8 Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bahan Alami

1569
Tips Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bahan Alami

Arwini.com – Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat, karena itu sangat penting mengetahui cara mengatasi masuk angin yang paling cepat dan ampuh.

Hal ini karena gejala masuk angin sangat membuat tubuh merasa tidak nyaman seperti badan terasa pegal, kepala pusing, meriang, perut kembung, dan yang lainnya. umumnya masuk angin disebabkan oleh angin malam dan cuaca dan suhu udara yang tidak stabil.

Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Alami

Masyarakat Indonesia memiliki resep alami yang digunakan secara turun temurun untuk mengatasi masuk angin yaitu dengan cara badan dikerok dengan menggunakan uang logam dicampur dengan minyak oles.

Cara ini dipercaya dapat membuat angin keluar dari dalam tubuh, namun mengobati masuk angin dengan cara dikerok memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan rasa yang sakit pada saat tubuh dikerok.

1. Saat bepergian terutama pada malam hari sebaiknya Anda menggunakan jaket yang tebal untuk melindungi tubuh dari angin malam yang suhunya lebih dingin bila dibandingkan dengan udara pada pagi dan siang hari.

2. Hindari mengkonsumsi minuman dingin atau yang mengandung es terutama saat makan diwarung-warung pinggir jalan yang tidak diketahui secara pasti kebersihannya.

3. Makanlah dengan jadwal yang teratur, karena terlambat makan atau makan tidak teratur dapat menjadi pemicu masuk angin.

4.Saat cuaca dingin sebaiknya makanlah sup atau soto yang kuahnya hangat atau teh hangat untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan mencegah angin masuk.

5. Air sari jahe juga dipercaya sangat berkhasiat untuk menghangatkan badan dalam waktu singkat. Di negara-negara yang memiliki udara yang super dingin namun menghindari alkohol biasanya mengkonsumsi air jahe sebagai penawar rasa dingin.

Apalagi bila air jahe hangat ini diberi tambahan gula merah dan dinikmati bersama pisang goreng yang hangat.

6. Mengkonsumsi bawang putih baik mentah maupun masak dapat berkhasiat sebagai antibiotik alami tubuh karena kandungan zat allicin pada bawang putih yang tinggi.

Antibiotik alami ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan tubuh bakteri dan virus yang sedang menyebar melalui udara.

7. Berkumur-kumur dengan air. Mungkin kedengarannya tidak lazim bagi Anda, namun di Jepang salah satu resep warisan bahkan sudah menjadi sebuah budaya dimana kumur-kumur dilakukan untuk mengatasi masuk angin. Dimana bakteri-bakteri jahat yang berada didalam mulut dan kerongkongan terbilas total.

Suplemen Untuk Menghindari Masuk Angin

Selain cara mengatasi masuk angin tersebut diatas mengkonsumsi suplemen kesehatan secara berkala pada saat kondisi tubuh kurang stabil dapat juga dijadikan pilihan alternatif untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan baik.

Suplemen vitamin C dapat Anda dapatkan melalui makanan seperti buah strawberry, buah jeruk, dan lombok atau cabe. Atau dalam masa-masa tertentu Anda dapat memilih mengkonsumsi minuman-minuman kesehatan yang mengandung vitamin C baik 500g maupun 1000g.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here