dalam menawar barang (baca: Tempat Belanja Murah di Jogja) Jika Anda pintar menawar berbagai barang bisa Anda bawa pulang dengan harga miring, seperti t shirt, aneka kerajinan tangan hingga aksesoris etnik yang menawan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here