8 Tips Hindari Kejahatan selama Bulan Ramadhan, tetap Waspada dan jangan Lengah!

475
Tips Hindari Kejahatan selama Bulan Ramadhan

Arwini.com – Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh kebaikan dan ampunan. Tidak mengherankan jika momen Ramadhan di manfaatkan secara maksimal untuk beribadah dengan mengharap ridho Allah semata. Namun, di sisi lain masih banyak tindak kejahatan yang dilakukan selama bulan Ramadhan sehingga masyarakat harus tetap waspada.

Ada beberapa jenis kejahatan yang marak terjadi selama bulan Ramadhan, seperti pencurian rumah kosong, kejahatan di jalan, pencopetan, gendam, dan juga penipuan. Biasanya pelaku kejahatan memanfaatkan kelengahan manyarakat untuk melakukan aksi kejahatannya. Sebagai langkah anitisipasi, berikut ini adalah tips menghindari kejahatan selama bulan Ramadhan yang perlu sahabat arwini ketahui.

8 Tips Hindari Kejahatan selama Bulan Ramadhan

1. Tingkatkan pengamanan

Kondisi rumah yang kosong cenderung akan mengundang tindak kejahatan. Oleh karena itu pengamanan di rumah harus ditingkatkan untuk menghindari kejahatan selama bulan Ramadhan.

Mengunci rumah dengan kunci pengaman dobel sebelum melaksanakan Shalat Tarawih atau memasang CCTV bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kejahatan di bulan Ramadhan. Kalaupun bepergian untuk beberapa hari, maka pastikan untuk menitipkan rumah kepada tetangga sebelah atau petugas keamanan yang sedang berjaga.

2. Hindari menyimpan uang Berlebihan

Menyimpan uang dalam jumlah yang banyak di rumah bisa memiliki resiko yang besar terutama jika berada lingkungan rumah yang rawan dengan pencurian. Sebelum terlambat, segera setorkan ke rekening bank agar terhindar dari tindak kejahatan selama bulan Ramadhan.

3. Nyalakan radio atau televisi

Meskipun kesannya pemborosan listrik, tapi cara ini cukup efektif untuk mengelabui pelaku kejahatan agar mengurungkan niatnya mencuri, karena berpikir penghuni rumah masih terjaga.

4. Hindari perhiasan berlebihan

Untuk mencegah tindakan pencopetan di jalan, sebaiknya hindari menggunakan perhiasan berlebihan saat sedang bepergian. Tampil dengan sederhana tentu akan membuat lebih aman dan terhindar dari resiko kejahatan.

5. Kunci kendaraan

Agar terhindar dari tindak pencurian kendaraan, gunakan kunci pengaman tambahan dan alarm untuk menghambat aksi pelaku kejahatan.

6. Hati-hati Tas Bawaan

Tindak kejahatan penjambretan ataupun penyiletan tas bisa dihindari dengan tetap waspada dan menempatkan tas di posisi depan saat berjalan di keramaian. Posisi tas yang berada di depan akan mudah diawasi dibandingkan posisi di belakang atau di samping. Terutama ketika sedang berdesakan di pusat keramaian.

7. Minta Pengawalan saat mengambil uang banyak

Jangan mengambil resiko dengan menyetorkan atau mengambil uang dalam jumlah banyak seorang diri tanpa pengawalan petugas kepolisian, karena hal itu akan sangat membahayakan keselamatan.

8. Sedekah

Sedekah memiliki arti yang sangat luas dalam agama Islam, karena sedekah bukan hanya sekedar memberikan sebagian harta melainkan mencakup semua amal perbuatan yang baik. Bahkan hanya senyuman pun sudah termasuk sedekah. Menolong orang dengan tenaga dan pikiran pun termasuk sedekah, menafkahi keluarga, mengajarkan ilmu, dan berdzikir pun termasuk sedekah.

Namun begitu, menyisihkan sebagian harta untuk disedekahkan juga memiliki keutamaan yang begitu besar. Keutamaan sedekah bukan hanya terletak pada balasan Allah berupa pahala dan dijanjikannya pintu surga.

Selain memberikan keberkahan pada harta yang dimiliki, sedekah juga merupakan salah satu amalan yang tidak akan putus sampai mati. Sedekah juga bisa menghapus dosa dan menghindarkan dari segala marabahaya dan kejahatan atau musibah.

9. Berdo’a

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Selalu berdo’a memohon keselamatan bagi diri sendiri dan keluarga sangatlah penting agar senantiasa dilindungi dari berbagai musibah dan kejahatan.

Berdo’a sebelum bepergian agar diberikan keselamatan termasuk hal yang disunahkan karena manfaatnya sangat luar biasa. Demikian juga dengan membiasakan diri untuk berdzikir setiap saat dan mengucap salam sebelum bepergian agar senantiasa diberikan keselamatan dan keberkahan.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR. Tirmidzi).

Tindak kejahatan bisa menimpa siapa saja, namun dengan memperbanyak do’a dan memasrahkan keselamatan kita hanya kepada Yang Maha Kuasa akan membuat hati menjadi lebih tenang. Semoga tips menghindari kejahatan selama bulan Ramadhan di atas bisa mencegah tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Wassalam.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here