Tips Liburan Murah di Bali, Grand Plan Hemat dan Mengasyikkan di Pulau Dewata

452
Tips Liburan Murah di Pulau Dewata
Tips Liburan Murah di Bali

5 Tips Liburan di Bali – Hemat dan┬áMengasyikan di Pulau Dewata

Dibanding dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, pulau Bali lebih melambung namanya dikancah global. Pulau Dewata ini memiliki apa yang wisatawan luar negeri inginkan yaitu eksotisme alam, fasilitas lengkap dan keamanan.

Inilah yang membuat Bali menjadi sangat extraordinary dan menjadi sebuah tempat wisata idaman bagi semua orang. Namun dewasa ini Bali tidak lagi kompromi soal keramahtamahan finansial karena Bali sudah merupakan kawasan super komersil dan hampir semuanya harus menyamaratakan dengan lifestyle dan budget wisatawan asing.

Hal tersebut yang membuat Bali sepertinya terlalu ekslusif untuk wisatawan lokal karena masalah biaya yang dirasa sangat mahal. Namun tidak selamanya hal tersebut berlaku karena selalu ada trik-trik khusus, berikut beberapa 5 tips liburan di Bali.

1. Buat Grand Plan
Sebelum memutuskan untuk berlibur di Bali ada baiknya anda membuat sebuah grand plan atau konsep mengenai segala hal yang dibutuhkan selama perjalan liburan di Bali. Beberapa sumber bisa kamu gunakan sebagai referensi berlibur di Bali seperti majalah, radio ataupun sosial media.

Internet memang merupakan media terbaik dalam mencari informasi mengenai travelling. Beberapa pantai di Bali tidak diperbolehkan untuk umum dan jika masuk maka anda diharuskan membayar fee yang lumayan mahal, maka diperlukan informasi mengenai momen-momen seperti ini.

Beberapa pantai di Bali memang dijadikan Beach Club namun kamu juga bisa mencari pantai-pantai gratis lainnya di pulau Bali.

Selain itu buatlah skema mengenai biaya keseluruhan, traveler bisa membuat sebuah list mengenai biaya ticketing dan akomodasi selama di Bali. Selain itu traveler harus memastikan bahwa bujet untuk akomodasi dan ticketing jangan sampai dipakai untuk hal-hal lain. Dan list selanjutnya adalah biaya-biaya saat liburan di Bali seperti makan, membeli souvenir, sewa kendaraan, penginapan dan lain-lain. Selain itu bawalah uang tunai secukupnya dan simpan sisa uang di ATM pribadi.

Karena Bali identik dengan kawasan komersil, maka sebelum anda berangkat ke Bali ada baiknya ajak teman-teman anda untuk bergabung. Dengan pergi rame-rame maka bujet liburan pun bisa ditekan seminimal mungkin. Dengan mencatat setiap part penting tersebut, traveler bisa dengan fleksibel menentukan berbagai hal saat liburan di Bali.

2. Tau Momen-Momen yang Pas
Beberapa momen-momen tertentu bisa merubah liburan di Bali menjadi mimpi buruk, salah satunya jika traveler berlibur saat hari nyepi dan menemukan bahwa keadaan di seluruh di Bali lengang. Selain itu pada hari nyepi, maskapai penerbangan akan off sementara dan pengunjung tidak diperbolehkan keluar dari bandara.

Hal-hal seperti inilah yang mesti diketahui oleh traveler, agar perjalanan liburan tidak berubah menjadi nightmare. Hal penting lainnya adalah usahakan pergi ke Bali bukan pada saat musim liburan, karena biasanya harga tiket pesawat bisa melonjak tajam dan juga berbagai hal di Bali menjadi sangat mahal.

Traveler bisa mengakalinya dengan berlibur sebelum musim liburan atau sesudah musim liburan, tentunya jika anda bekerja di kantor ambilah jam lembur lalu ambil cuti beberapa hari.

3. Hotel Low-End namun Berasa High Class

Untuk urusan penginapan, traveler bisa mensiasatinya dengan mencari berbagai informasi hotel murah di Bali. Beberapa kawasan di Bali menyediakan hotel murah namun dengan fasilitas premium.

Kawasan seperti Kuta Bali memiliki penginapan-penginapan murah dengan range harga 100 hingga 200ribuan. Kawasan Kuta juga dekat dengan bandara dan lokasi wisata Pantai Kuta, jadi bisa lebih fleksibel. Namun kawasan Kuta ini bisa dipastikan sangat sesak oleh pengunjung dan traveler bisa mensiasatinya dengan mencari penginapan yang agak sepi seperti di kawasan Ubud ataupun Denpasar.

Hotel Melati di Denpasar memiliki tarif yang sangat murah yaitu 70 hingga 100ribuan. Harga tersebut sudah include sarapan dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti AC, Wi-Fi, TV dan lain-lain.

Nah jika anda datang rame-rame sama teman, bisa dipastikan liburan akan lebih menyenangkan. Anda bersama teman-teman bisa menyewa hotel yang lebih mewah dengan range harga 400-700ribuan, masing-masing kamar diisi oleh dua orang jadi dua orang tersebut harus patungan untuk membayar satu kamar.

Atau alternatif oke lainnya adalah anda bisa menyewa sebuah guest house di Bali dengan fasilitas lengkap, misal guest house tersebut memiliki tarif 1juta perminggu, maka anda bersama teman-teman bisa patungan. Dengan cara seperti ini selain bisa menikmati fasilitas yang lebih oke juga dapat menghemat pengeluaran.

4. Sewalah Sepeda Motor
Jika traveler ingin mengeksplorasi setiap bagian yang ada di Bali maka harus memikirkan alat transportasi yang paling tepat. Jawabannya bisa jadi adalah sepeda motor, karena dengan sepeda motor traveler bisa dengan mudah mencapai spot-spot tertentu di pulau Bali.

Selain itu dengan sepeda motor, bujet liburan pun akan semakin hemat dibanding moda transportasi lainnya misal seperti taxi yang biayanya bisa sampai perharinya. Dengan sepeda motor, traveler hanya perlu merogoh kocek sebesar 200ribu hingga 300ribu perharinya.

Namun jika anda pandai dalam menggali informasi, anda bisa menyewa sepeda motor dengan tarif 150ribu perharinya. Dengan sepeda motor ini, traveler bisa menjangkau spot-spot tertentu bahkan hinga ke pedesaan di pulau Bali.

Solusi lainnya adalah dengan menggunakan mobil rental, anda bersama teman-teman bisa menyewa mobil untuk mengeksplorasi daerah-daerah terpencil di Bali, namun harganya juga lumayan mahal.

5. Makanlah Sesuai Bujet
Untuk urusan perut, traveler harus melihat seberapa banyak isi saldo di ATM. Jika sedang pas-pasan, traveler bisa memanfaatkan penjual-penjual makanan murah di kedai ataupun kaki lima. Beberapa kawasan di Bali seperti Kuta memiliki banyak penjual makanan murah, ada yang berbentuk kedai ataupun kaki lima, traveler bisa memesan menu seperti nasi jinggo atau nasi rames dengan range harga 10ribu hingga 20ribuan.

Selain di kawasan wisata seperti Kuta, traveler bisa mencari tempat makan agak jauh dari pusat wisata. Misal seperti di pedesaan, traveler bisa menemukan penjual makanan dengan harga yang lebih murah. Meskipun murah, namun kedai ataupun kaki lima di Bali biasanya sangat terjaga kerapihan dan kebersihannya. Jadi jangan ragu untuk makan ala backpacker jika kondisi keuangan sedang minim.

Namun jika dana yang anda punyai agak berlebih tidak ada salahnya berwisata kuliner di pulau Bali. Beberapa tempat wisata kuliner di Bali menawarkan suasana romantis dan eksotis secara bersamaan. Jadi jika traveler ingin sesuatu yang memorable saat berlibur di Bali maka bisa makan di tempat wisata kuliner populer di Bali.

Beberapa destinasi wisata kuliner di Bali paling recommended adalah Hanging Gardens Ubud yaitu sebuah resto yang terletak di hutan Bali dengan pelayanan ekslusif. Yang membuat resto ini spesial adalah konsepnya yang sangat extraordinary serasa berada di surga firdaus. Atau kamu bisa makan-makan ditemani 100 lilin romantis di Samaya Ubud.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here