Tips Cara Merawat dan Memelihara Kelinci

4384
Tips Cara Merawat dan Memelihara Kelinci

Tips Cara Merawat dan Memelihara Kelinci -Kelinci merupakan salah satu hewan yang lucu dan sering dipelihara, selain itu juga banyak orang yang menyukai kelinci. Kelinci juga merupakan salah satu hewan ternak dan juga sering kali dibudi dayakan untuk dipelihara dan diternakan untuk keperluan bisnis dan juga yang lainnya.

Menjalankan bisnis ternak kelinci sendiri memang memberikan keuntungan dan menjadi salah satu hal yang cukup menjanjikan. Namun di dalam memelihara kelinci juga diperlukan perawatan agar nantinya kelinci tetap terjaga kebersihan dan juga kesehatannya.

Merawat bulu – bulu agar selalu bersih juga sangat penting agar nantinya tidak menimbulkan berbagai virus yang bisa menyerang kesehatan manusia. Pada dasarnya merawat kelinci tidak terlalu sulit hanya saja membutuhkan beberapa ketelitian dan juga kecermatan saja.

Selain itu untuk bisa merawat kelinci, memang dibutuhkan beberapa informasi tentang cara merawat kelinci dengan baik dan juga benar, dengan demikian kelinci akan terjaga kebersihannya dan juga terawat.

Tips Merawat Kelinci dengan Tepat

Untuk merawat kelinci dibutuhkan beberapa tips yang sebaiknya dilaukan agar terjaga kebersihannya, oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips merawat kelinci yang baik dan benar:

1. Merawat kelinci yang masih kecil dan juga yang sudah besar tentu saja berbeda, untuk merawat kelinci yang masih kecil sendiri lebih sulit daripada merawat kelinci yang sudah besar, oleh karena itu di dalam merawat kelinci yang masih kecil hendaknya diperhatikan dengan lebih detail.

2. Memperhatikan makanannya merupakan salah satu hal yang sangat penting, oleh sebab itu makanan yang tepat. banyak orang yang mengira kelinci sama dengan manusia dengan menkonsumsi sayuran segar sangat bagus untuk kesehatan namun hal tersebut salah.

Jika pada kelinci menkonsumsi sayuran segar malah akan mengakibatkan kelinci menjadi mencret karena kelebihan cairan. Oleh karena itu sebaiknya sayuran tersebut setelah dibeli dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur setelah layu dan juga agak kering, besoknya baru diberikan kepada kelinci.

3. Memperhatikan kebersihan dari kandang kelinci itu sendiri, sebaiknya secara rutin membersihkan kandang kelinci sangat penting agar kelinci nyaman dan juga mencegah kuman.

Selain itu, sebaiknya anda memilih kandang kelinci yang agak besar agar nantinya kelinci bisa bermain dengan longgar dan lebih leluasa dengan demikian nantinya kelinci juga bisa lebih berkembang dengan baik.
Kelinci Memenuhi kebutuhan air

Selain itu masih banyak lagi yang bisa dilakukan di dalam merawat kelinci, salah satu hal yang sangat penting juga kebutuhan cairannya.

Air juga dibutuhkan oleh kelinci dan di dalam memberikan air minum untuk kelinci yang baik adalah letakan air untuk minum kelinci di mangkuk dan juga ganti air satu minggu dua kali agar terhindar dari dehidrasi dan juga agar air tidak terkontaminasi dengan yang lainnya.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Hamster

Jadi di dalam memelihara kelinci membutuhkan beberapa cara untuk merawatnya sehingga informasi tentang cara memelihara kelinci yang baik dan benar memang sangat berguna untuk menjaga kelinci tetap sehat dan bersih.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here