Panduan Memilih Universitas untuk Kecemerlangan Karir di Masa Mendatang

512
Tips dan Cara Memilih Universitas Untuk kuliah

Arwini.comTips dan Cara Memilih Universitas Untuk kuliah – Kuliah di universitas berkualitas tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit serta memerlukan persiapan matang untuk melewati proses pendaftaran. Namun tidak sedikit universitas, yang menerima calon mahasiswa meskipun tidak mampu dalam hal finansial (keuangan).

Universitas unggulan mensyaratkan beberapa hal dalam menyaring calon mahasiswa yang mereka inginkan, seperti nilai rapor yang bagus, lulus dalam seleksi, hingga piagam-piagam penunjang menjadi syarat mutlak untuk diterima.

Ada beberapa orang yang menitikberatkan pilihan kepada universitas Negeri (universitas di bawah asuhan negara). Padahal jika diperhatikan ada banyak universitas Swasta yang memiliki prestasi lebih tinggi dibandingkan universitas Negeri.

Hal ini berbanding terbalik dengan universitas yang ada di Amerika, dimana universitas Swasta memiliki jaminan mutu dibandingkan universitas Negeri, untuk masuk ke dalam lembaga ini tentu memerlukan kemampuan di atas rata-rata.

Dalam mencari universitas, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, paling tidak universitas tersebut memiliki tempat belajar yang efektif dan kondusif.

Selain itu, salah memilih universitas akan berpengaruh pada persiapan dunia kerja yang akan terbengkalai di masa mendatang. Untuk itu, Anda harus memiliki gambaran dalam menentukan pilihan tersebut.

Pada ulasan ini, setidaknya sahabat arwini akan mendapatkan gambaran ciri-ciri universitas berkualitas dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Pertimbangan kualitas di sini, kami maksudkan sebagai alat untuk mengukur universitas yang cocok dengan pilihan Anda.

Oleh karena itu, setelah membaca tulisan ini, Anda diharapkan dapat menentukan universitas terbaik berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang akan kami sebutkan di bawah ini, di antaranya:

1. Pertimbangan Jurusan

Ada beberapa salah kaprah yang menimpa calon mahasiswa baru “mereka sembrono dalam menentukan jurusan

Memilih jurusan bukanlah hal yang mudah, apalagi pemilihan jurusan ini berdasarkan permintaan kedua orang tua, sangat sulit untuk ditolak.

Dalam pemilihan jurusan, setidaknya pertimbangkan beberapa hal berikut:

Pertama: Cari Jurusan yang memiliki Lapangan Kerja Luas.

Ketegori pertama ini kami tempatkan di awal karena inilah yang menjadi tujuan semua orang, “kuliah untuk bekerja”. Meskipun pada tulisan ini, kami tidak menyarankan pemilihan jurusan karena faktor ingin bekerja.

Ada banyak jurusan yang memiliki lapangan kerja yang luas, bahkan hari demi hari kian dibutuhkan.

Sebut saja seperti, Jurusan Pendidikan, Kesehatan, Ilmu Komputer, Ilmu Perkantoran (Akuntansi, Administrasi, dll) adalah jurusan yang memiliki lapangan kerja yang tidak sedikit.

Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan pendidikan, kesahatan, dan dunia bisnis di Indonesia semakin digalakkan, sehingga lapangan kerja untuk jurusan ini selalu saja terbuka di tiap tahunnya.

Karena faktor ini, tidak sedikit orang tua yang memilihkan jurusan untuk anak yang dicintainya.

Kedua: Pilih Jurusan Berdasarkan Minat Anda!

Inilah rekomendasi yang kami tekankan dalam pemilihan jurusan.

Anda mungkin bertanya “Mengapa kami tidak merekomendasikan pemilihan jurusan karena faktor ingin bekerja

Adalah hal yang wajar jika pemikiran tersebut muncul dalam benak Anda.

Secara sederhana akan kami ilustrasikan seperti ini:

Saat Anda bekerja dengan jurusan yang dipilih karena faktor ingin bekerja (seperti: Jadi Guru dalam dunia pendidikan, Jadi tenaga kesehatan, atau kerja sebagai kepala kantor di sebuah lembaga) Namun jurusan atau pekerjaan tersebut bukan bagian dari hobi yang Anda geluti, maka hal itu akan berdampak pada kualitas pekerjaan yang Anda tekuni nantinya.

Memang benar secara finansial, kebutuhan Anda akan tercukupi. Namun secara lahiriah Anda tidak akan memiliki kepuasan batin.

Tidak sedikit kita temukan guru yang nongkrong di beberapa pojok kota ( hadir di sekolah hanya untuk mengisi presensi), tidak sedikit tenaga kesehatan yang ogah-ogahan dalam bekerja, bahkan tidak sedikit kepala kantor yang tidak memiliki inovasi dalam memimpin suatu lembaga.

Hal ini erat kaitanya, pada pekerjaan yang bukan menjadi hobi mereka.

Tentu akan berbeda saat pekerjaan adalah bagian dari hobi yang Anda tekuni.

Anda akan senantiasa mencurahkan segala pemikiran untuk mengembangkan hobi tersebut.

Anda tidak akan bolos kerja karena takut hobi tidak akan tersalurkan.

Dan tentunya Anda akan menorehkan inovasi baru dalam hobi yang Anda kerjakan.

Memiliki finansial yang bercukupan dengan kebahagian lahiriah dan batiniah adalah hal yang sangat didambakan, daripada memiliki finansial yang bergelimpangan tapi tidak memiliki kebahagiaan lahiriah dan batiniah.

Ketiga: Cari Universitas Terbaik untuk Jurusan yang Anda Pilih.

Pada kategori ketiga ini akan kami jelaskan panjang lebar pada pembahasan kedua “Pertimbangan Universitas” Namun sedikit kami akan ilustrasikan mengapa Anda harus memilih universitas terbaik setelah menentukan jurusan.

Saat Anda bertindak sebagai bagian personalia dalam menentukan lamaran kerja yang masuk ke perusahaan. Anda pasti akan mempertimbangkan tempat kuliah calon pelamar, apalagi jika rata-rata para pelamar belum memiliki keterangan pengalaman kerja.

Tentu universitas A yang memiliki kualitas bagus akan dipertimbangkan diterima dibandingkan dengan universitas B yang kualitasnya di bawah rata-rata.

Untuk itu jangan sampai melewatkan ulasan kami pada bagian pertimbangan Universitas.

2. Pertimbangan Universitas Terbaik

Universitas yang memiliki sarana prasarana lengkap, ruang perkuliahan bagus serta lingkungan kondusif adalah prioritas utama dalam memilih universitas.

Memilih universitas ternama akan menentukan kecemerlangan karir di masa mendatang, meskipun ada beberapa orang yang sukses dalam hidupnya walaupun kuliah di universitas nomor dua.

Pertanyaanya,

Apakah kita bisa sukses walaupun kuliah di universitas nomor dua?

Apakah semua orang akan sukses saat kuliah di universitas ternama?

Kedua pertanyaan ini, akan kembali ke pribadi masing-masing dalam menjalani kehidupan kampus nantinya.

Begitu juga dengan pertanyaan,

Apakah semua universitas Negeri memiliki sarana prasana lengkap serta tata ruang yang kondusif untuk belajar?

Sebaliknya apakah semua universitas Swasta tidak memiliki sarana prasana lengkap serta tata ruang yang kondusif untuk belajar?

Untuk menjawab keempat pertanyaan di atas, akan kami uraikan dalam beberapa poin di bawah ini.

Pertama: Pertimbangan Alumni

Ada banyak universitas yang ada di dunia, begitupun yang ada di negara kita. Tentu akan sulit menentukan universitas terbaik.

Setidaknya yang menjadi barometer sebuah universitas dikatakan universitas terbaik bilamana lulusannya tidak ada yang menganggur.

Untuk itu perhatikan lulusan universitas dari jurusan yang Anda pilih.

Misalnya, Anda telah menentukan jurusan ilmu hukum dan dihadapkan pada dua pilihan di bawah ini

  1. Univeristas A (Negeri) di kota Yogyakarta memiliki Jurusan Ilmu Hukum, Namun rata-rata alumni masih menganggur.
  2. Universitas B (Swasta) di Kota Yogyakarta memiliki Jurusan Ilmu Hukum, Tapi hampir semua alumninya bekerja.

Jika dihadapkan pada dua kategori di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda.

Tentu, Anda akan memilih Universitas B (Swasta) yang terbukti menghasilkan lulusan terbaik dibandingkan dengan Universitas A (Negeri) yang belum terbukti.

Baca Juga: 16 Cara Belajar Menyenangkan di Rumah dan di Sekolah

Kedua: Tempat Belajar Kondusif

Yang kami maksud tempat belajar kondusif yaitu tempat yang menyediakan suasana lingkungan kondusif untuk menunjang kesuksesan kuliah di universitas.

Bagaimanakah perasaan Anda, saat berada di sebuah lingkungan yang memiliki budaya belajar tinggi?

Saat berada di kendaraan umum, ada seorang mahasiswa yang tengah asyiknya membaca buku,

Di sebuah cafe, jejejaran kumunitas sedang berdiskusi untuk kelancaran agenda acara yang telah direncanakan di kampus,

Di sebuah gedung, diadakan acara seminar untuk memperingati perayaan hari pendidikan nasional,

Dan banyak lagi…

Acara ini rutin di dapati di dalam sebuah univeristias, kota, bahkan negara.

Tentu, suasana yang demikian menjadi dambaan bagi para calon mahasiswa.

Suasana seperti ini dengan mudah dapat Anda temukan di Yogyakarta, yang beberapa tahun silam di jadikan kota pendidikan oleh pemerintah RI.

 

Di Yogyakarta, cafe bukan lagi dijadikan tempat nongkrong. Lebih dari itu cafe dijadikan sebagai tempat untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

Belajar sungguh-sunggu, didukung dengan lingkungan kondusif bukan hal mustahil untuk menjadikan diri Anda sebagai orang hebat.

3. Pertimbangan Kemampuan Diri

“Jangan bermimpi kuliah di universitas terkemuka jika Anda belum siap”

Quote ini ditujukan bagi teman-teman yang ingin kuliah di universitas dambaan, namun belum memiliki persiapan yang jitu.

Di luar sana ada beragam jenis orang cerdas yang siap menjadi pesaing untuk mendapatkan tiket kuliah di universitas terbaik.

Saat Anda merasa belum memiliki kemampuan untuk bersaing dengan pendaftar lainnya, yuk memulai persiapan sejak dini.

Persiapan tersebut dapat berupa persiapan berkas, persiapan menghadapi ujian dan lain sebagainya.

Tidak sedikit siswa yang mulai melakukan bimbingan belajar sejak ia masih duduk dibangku kelas 1. Bahkan masa liburanpun diisi dengan aktivitas belajar di lembaga bimbingan belajar.

Apakah Anda termasuk ke dalam kategori ini?

Apa saja yang Anda lakukan untuk mencapai impian kuliah di kampus yang berisi orang-orang hebat?

Apa saja yang Anda lakukan untuk mendapat gelar kesarjanaan di Universitas terbaik di negeri Ini?

Jika hingga detik ini, Anda masih bersantai-santai, padahal berkeinginan kuliah di universitas unggulan. Mari membenahi diri untuk menggapai universitas yang dicita-citakan. Mudahan bermanfaat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here