8 Tips Bijak Mengelola Keuangan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

653
Tips Bijak Mengelola Keuangan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Arwini.com – Kian hari, bulan ramadhan berada di pelupuk mata. Berbagai persiapan pun wajib dilakukan, terutama bagaimana menerapkan tips bijak mengelola keuangan untuk menyambut bulan Ramadhan nanti. Harga kebutuhan pokok yang semakin melonjak, tentu sangat berpengaruh pada pengeluaran yang akan digunakan di bulan Ramadhan.

Loading...

Tanpa pengelolaan keuangan yang bijak dan tepat, kita akan terjebak dalam kondisi keuangan yang tidak sehat. Seperti misalnya melakukan pemborosan tanpa adanya jaminan keuangan untuk menutup semua kebutuhan.

Agar tidak terjebak dalam pemborosan dan pengelolaan keuangan yang salah baik menyambut atau menjelang akhir ramadhan, cobalah beberapa tips mengelola keuangan yang telah kami ringkas berikut ini:

Tips Bijak Mengelola Keuangan untuk Menyambut Bulan Ramadhan Penuh Berkah

  1. Menabung

Salah satu cara mengelola keuangan dengan bijak yaitu menabung sejak dini, ada beberapa kebutuhan pokok yang mungkin tidak kita persiapkan seperti hari-hari biasa. Kebutuhan tersebut beraneka ragam dari yang bersifat pribadi/keluarga hingga untuk keperluan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan sosial.

Kebutuhan ini pun semakin melonjak saat mendekati hari lebaran dan mudik, untuk itu perlu dana berlebih untuk mengatasi hal demikian. Selain itu, tabungan tersebut juga berguna untuk keperluan lain yang sifatnya darurat.

2. Persiapkan belanja bahan makanan

Mendekati bulan Ramadhan, persiapkan bahan makanan yang sekiranya diperlukan untuk mengantisipasi kenaikan harga selama bulan Ramadhan. Anda bisa membeli beberapa bahan makanan yang awet, seperti bumbu dasar, gula, tepung, beras dan bahan lainnya yang sekiranya tahan lama.

Selain itu, persiapkan beberapa makanan kering sebagai pelengkap hidangan di bulan Ramadhan, seperti tempe kering atau teri, abon dll. Untuk menambah variasi makanan saat sahur atau berbuka, pastikan menyimpan di tempat yang baik untuk menjaga kualitas makanan tersebut.

3. Membuat anggaran belanja terperinci

Bebarapa orang mungkin terbiasa membuat anggaran belanja bulanan. Namun untuk menyambut bulan suci Ramadhan, anggaran belanja yang direncanakan tentu berbeda dengan bulan biasa. Pasalnya sejumlah kebutuhan pokok bisa dipastikan mengalami lonjakan harga.

Jika tidak diantisipasi sejak dini, bisa-bisa anggaran belanja akan berantakan. Menambahkan anggaran belanja untuk menyambut bulan Ramadhan bisa kita lakukan sebagai langkah antisipasi untuk menyesuaikan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran.

4. Persiapan untuk sedekah dan zakat

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dengan bersedekah.

Mulailah mempersiapkan alokasi dana untuk keperluan sedekah, zakat mal dan zakat fitrah. Hal ini sangat penting agar dana tersebut tidak terpakai untuk keperluan lainnya.

5. Persiapan bingkisan lebaran

Jika terbiasa memberikan bingkisan lebaran untuk orang-orang terdekat, maka siasati kenaikan harga dengan belanja bingkisan lebaran sejak awal. Selain lebih murah, kita akan leluasa dalam berbelanja karena pusat perbelanjaan tidak seramai di akhir bulan Ramadhan.

6. Persiapan mudik yang hemat

Agar mudik tetap nyaman dan hemat, rencakanakan jauh-jauh hari sebelum hari H. Mulai dari survey harga tiket hingga mengestimasi besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan mudik tersebut.

7. Membuat rencana keuangan dari THR

Saat mendapatkan THR, jangan lupa untuk membuat rencana keuangan terkait alokasi dana untuk keperluan lebaran. Hitunglah jumlah pengeluaran secara terperinci. Jika beberapa keperluan sudah terpenuhi dengan menggunakan uang tabungan, maka sisa THR bisa dialokasikan kembali untuk tabungan.

8. Komitmen dengan rencana keuangan

Saat memiliki rencana keuangan terperinci dan sesuai dengan budget yang dimiliki, maka sebaiknya tetaplah menjalankan komitmen tersebut. Jangan tergoda untuk membelanjakan uang demi keperluan lain yang tidak begitu penting dan tidak ada dalam skala prioritas keuangan. Dengan komitmen yang kuat, kondisi keuangan akan lebih sehat dan terkendali.

Terapkan tips mengelola keuangan untuk menyambut bulan Ramadhan di atas sesuai dengan kondisi keuangan dan budget yang dimiliki. Bijaklah dalam berbelanja agar tidak melakukan pemborosan.

Belanja tanpa rencana hanya akan membuat dompet menipis tanpa disadari. Manfaatkan promosi atau diskon dalam berbelanja kebutuhan lebaran sesuai dengan alokasi dana yang sudah direncanakan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here