Tips Liburan Murah di Bandung – Liburan Hemat dan Menyenangkan di Kota Varis Van Java

1022
Tips Liburan Murah di Bandung
Tips Liburan Murah di Bandung - liburan hemat di kota kembang
Arwini.com – Bandung adalah kembangnya pulau Jawa, sebuah daerah yang dipenuhi berbagai anugerah alam baik itu orang-orangnya ataupun alamnya. Nilai-nilai fashion sepertinya memang melekat di setiap sisi kota Bandung terbukti dengan julukannya yaitu Paris Van Java. Karena begitu banyaknya tempat wisata di Bandung, banyak orang berlomba-lomba menginjakan kaki di bumi tatar sunda ini.

Banyak dari mereka ingin merasakan kota yang ideal, menikmati berbagai spot wisata baik itu wisata kuliner, wisata alam, ataupun wisata historis. Bandung termasuk dalam kategori kota metropolitan, jadi jika ingin berlibur ke Bandung harus sesuaikan dulu kocek anda. Namun ada cara-cara agar pengeluaran tidak membengkak saat liburan di Bandung, berikut beberapa tips liburan di Bandung.

1. Transportasi Murah

Jika anda berada jauh dari Bandung, maka bisa menggunakan pesawat sebagai moda transportasi. Namun jika anda berada tidak terlalu jauh dari Bandung, misal dari Jakarta, anda bisa menggunakan mobil pribadi dengan melewati tol Cipularang, namun dengan menggunakan mobil pribadi pastinya bujet akan semakin membengkak.

Ada baiknya menggunakan bus travel karena tarifnya yang murah. Banyak sekali bus travel di terminal-terminal yang memiliki tujuan Bandung. Jika anda ingin yang lebih irit lagi, gunakan moda transportasi kereta. Dengan kereta pastinya perjalanan pun bisa semakin cepat, namun biasanya stasiun pada hari libur sangat sesak, oleh karena itu ada baiknya traveler telah memesan tiket kereta dari jauh-jauh hari.

2. Cari Penginapan Murah

Jika anda memang memang seorang backpacker maka guest house bisa menjadi pilihan pertama saat berlibur di Bandung. Guest house atau kos-kosan merupakan tempat yang tepat jika anda ingin menghabiskan beberapa hari di Bandung. Biasanya guest house ini kebanyakan berada di kawasan kampus, anda bisa searching di Google kampus-kampus mana saja yang dekat dengan tujuan liburan anda, karena pasti disekitar kampus pasti banyak sekali kos-kosan.

Biasanya guest house memang ditarif perbulan, namun ada juga yang memiliki toleransi sehingga traveler bisa menginap hanya beberapa hari saja. Jika diperkotaan khususnya didekat objek-objek vital, tarif guest house biasanya mahal, maka traveler bisa mengatasinya dengan mencari guest house agak di pedesaan.

Jika anda menginginkan penginapan high class maka anda bisa memilih hotel sebagai tempat menginap. Pastikan bahwa anda telah melakukan reservasi jauh-jauh hari karena biasanya harganya lebih murah. Untuk menghemat bujet saat berlibur di Bandung, maka pastikan hotel tersebut tidak terlalu jauh dengan objek wisata yang anda tuju di Bandung.

3. Buat Grand Plan

Jika anda ingin perjalanan lebih nyaman, sebaiknya membuat konsep yang terencana mau kemana saja anda saat berada di Bandung. Beberapa tempat wisata di Bandung berjauhan satu sama lain, oleh karena itu ada baiknya anda menentukan rute-rute yang akan anda ambil saat berada di Bandung.

Selain itu pastikan traveler juga membuat sebuah estimasi pengeluaran agar tidak terjadi defisit pada kantong anda. Tentukan mau kemana saja anda saat berada di Bandung dan tentukan estimasi anggarannya. Untuk memudahkan anda dalam perencanaan liburan ke Bandung, berikut beberapa review destinasi wisata di Bandung.

> Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung merupakan primadona kota Bandung, dan diklaim sebagai kawah putih paling indah di Indonesia. Untuk mengakses Kawah Putih ini traveler bisa menggunakan moda transportasi massal ataupun kendaraan pribadi. Kawah Putih ini berada di kaki gunung Patuha jadi anda harus mendaki atau menggunakan transportasi lokal beberapa kilometer sebelum bisa sampai di kawah putihnya.

Dari pusat kota, anda bisa memulai perjalanan dari terminal Leuwi Panjang untuk kemudian sampai di gerbang Kawah Putih. Untuk tiket masuk ke Kawah Putih Bandung ditarif Rp. 18.000 dan jika anda sekalian ingin melakukan pemotretan pre wedding maka tarifnya adalah Rp. 500.000.

> Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata yang namanya melejit dewasa ini, dan traveler bisa mengunjunginya terutama saat musim liburan tiba. Trans Studio Bandung berada di Jl. Gatot Subroto No. 289, Kota Bandung dan kamu bisa mengaksesnya dari beberapa jalur. Tempat wisata ini termasuk tempat wisata full package namun pastikan bujet anda cukup untuk mengunjunginya.

Range tarif masuk di Trans Studio Bandung ini adalah 170ribu hingga 270ribu. Traveler bisa menikmati berbagai wahana seperti Yamaha Racing Coaster, Trans City Theater, Dunlop Trans Car Racing dan wahana-wahana mengasyikan lainnya. Jika ingin mengunjungi destinasi wisata di Bandung ini pastikan bujet anda cukup. Namun bagi backpacker, sepertinya destinasi wisata ini kurang cocok.

> Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban merupakan destinasi wisata paling favorit di Bandung, hampir setiap tahunnya destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi baik oleh wisman lokal atau luar negeri. Untuk mengakses gunung eksotis ini traveler bisa memulainya dari terminal Cicaheum lalu ke terminal Ledeng, lalu masuk ke gerbang masuk utama Tangkuban Parahu.

Tarif masuk Gunung Tangkuban Parahu adalah Rp. 20.000 dan Rp. 30.000 pada hari libur. Pastikan anda membawa banyak uang tunai karena warung-warung yang ada di area Tangkuban Parahu tidak melayani pembayaran menggunakan ATM.

4. Temukan Tempat Belanja Murah di Bandung

Bandung adalah surganya fashion, oleh karena itu Bandung dijuluki Paris Van Java. Kurang afdol rasanya jika ke Bandung tapi tak menyempatkan shoping. Banyak sekali tempat-tempat yang menjual berbagai macam pakaian fashionable dengan harga murah.

Beberapa surga belanja murah di Bandung adalah Jalan Cibaduyut, ITC Kebon Kelapa, Pasar Baru Bandung, Jalan Cihampelas dan masih banyak lagi lainnya. Selain tempat-tempat belanja tersebut, terdapat juga distro-distro yang menyediakan pakaian fashionable dengan harga kompetitif.

5. Jangan Lupa untuk Berwisata Kuliner

Selain fashion, Bandung juga dikenal sebagai surganya kulinari di Indonesia. Sangat banyak sekali tempat-tempat makan di Bandung baik itu cafe, restoran, bar, warung makan, kaki lima dan lain-lain. Beberapa tempat makan populer di Bandung adalah Sapu Lidi Resto & Cafe, Rumah Sosis, Kampung Daun, Kambing Bakar Cairo, Suis Buitcher dan lain-lain.

Tempat wisata kuliner tersebut relatif memiliki harga terjangkau dan juga memiliki konsep unik yang berbeda dibanding tempat-tempat makan lainnya. Bandung juga kaya akan makanan-makanan tradisional seperti Colenak, Somay Bandung, Batagor dan lain-lain. Makanan-makanan tersebut bisa traveler dapatkan dengan mudah di berbagai area kota Bandung.

Baca Juga: Tips Liburan Murah di Jogja

6. Tips Trik Lainnya

Jika anda sedang dalam bujet minim, anda bisa menyewa sebuah motor untuk mengelilingi kota Bandung. Range harga untuk penyewaan motor di Bandung adalah 50ribu-70ribu. Kami sarankan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi saat liburan di Bandung, karena Bandung hampir sama seperti Jakarta selalu macet pada jam-jam tertentu. Jadi alangkah baiknya liburan ke Bandung dengan menggunakan konsep backpacker, karena selain murah meriah juga kesan liburannya lebih terasa.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here