Tips Diet Sehat Selama Menjalankan Ibadah di Bulan Ramadhan

841
Advertisement
Loading...

Arwini.com – Tips diet sehat selama menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan bagi Anda yang justru selama berpuasa memiliki berat badan yang naik. Sehingga Anda perlu berpikir kembali tentang makanan apa saja yang membuat berat badan Anda bertambah.

Berat badan yang bertambah bisa saja terjadi karena hal-hal yang Anda sepelekan. Dan mungkin saja justru hal sepele ini turut menyumbang dalam menambahnya berat badan.

Perlu Anda ingat pula bahwa dalam menurunkan berat badan, Anda perlu konsisten mengubah kebiasaan buruk pada makanan yang Anda konsumsi.

blog.airyrooms.com

Tips Diet Sehat Selama Menjalankan Ibadah di Bulan Ramadhan

Meskipun puasa membantu Anda sedikit terhindar dari makanan yang dapat menambah berat badan pada siang hari, namun tidak menutup kemungkinan Anda mengkonsumsi saat malam hari. Sehingga inilah beberapa tips diet dehat selama menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan:

1.Mengatur jadwal makan saat Ramadhan

Advertisement
Loading...

Atur jadwal makan Anda selama bulan Ramadhan. Anda bisa membaginya ke dalam tiga kali waktu makan. Ini bisa dijadwal seperti Anda makan saat bukan bulan Ramadhan.

Ibaratkan Anda sedang makan pagi sewaktu makan sahur, kemudian makanan ringan untuk buka puasanya dan yang terakhir makan malam ketika selepas sholat maghrib.

Cara ini cukup membantu pencernaan Anda agar tidak terkejut ketika menyantap makanan. Dan juga sebaiknya jangan terlalu terburu-buru ketika berbuka puasa, karena kemungkinan akan mengganggu sistem pencernaan Anda.

2.Konsumsilah karbohidrat kompleks

Sebaiknya Anda mengonsumsi pula makanan dengan karbohidrat kompleks dengan kaya serat. Makanan tersebut seperti beras merah, roti gandum, buah-buahan, kacang, maupun sayuran.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini sangat tepat untuk dijadikan menu dalam makan sahur Anda. Hal ini karena makanan ini memiliki serat yang cukup lama ketika diserat.

Serat ini juga membantu dalam meningkatkan kadar glukosa darah dan membantu dalam menjaga kestabilannya. Puasa dapat saja meningkatkan kadar asam dalam lambung sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman maupun rasa sakit.

Ketika makan malam mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang cukup, ini berperan dalam menetralkan asam dan membantu mengurangi rasa sakit yang timbul.

3.Mengonsumsi makanan manis

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang manis semisal kolak selama puasa. Namun makanan manis memiliki kemungkinan mengganggu kesehatan Anda, terutama yang memiliki penyakit diabetes.

Kemudian pula makanan manis dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah dengan sangat cepat. Sehingga Anda harus cermat dalam memilih makanan dengan kadar manis yang alami.

Makanan ini bisa berupa buah-buahan seperti kurma maupun jus buah dengan gula alami atau gula yang sedikit.

Anda perlu memperhatikan pula makanan ringan yang Anda konsumsi dengan rasa yang cukup manis. Hal ini dapat menimbulkan nafsu makan Anda hilang, padahal tubuh Anda membutuhkan nutrisi lain yang bisa didapatkan dari makanan lain.

4.Hindari gorengan

Saat bulan puasa, banyak orang yang menyukai makanan ringan seperti gorengan. Padahal di dalam gorengan ini mengandung minyak yang cukup banyak, minyak ini dapat memicu timbulnya penyakit lain.

Sebaiknya Anda bisa mengkreasikan makanan Anda dengan cara dipanggang, direbus, maupun ditumis dengan minyak yang tidak terlalu banyak.

5.Kunyalah makanan secara perlahan

Sebaiknya mengunyah makanan Anda dengan perlahan. Hal ini karena Anda tidak makan hampir 14 jam sehingga ada keinginan makan dengan cepat.

Namun, perut Anda juga perlu tahapan dalam memproses makanan yang Anda makan tersebut.

6.Jalan-jalan kecil

Sebaiknya lakukan rutinitas seperti berjalan-jalan pada malam hari kurang lebih selama 30 menit. Kegiatan ini cukup ideal apabila dilakukan secara rutin. Dengan berjalan-jalan, metabolisme di dalam tubuh Anda akan terjaga.

Selain itu, pikiran Anda akan kembali jernih dan segar. Namun hindari jalan dengan cepat, karena darah memerlukan waktu untuk berpindah. Perpindahan ini menuju ke sistem pencernaan Anda bukan ke otot-otot Anda, sehingga Anda perlu berhati-hati.

Sebaiknya Anda menunggu selama kurang lebih 1 hingga 2 jam setelah selesai makan untuk melanjutkan aktivitas Anda kembali.

7.Pentingnya makan sahur

Sebaiknya Anda tidak melewatkan makan sahur, karena sahur dapat membantu Anda dalam mengontrol diri agar tidak makan terlalu berlebihan ketika berbuka puasa nanti.

Pastikan pula untuk memilih makanan yang sehat dan juga seimbang dan mengurangi makanan dengan kandungan minyak yang berlebihan.

8.Jangan tidur setelah sahur

Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan tidur langsung setelah selesai sahur. Karena cara tersebut malah akan membuat lemak Anda tertimbun dan menjadikan asam lambung naik.

Lebih baik Anda melakukan olahraga ringan agar perut Anda menurun selagi menunggu waktu adzan subuh. Anda bisa saja mengganti waktu tidur Anda yang hilang untuk makan sahur dengan tidur cepat pada malam hari.

Begitulah tips diet sehat selama menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan yang dapat Anda coba.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here